Kamu Stres? Sama! Eitsss, Ini Dia 10 Tips Penghilang Stres Paling Ampuh

stres

Jaman makin hari makin nggak ada berhentinya. Pekerjaan kocar-kacir tiada henti, lembur sampai lupa tidur, lupa makan. Kondisi itu harus banget dikerjakan mulai hari senin sampai jumat, nggak sedikit juga yang kerja sampai hari sabtu demi sebongkah emas dan berlian. Bayangin aja berapa orang kena tipes dan drop gara-gara stres dalam bekerja.

Kamu mau jadi korban selanjutnya?

Bekerja keras sih boleh, tapi jangan berlebihan. Kamu bukan robot! Kamu bukan Iron Man! Kamu berhak memperoleh peredaan atas membusuknya otakmu karena kerjaan di kantor. Udah deh, tutup leptop dan lakukan 10 hal ini sekarang!

1. Istirahatkan waktu untuk sekadar membaca buku, majalah atau komik.

membaca buku

Foto : news.okezone.com

Lupakan perkara pekerjaan dan mulai terjerembab di kumpulan buku-buku menarik. Buka komik dan majalah (bukan majalah Pl4yB*y) bisa meredakan stres.  Gambar dan warna bikin mata kamu lebih cerah. Membaca beberapa cerita dan topic bisa menenangkan pikiran. Kamu bisa memilih tema-tema yang ringan seperti artikel Wovgo untuk menambah produktivitas kerja. *gencer banget promosinya* hehehe …

2. Masa bodo sama Bosmu, traveling aja lah.

menuntun wanita

Foto : www.indiatourism.holiday

Bilang ke bosmu sekarang, kalau kamu butuh liburan!

“Pak Bos, saya mau piknik, boleh?”

“Nggak boleh !!!”

“Tapi saya butuh liburan !!!”

“Kalau sendiri nggak boleh !!! Ajak saya juga !!!”

*ngeplak si bos

Menjelajah ke tempat-tempat yang belum kamu tau selain bikin adrenalin tertantang, bertemu dengan culture dan orang baru bikin tingkat kestresan berkurang. Atau kamu memilih untuk medatangi tempat-tempat yang biasa kamu kunjungipun bukan masalah. Misalnya saja kutub selatan.

Keakraban dengan tempat dapat membawa ketenangan dan membantumu bersantai. Setelah tubuhmu diisi ulang dengan berlibur, kamu nggak akan stres dan kehidupan akan jauh lebih menyenangkan dari biasanya.

Nah, kalau kamu pengen liburan dan butuh referensi liburan ke mana, ya baca artikel Wovgo Travel aja 😀 hehehe …

3. Camping bareng temen-temen.

camping

Foto : www.benzinga.com

Yang bolos kerja demi meredakan stres, jangan sendirian. Enaknya rame-rame – tetangga satu kampung kalau perlu – biar lebih menggila. Lakukan aktivitas camping ke hutan belantara atau ke kutub selatan *lagi bersama orang-orang terdekat – tetangga satu kampung – *lagi.

Rasakan sensasi alam yang jarang banget kamu rasakan di kantor. ((( Burung-burung ))) berkicauan, sinar mentari segar yang menyentuh kulitmu, suasana damai dan tenang, nggak bising kendaraan dan kicauan bos yang suka mengkritikpun lenyap. Haduuh…surga.

Btw, itu di kutub selatan ada burung-burung berkicauan tidak?

4. Jalan-jalan ke Mall!

cewek belanja bareng

foto: chainimage.com

Nggak bisa memungkiri, kalau cewek meredakan stres sering menumpahkan dengan jalan-jalan ke Mall. Sekadar cuci mata atau beli beberapa barang – kompor;kulkas;lemari;, cukup melegakan hati dan pikiran. Selain sebagai bentuk apresiasi diri, dengan berbelanja membuatmu lari dari bayang-bayang sesaknya pekerjaan. Membuat hidupmu jauh lebih menyenangkan. Senyum di bibir, seakan diangkat naik kalau lihat etalase toko dan bau-bau zat pengawet baju baru. Iya nggak? *nggaaaaaakkkkkk

5. Ini sering juga dilakukan buat meredakan stres, ajeb-ajeb dengerin musik.

mendengarkan musik

Foto : theodysseyonline.com

Musik melow bikin hatimu makin sedih, jangan deh. Mending musik cadas aja gimana? Jangan juga, bikin telinga bising. Makin stres loh.

