10 Penyakit Kronis Yang Harus Segera Disembuhkan

gila

Sakit dan sehat datang silih berganti. Keduanya sama-sama pemberian Tuhan. Ketika sehat, tubuh harus dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hal-hal yang produktif. Ketika sakit, keluhan tidak boleh diutarakan, lebih baik syukuri apa yang sudah Dia berikan. Toh, semua pasti ada maksud dan tujuannya. Mungkin Tuhan menguji manusia dengan rasa sakit, agar mereka mampu mensyukuri saat-saat sehat.

BACA JUGA: Tips Daily Health Yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tubuh Tetap Sehat

Itu kalau sakitnya sakit fisik lho.

Karena ternyata ada juga penyakit yang sengaja diciptakan manusia. Bahkan di antara mereka, ada yang sengaja nggak mau sembuh dari penyakit-penyakit tersebut. Ini dia beberapa penyakit itu:

1. Kram (kurang terampil)

foto: anxiety.org

foto: anxiety.org

MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) udah mulai sejak beberapa hari lalu lho, Wovger. Agar bisa bersaing dengan SDM dari negara ASEAN lainnya, sudah seharusnya kita mengembangkan banyak keterampilan.

Ini bukan zamannya lagi mikirin mantan yang udah nikah dan udah punya anak satu itu. Fokuskan pandangan ke depan, dan belajarlah skill-skill yang dibutuhkan seperti public speaking, listening skill, dll. Nggak mau kan, kram terus-terusan nempel di tubuhmu?

2. Kutil (kurang teliti)

foto: thinkinggifts.com

foto: thinkinggifts.com

Kutil di sini bukanlah bintil merah mirip jerawat yang nempel di kulit. Kutil di sini adalah kurang teliti. Penyakit kutil orang Indonesia prosentasenya semakin meningkat sejak hadirnya smartphone. Gara-gara kutil ini, diberitakan jumlah orang bunuh diri karena malu menjadi bertambah.

*lagi chat sama temen*

Temen baru kenal: “Eh, di mall sana lagi ada diskonan lho. Brand yang kamu incer harganya lagi murah banget. Kamu penggemar produk dari brand ‘A’ kan?”

Aku: “Kok kamu tai banget sih?”

Aku: *tai

Aku: *TAI

Aku: *TAU

BACA JUGA: Tanda-tanda kamu sudah kecanduan smartphone

*lagi chat sama gebetan*

Gebetan: “Minggu depan band-ku mau tampil jadi band pengiring. Kamu nonton ya. Bayar sih, tapi murah kok.”

Cowok: “Siap komandan, pasti aku tonton. Berapa harga t*ketmu?”

Gebetan: “?”

Cowok: “Maksudku harga t*ket kamu.”

Cowok: “SIAL! TIKET! TIKET BAND KAMU.”

3. Kurap (kurang rapi)

foto: faisolahmad12.blogspot.com

foto: faisolahmad12.blogspot.com

Ya emang sih, inner beauty itu lebih penting daripada penampilan luar. Tapi siapa bilang penampilan luar itu nggak penting? Seseorang dinilai berdasarkan penampilan luar dan penampilan dalamnya. Kalau menurut Wovger penampilan luar itu nggak penting, coba besok pagi berangkat ke kantor pakai kolor sama sandal aja.

Kurap ini bisa jadi salah satu alasan kenapa kamu lama menjomblo. Cewek mana yang mau deket sama cowok yang kurap-an?

4. TBC (tidak bisa computer)

foto: simpus.wordpress.com

foto: simpus.wordpress.com

Hari gini nggak bisa mengoperasikan komputer? Hellloooooooooo………

From the other side
I must have called a thousand times
To tell you I’m sorry

BACA JUGA: Deretan lagu 90an ini masih bisa bikin kamu galau segalau-galaunya

Maaf maaf jadi kelepasan nyanyi lagunya Adele. Di abad ke-21 ini, semua orang wajib-jib-jib bisa mengoperasikan komputer. Buat Wovger yang sudah bisa, jangan bangga dulu. Kembangkan terus skill-skill dasar lain yang berkaitan dengan komputer. Misalnya, belajar Photoshop, Paint, Power Point, Corel Draw, dan Solitaire.

5. Ebola (suka bohong keras kepala)

foto: traction-tribe.com

foto: traction-tribe.com

Semua orang pasti pernah berbohong, meski bohong kecil dan bohong sedikit. Alasannya pun bermacam-macam. Ada yang bohong demi kebaikan, ada yang sengaja menyembunyikan kebenaran, ada juga yang karena males ribet.

