ColorCode Personality, Warna Yang Manakah Yang Menunjukkan Kepribadianmu?

kepribadian

Wovger pasti udah sering kan denger 4 macam kepribadian yang macamnya ada sanguinis, plegmatis, koleris, dan melankolis? Terus, juga pasti udah sering banget denger tipe-tipe kepribadian berdasarkan golongan darah dan bentuk fisik, kan?

Di artikel ini pembahasan Kak Zahrina nggak jauh-jauh dari tipe kepribadian. Namun bukan kepribadian di atas yang mau Kak Zahrina ulas. Ini beda. Jadi ada satu tes kepribadian yang namanya ColorCode Personality Test. Sekilas tentang ColorCode, tes ini diprakarsai oleh Dr. Taylor Hartman.

Apa itu ColorCode? Siapa itu Hartman? Cari tahu jawabannya yuk. Cari tahu juga warna yang manakah yang cocok dengan kepribadian Wovger.

Siapa itu Dr. Taylor Hartman?

foto: ldsmag.com

foto: ldsmag.com

Dr. Taylor Hartman adalah seorang psikolog, penulis, dan pebisnis. Buku-bukunya sukses menjadi best-selling. Beberapa buku yang ditulis olehnya yaitu The Color Code (1987), Color Your Future (1991), The People Code: It’s All About Your Innate Motive (2007), Playing Life to Win: A Game Plan for Self-Development (2008), dan Sandcastles (2001).

Ketertarikannya pada dunia psikologi berawal dari kecintaannya pada manusia dan keinginannya yang besar untuk membantu memecahkan masalah manusia dalam berhubungan dengan manusia lainnya. Beberapa tahun kemudian ketika ia bekerja sebagai terapis, dia mulai belajar psikologi dan menganalisis banyak orang.

BACA JUGA: 9 Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Dari Kebiasaannya Sehari-Hari

Hasil dari penelitiannya menuntunnya pada kesimpulan bahwa ketika dilahrikan, seorang bayi sudah terlahir dengan sebuah kepribadian. Itulah mengapa sepasang kakak-beradik memiliki perilaku yang berbeda, padahal terlahir dari keluarga yang sama.

Teori Hartman berbeda dari teori psikologi lainnya yang mendasarkan kepribadian manusia berdasarkan ‘perilaku dan lingkungan’. Ia mendasarkan teorinya pada kepribadian manusia yang dibawa sejak lahir.

Tentang ColorCode Personality Profile

foto: colorcode.com

foto: colorcode.com

ColorCode kadang disebut juga dengan People Code. Tipe kepribadian ini membagi kepribadian manusia menjadi empat warna: merah (termotivasi oleh kekuatan), biru (termotivasi oleh keakraban), putih (termotivasi oleh kedamaian), dan kuning (termotivasi oleh kesenangan).

Berdasarkan survei yang ia lakukan, persentase warna merah dimiliki oleh 25% populasi penduduk dunia, sedangkan biru populasinya sebanyak 35%, untuk putih dan kuning masing-masing 20%. Menurutnya, setiap warna memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Warna Merah

foto: colorcode.com

foto: colorcode.com

Warna merah adalah warna yang diidentikkan sebagai warnanya para pemimpin. Mereka adalah orang-orang yang tegas dan ekspersif. Mereka bisa menyelesaikan hal dengan baik. Mereka memiliki visi, punya sifat kepemimpinan, bertanggung jawab, tegas, proaktif, dan asertif. Mereka bisa bilang ‘tidak’ tanpa beban jika tidak setuju dengan pendapat orang lain. Merah adalah orang yang cukup logis dan cukup pandai dalam memisahkan emosi dengan pekerjaan.

BACA JUGA: Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bekerja sama dengan orang-orang bertalenta, tapi kepribadiannya buruk banget

Kekuatan: action-oriented, tegas, percaya diri, asertif, tekad yang kuat, disiplin, independen, pemimpin, logis, pragmatis, proaktif, produktif, bertanggung jawab, dan task-dominant.

Kelemahan: Merah kadang merasa benar sendiri dan sering terlibat adu pendapat meski kadang mereka tidak bermaksud demikian. Mereka cenderung mengutamakan pekerjaan daripada hubungan pribadi dengan keluarga atau pasangan misalnya. Merah cenderung bukan tipe pendengar yang baik. Mereka bisa saja terlihat sangat dominan dan bossy.

