12 Aturan Dasar Yang Harus Dipahami Buat Para Cewek Yang Punya Sahabat Cewek

sahabat cewek

“Karena wanita ingin dimengerti

Lewat tutur lembut dan laku agung

Karena wanita ingin dimengerti

Manjakan dia… dengan kasih sayang”

Syair lagu di atas benar adanya. Wanita adalah makhluk yang ingin dimengerti oleh orang lain, terutama oleh pasangan dan sahabatnya. Sayangnya, memahami wanita itu nggak semudah mengupas mangga dari kulitnya. Bahkan bagi sesama cewek, persahabatan pun juga tidak semudah yang dibayangkan.

Para cowok beranggapan bahwa cewek akan lebih mudah memahami cewek? Karena itu sama saja seperti menghadapi diri mereka sendiri. Namun faktanya, belum tentu. Buat ladies, perhatikan aturan-aturan di bawah ini jika ingin persahabatan dengan teman sejenis (ingat lho ya, teman sejenis. Bukan pasangan sejenis. Catat deh) berlangsung selamanya.

1. Jangan pernah mengencani, mendekati atau sekedar main mata dengan mantan/gebetan/pacar dari sahabat perempuan.

foto: marieclaire.com

foto: marieclaire.com

Sepertinya semua wanita di dunia ini sudah paham dengan sendirinya untuk tidak PDKT sama mantan/gebetan/pacarnya sahabatnya sendiri. Meski tidak ada aturan tertulis hitam di atas putih, namun keduanya sudah sama-sama sepakat. Bisa berabe akibatnya kalau Wovger sampai PDKT atau bahkan jadian sama mantan/gebetan/pacarnya sahabat sendiri. Hubunganmu sama sahabat perempuanmu pasti jadi sedikit aneh.

2. Pastikan dia baik-baik saja. Kirim pesan padanya selepas kalian hangout bareng, untuk memastikan ia tiba di rumah dengan selamat.

foto: justpickupgirls.com

foto: justpickupgirls.com

Cewek itu makhluk yang suka diperhatikan. Perhatian nggak harus dari pacar atau gebetan, bisa juga dari sahabatnya sendiri.

BACA JUGA: 8 Perubahan manusia akibat media sosial. Bagaimana denganmu?

Kode yang satu ini juga seolah sudah menjadi unspoken truth di antara para cewek. Sehabis kalian hangout bareng, jangan lupa kirim pesan singkat untuk menanyakan keadannya. Kali aja, sewaktu pulang dia diculik alien.

3. Ketika dia butuh teman curhat, nggak peduli ceritanya membosankan atau bertele-tele, jadilah pendengar baiknya.

foto: youtube.com

foto: youtube.com

Kecenderungan cewek berbagi cerita itu lebih besar daripada cowok. Mereka selalu punya segudang cerita yang siap untuk ditumpahkan. Ya, meski nggak semua ceritanya menarik sih. Kadang bikin bete, kadang bosenin. Namun atas nama persahabatan, abaikan semua hal-hal yang bikin males itu dan jadilah pendengar setianya.

4. Jangan pernah mengunggah foto di media sosial ketika ia tampak jelek, chubby, dan gendut.

foto: dearkamu.com

foto: dearkamu.com

JANGAN. PERNAH. UNGGAH. FOTO. DI. SOSMED. PAS. MUKA. DIA. KELIATAN. JELEK. ATAU. HUBUNGAN. KALIAN. AKAN. SEGERA. BERAKHIR.

BACA JUGA: Secuil Pesan Buatmu Yang Suka Share “Kebodohan” di Media Sosial Hanya Demi “LIKE”!

Coba deh bayangin, misal keadannya dibalik. Gimana rasanya jika dia mengunggah foto kamu pas muka kamu lagi kucel-kucelnya? Ugghhh… sebel banget kan? Nah, demi menjaga elektabilitas kamu dan dia, sebaiknya, pilih-pilih dulu sebelum unggah foto. Kak Zahrina yakin nih, dari ratusan foto bareng dalam sekali makan siang bareng, pasti ada 1 foto yang keren deh.

5. Kalau ada orang lain ngomongin sesuatu yang jelek tentang temanmu, sedangkan ia nggak ada di sana, jadilah pembelanya.

foto: seventeen.com

foto: seventeen.com

Kamu harus bersikap nggak rela saat ada orang lain yang jelek-jelekin temen kamu. Siap-siap pasang muka dan pasang badan untuk membelanya habis-habisan. Meski kadang orang lain itu ada benernya, kamu tetep harus belain temen kamu. Segigih mungkin. Atau kalau perlu, bawa sekalian permasalahannya ke pengadilan.

6. Kritik yang membangun sangat diperlukan. Seperti ada sikap saling sepakat untuk mengatakan yang sebenarnya dalam hubungan persahabatan kalian.

foto: fanpop.com

foto: fanpop.com

Namanya sahabat, pasti udah nggak ragu lagi untuk memberikan nasihat yang objektif. Jika kamu masih memberikan nasihat yang subjektif, berarti kamu dan dia belum menjadi sahabat karib. Katakan padanya apa yang harus ia dengar, bukan apa yang ingin ia dengar. Jangan kayak cowok yang pendek akal ketika ditanya, “Aku gendutan ya?”