Apapun alasannya, bohong tetaplah bohong yang tidak dapat dibenarkan. Dengan berkata jujur, tandanya Wovger sudah menghargai diri sendiri dan melatih diri sendiri untuk bersikap tegas.

6. Flu (Facebook melulu)

foto: haber.sol.org.tr

foto: haber.sol.org.tr

Waini… waini… waini… waini… Dari jauh sih kelihatannya sibuk kerja. Nggak taunya yang dibuka tab-nya Facebook semua.

BACA JUGA: Tipe-tipe teman yang harus segera kamu unfriend dari Facebook

Sudahlah nggak usah sering-sering dicek Facebooknya. Mantan udah bahagia di alam sana dengan dunianya sendiri. Jangan di-stalk terus-terusan. Nanti baper lho.

7. Kudis (kurang disiplin)

foto: kevinmd.com

foto: kevinmd.com

Pagi-pagi berangkat kerja ke kantor. Sebelum mulai kerja, sengaja dilama-lamain. Bikin teh dulu, ngobrol dulu sebentar sama temen kerja yang lain. Lalu menyalakan komputer. Pas nyalain komputer, nggak langsung mulai kerja. Buka Facebook dulu, ngecek pemberitahuan masuk. Eh, tau-tau hapenya bunyi. Balesin pesan dulu. Lho, tiba-tiba udah jam makan siang. Makan siang dulu ah. Habis makan siang ngantuk, tidur sebentar 15 menit. Bangun tidur mulai kerja. Dua jam kemudian, jam pulang tiba. Saatnya pulang.

Siapa yang pernah melakukan hal di atas? Udah, ngaku aja. Nggak usah malu-malu. Kudis nampaknya menjangkiti sebagian masyarakat Indonesia. Kudis ini diam-diam berbahaya juga lho. Coba bayangkan, berapa banyak waktu yang terbuang sia-sia jika sebagian besar warga Indonesia kudis-an?

8. Asam urat (asal masuk kantor, uring-uringan, dan tidur)

foto: crookedbrains.net

foto: crookedbrains.net

Asam urat mudah menyerang orang-orang yang tidak cinta dengan pekerjaannya. Asal masuk kantor, bekerja seadanya, lalu pulang. Begitulah. Pergi bekerja serasa pergi ke sekolah pas ada PR yang belum dikerjakan, nggak ada semangatnya dan bawaannya takut melulu.

BACA JUGA: Ingin marah? Tahan dulu. Sebaiknya baca ini

Jangan sampai deh kena asam urat. Asam urat diam-diam menggerogoti rasa semangat dalam diri sendiri yang kalau diteruskan akibatnya bisa fatal.

9. Asma (asal mengisi absen)

foto: batamabsensisidikjari.blogspot.com

foto: batamabsensisidikjari.blogspot.com

Ehm, ehem. Anak kuliahan yang pernah TA mana suaranyaa? Yuk bersama-sama acungkan jari tinggi-tinggi.

*Lirik kanan-kiri, acungkan jari rendah-rendah*

Nggak peduli secanggih apapun metode absennya, sepertinya orang Indonesia selalu punya cara buat mengakalinya.

Asma itu nggak baik kalau dipupuk terus-terusan. Karena ‘Asma’ yang baik mungkin cuma ‘Asma Nadia’.

Tapi kalau ‘Asma’ yang lagi Kak Zahrina bahas ini, yuk, sebaiknya diobatin mulai dari sekarang.

10. AIDS (alpa, izin, diki-dikit sakit)

foto: careerealism.com

foto: careerealism.com

AIDS adalah puncak dari segala penyakit di atas. Bolehlah kalau cuma kurap, kutil, dan kudis. Tapi kalau sudah mulai kena AIDS? Levelnya udah beda. Sebelum AIDS menjangkiti Wovger, sebaiknya tahan sekuat mungkin jika muncul godaan untuk kabur dengan alasan di atas.

BACA JUGA: Mahasiswa memang diberi banyak kebebasan. Namun bukan berarti bisa seenaknya bolos kuliah tanpa pertimbangan, bukan?

Demikianlah beberapa penyakit yang diderita sebagian masyarakat kita. Sebagai generasi muda, hendaknya kita harus membasmi semua penyakit di atas karena sebentar lagi masa estafet generasi kita akan segera tiba.