Warna Putih

foto: taylorhartman.com

foto: taylorhartman.com

Dalam melakukan tindakan, putih dimotivasi oleh kedamaian. Mereka sebisa mungkin menjauhi konfrontasi dan perdebatan dengan pihak lain. Keinginan mereka tidak muluk-muluk, yang penting mereka merasa nyaman. Kebutuhan mereka adalah kebutuhan akan rasa aman dan nyaman. Mereka memiliki rasa toleransi yang tinggi, mudah beradaptasi, dan pendengar yang baik.

Kelebihan: Putih adalah seorang peacekeeper, baik, penuh perhatian, sabar, dan mudah menerima. Ego mereka terbilang sangat kecil.

Kekurangan: Putih sangat tidak ekspresif. Ia tidak akan menyampaikan apa yang dilihat atau dirasa. Mereka juga tidak akan menunjukkan tanda-tanda masalah. Putih bahkan tidak mau atau tidak memiliki tujuan hidup tertentu, tidak sepeti merah yang visioner. Putih kadang suka mengabaikan diri sendiri demi menghindari konflik dengan orang lain.

Warna Biru

foto: fishxpressions.wordpress.com

foto: fishxpressions.wordpress.com

Dalam melakukan perbuatan, biru adalah orang yang dimotivasi oleh keakraban. Mereka sangat fokus pada hubungan personal dengan orang lain. Quality relationship adalah segalanya bagi mereka. Umumnya, mereka adalah orang yang loyal, tulus, dan bijaksana.

Kekuatan: Biru sangat stabil, terstruktur, dan sabar. Biru sangat mencintai passion. Mereka memiliki karakter yang dibawanya ke rumah dan lingkungan. Mereka sangat loyal, memiliki komitmen tinggi, kreatif, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

BACA JUGA: Kepribadian seseorang bisa dideteksi dari caranya mengantri loh. Coba cek, kali aja yang nomer 4 kamu banget!

Kelemahan:

Biru adalah yang paling bossy di antara semua warna. Mereka bisa sangat insecure, menghakimi sendiri, tidak mudah percaya, mudah marah, dan sukar memaafkan. Mereka sering kali gagal dalam melihat sisi positif dunia. Mereka sangat ingin dicintai, diterima, dan dimengerti oleh orang lain, sedangkan mereka sendiri menolak untuk mengerti dan menerima diri sendiri.

Warna Kuning

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Kuning adalah pribadi yang sangat menikmati hidup. Mereka sangat antusias, bergairah, optimis, karismatik, spontan, dan mudah bersosialisasi. Mereka adalah orang-orang yang umumnya menjadi pusat perhatian saat ada pesta atau acara tertentu.

Kekuatan: Mereka sangat antusias dan persuasif. Mereka bisa dengan mudah meyakinkan orang lain. Mereka selalu haus akan sesuatu yang baru. Kemampuan sosialnya yang tinggi membuat kuning punya banyak teman.

Kelemahan: Mereka dengan mudah memiliki banyak teman dan membangun persahabatan, tapi kadang mereka sangat self-centered dan sedikit egois. Akibatnya persahabatan mereka dangkal saja, tidak cukup dalam. Kuning adalah pribadi yang paling sukar menyelesaikan sesuatu.

ColorCode Personality Test

foto: colorcode.com

foto: colorcode.com

Tes kepribadian ColorCode bisa Wovger lakukan dengan gratis di situsnya. Akan ada 30 pertanyaan di sesi 1 dan 15 pertanyaan di sesi 2. Harap teliti dalam mengisi, karena antara pilihan jawabannya hampir mirip-mirip.

Setelah ikut tes online yang ada di situsnya, hasil Kak Zahrina kemarin dapat warna putih. Beda lagi dengan Mbak Indah yang hasil warnanya dapat biru. Menurut kami berdua hasilnya lumayan akurat. Jadi, Wovger sedikit banyak sudah bisa menebak lah ya, kami berdua kepribadiannya seperti apa.

 

“Kalau Bang Jho dapat warna apa Kak?”

“Nggak tahu deh. Emang kalau yang jomblo-jomblo ngenes gitu warnanya apa sih?”

 

Nah, sekarang giliran Wovger buat nyobain. Kali aja, dengan mengetahui warna dan karakter, jadi bisa ngerti kelebihan, kekurangan dan cara menanggulangi serta menggunakannya.

Kalau udah nyoba, share hasilnya di kolom komentar dong. Kak Zahrina pengen tahu. Kali aja kita sama. 😀