BACA JUGA: 5 Cara menghadapi kritikan

Sebagai sahabat dekatnya, kamu harus berani bilang kalau dia itu gendut dan berjerawat dan tambah kucel dan sudah saatnya memperhatikan penampilan. Atau kalau memang udah betul-betul nggak ketolong, sarankan dia untuk operasi plastik!

7. Boleh saja membatalkan suatu janji. Tapi jangan mendadak. Jangan ngabarin di jam-jam terakhir.

foto: christiansattech.com

foto: christiansattech.com

Bete banget tau nggak sih diginiin. Kalau ladies bikin janjian sama teman cewek dan mau batalin janji, batalin sedini mungkin dan kasih tau jauh-jauh hari. Paling tidak, kasih kabar 1 tahun sebelumnya supaya dia nggak kecewa. Atau, ngebatalinnya saat dia belum sempat ngajak janjian ketemuan. Hehehe.

8. Ketika dia sedang khilaf, jadilah orang yang siap sedia melindunginya.

foto: chainimage.com

foto: chainimage.com

Cewek itu diam-diam gampang khilaf. Lihat baju bagus, khilaf. Lihat cowok ganteng, khilaf. Lihat martabak manis, khilaf. Apa-apa dikhilafin. Udah gitu, besoknya melakukan hal-hal yang sama dengan alasan khilaf lagi.

Di antara semua kekhilafan, belanja adalah potensi kekhilafan tertinggi yang dilakukan oleh cewek. Maka dari itu, jadilah sahabat yang benar-benar menjaganya saat tanda-tanda kekhilafan akan terjadi.

BACA JUGA: Manfaat yang bisa didapat kalau kamu belanja secara online

Persiapkan diri kalau teman cewekmu mengeluarkan jimatnya: khilaf. Wovger harus jadi sahabat yang benar-benar tegas untuk mencegahnya jatuh ke kekhilafan yang mendalam, dengan cara mengikat tangan sahabat menggunakan tali saat jalan ke mall, misalnya.

9. Dalam keadaan apapun juga, jangan sampai nggak meluangkan waktu untuk sahabat baikmu.

foto: huffingtonpost.com

foto: huffingtonpost.com

Nggak peduli sibuk, bad mood, bete, atau apapun alasannya, Wovger harus luangin waktu untuk sahabat. Nggak perlu sering-sering. Cukup seminggu sekali aja hangout bareng. Atau kalau kalian lagi LDR-an, usahakan seminggu sekali kamu berkomunikasi dengannya. Menanyakan kabar dan kesibukan terbarunya. Tapi jangan pernah bertanya:

“Kapan putus sama pacarmu? Aku juga naksir nih!”

“Sama cowokku?”

“Bukan, sama kamu.”

JREEEEEEEEEEEENG….

10. Jadilah orang yang pertama kali memberikan like dan komentar di setiap sosmednya.

foto: businessfirstmagazine.com.au

foto: businessfirstmagazine.com.au

Aturan penting lainnya yang harus Wovger pahami kalau mau persahabatanmu langgeng adalah: berikan spam like dan komen di akun-akun sosmednya. Setiap ada upload-an baru, segeralah berikan like dan komen.

BACA JUGA: Jangan sampai di akhir pekan yang indah ini, ‘social media’ menjadikanmu anti sosial

Atau biar pekerjaan lebih enteng, pakai semacam ‘robot’ yang bisa auto like. Tapi jangan yang auto comment. Apalagi auto comment yang isinya:

“Cek IG kita Sis, ada obat peninggi badan yang bisa menambah tinggi badan kamu cuma dalam 2 minggu. Pertambahan tingginya pun fantastis: 2 meter!”

11. Jangan pernah mengungkapkan rahasianya di depan umum.

foto: sven3006.deviantart.com

foto: sven3006.deviantart.com

Jangan pernah membuka rahasinya pada penduduk dunia dan pada makhluk di seluruh alam. Dia membagikan cerita-cerita pribadinya karena rasa percayanya yang tinggi padamu. Sebisa mungkin, jaga kepercayaan ini dan jangan disalahgunakan.

12. Ketika ia sedang menjalani masa-masa terberatnya, jadilah orang yang selalu ada di sampingnya, dan jangan biarkan ia melaluinya sendirian.

foto: theodysseyonline.com

foto: theodysseyonline.com

Soal perasaan, cewek adalah makhluk yang rapuh jika dibandingkan cowok. Apalagi ketika tiba masa-masa sulit seperti patah hati. Jadilah orang pertama yang selalu stand by di sisinya. Jangan biarkan ia merasa kesepian, nanti bisa-bisa kesambet dan kesurupan.

BACA JUGA: Ini Bedanya Cewek Galau Jaman Sekarang VS Cewek Galau Jaman 90an

Nah, itulah beberapa aturan dasar yang harus Wovger patuhi saat lagi menjalin persahabatan dengan sesama cewek. Jangan sampai melanggar salah satu aturan di atas ya ladies.