Coba dengerin musik ceria dan bergembira aja. Misalnya Indonesia Raya atau Himne guru.

Ya…. ehhhmmm ….

Kamu taulah mana pililhan musik yang bikin hatimu senang dan bangkit. Mendengarkan musik selama berkerja bisa bikin moodmu naik dan cara ini cocok buat kamu yang bener-bener nggak bisa keluar kantor untuk sekadar refreshing. Sabar ya… sini Mbak Indah puk-puk-in

6. Meditasi untuk menenangkan pikiran.

meditasi

Foto : www.merdeka.com

Selama ribuan tahun orang telah menggunakan meditasi untuk alasan yang berbeda seperti penyembuhan. Sekarang, digunakan sebagai pereda stres dan merupakan salah satu hal yang efektif. Ketika kamu mulai bermeditasi, ada proses penurunan tekanan darah dan produksi hormon stres, terutama jika kamu menggabungkannya dengan musik tenang dan minyak esensial. Semakin banyak kamu bermeditasi, semakin sedikit stres yang kamu dapatkan.

ITU!

7. Turunkan stres dengan melakukan hobi yang kamu suka.

main pes

Foto : www.operationsports.com

Hobi juga merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stres. Apa sih pekerjaan yang lebih menyenangkan kalau nggak melakukan hobi kita sendiri? Pilih apa pun yang bikin kamu tertarik dan mulai melakukannya di waktu luang. Hobi bisa membaca buku, foto-foto, hobi ngegantungin perasaan, hobi masak, melukis atau menulis.

Jika kamu suka melukis, corat-coretlah di kanvas. Jika fotografi adalah hobimu, kamu bisa mencoba dan menangkap semua momen tak terlupakan dengan keluarga dan teman-teman. Ada tiitk di mana melakukan hobi bisa membuatmu cukup merasa bahagia.

8. Coba deh cari teman baru seperti anjing atau kucing.

kucing

Meredakan stres nggak harus dengan jalan-jalan atau tidur, kamu juga bisa bermain bersama hewan peliharaan. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, nggak hanya bermain dengan menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan emosional, mental, dan fisik. Termasuk mengurangi tingkat stres. Selain itu, memelihara hewan peliharaan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA : 3 Alasan kenapa ada kucing yang menghampirimu

Hewan itu memberikan persahabatan, sehingga ketika kamu berusaha meninggalkan mereka akan ada perasaan kesepian yang melanda. Khususnya anjing dan kucing, mereka merupakan hewan terbaik yang dapat mengurangi stres dan kecemasan serta menjadi teman paling setia karena emosinya hampir sama dengan manusia. Mereka bisa memahami perasaan galau dan stresmu.

9. Meet up bareng temen atau pacar.

meet up

Foto : em-poweredwellness.com

Cara lain untuk sukses mengalahkan stres adalah pertemuan dengan teman-teman. Teman dan orang yang dicintai adalah hal yang penting untuk gaya hidup sehat. Saat stres kamu butuh vitamin C, Cinta.

Meet up aja sama pacar, *asal jangan pacar sama gebetan barengan – bisa berabe – berantem ama bebeb. Kalau yang jomblo macam Bang Jho ya temen-temen sepermainan (dibaca temen-temen sesama jomblo) macam Kak Agung dan A’ak Mufid. Bercakap-cakap dengan orang terdekar akan segera membuatmu merasa lebih baik. Bertemu dengan mereka untuk minum atau berjalan-jalan di taman, pergi ke bioskop bersama-sama atau gila-gilan bareng bisa masuk daftar kegiatan anti stres. Asal nggak alay kayak arikel yang dibikin Kak Zharina yang judulnya : Secuil Pesan Buatmu Yang Suka Share “Kebodohan” di Media Sosial Hanya Demi “LIKE”!.

10. Jangan lupa tersenyum.

smile

Foto : colorful.bigbangfish.com

Sestres-stresnya kamu, obat ampuh dari diri sendiri adalah berusaha tersenyum meski pahit. Menertawakan kegiatan yang nggak kunjung ada habisnya bisa jadi pereda stres termudah.

Ajakin juga temen-temen kantormu untuk rehat dan saling bercanda. Tertawa bersama dapat melupakan masalah yang bersarang di otakmu.

***

Nah bagaimana, stresnya sudah ilang? Atau tambah stres baca artikel puaaaaannnjjjjaaannngg dari Mbak Indah ini? Semoga nggak tambah stres ya 🙂 Semoga tips dari Mbak Indah bermanfaat 🙂