Makan Durian Sepuasnya Cuma Rp 85000 di Kaligesing Purworejo

durian kaligesing purworejo

Orang-orang  Jogja, Kulonprogo, Magelang, Kebumen, dan kota-kota sekitar situ pasti sudah tau yang namanya Kaligesing, apalagi mereka yang penggemar duren. Iyups Kaligesing merupakan kecamatan yang ada di Purworejo, dimana disini dikenal sebagai penghasil duren yang cukup populer. Temen-temen masih gak tau Purworejo? Yak ampun, baca ajah dech tulisan Bang Jho tentang Purworejo.

Udah banyaklah orang yang tau dengan tenarnya Kaligesing sebagai penghasil duren-duren enak dan berkualitas. Nah beberapa saat lalu, ada yang unik terjadi di Kaligesing ini. Ada seorang pemuda yang dengan gilanya membuat sebuah program “Makan duren sepuasnya cuma bayar 85 rb saja perorang, dengan catatan dimakan ditempat”. Wah sangar nih. Nah otak dibalik program ini adalah mas Dedy Sanjaya. Ayok kita kulik lebih dalam mengenai program ini.

Jadi siapa sih Mas Dedy Sanjaya, orang gila yang bikin program ini?

Mas Dedy Sanjaya adalah seorang putra daerah asli dari Kaligono, Kaligesing. Dia bekerja sebagai seorang anggota Polsuska di Jogja. Walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap, hal ini tidak menutup keinginannya untuk membuat usaha.

Selain bekerja sebagai anggota Polsuska, mas Dedy Sanjaya ini juga seorang pengusaha. Dia memiliki sebuah usaha vermak jeans di Purworejo. Usahanya ini dia jalani dengan penuh semangat walaupun harus mengalami pasang surut. Usaha vermak jeans nya ini pernah memiliki 3 cabang dengan 16 karyawan, tapi sekarang hanya tinggal 2 cabang dengan 5 karyawan. Tapi hal ini tidak menjadi penghalang untuk mas Dedy Sanjaya terus berusaha.

Ada sebuah misi sosial yang Mas Dedy Sanjaya usung dalam bisnisnya. Dalam usaha vermak jeans yang dia geluti, dia mempekerjakan beberapa orang-orang Diabilitas, dan menerima karyawan yang masih sekolah yang butuh tambahan buat biaya sekolah dengan sistem kerja freelance.

Misi sosial ini menjadi prinsip yang Mas Dedy Sanjaya pegang teguh dalam berbisnis. Motivasinya tidak hanya sekedar uang, tapi bagaimana dia juga memiliki dorongan untuk membantu meningkatkan taraf hidup orang-orang daerah untuk bisa berkembang dan bisa hidup didaerahnya sendiri tanpa harus merantau. Dan hal inilah yang jadi salah satu yang melatarbelakangi dia terfikirkan untuk membuat program gila tadi.

Apa itu program makan duren sepuasnya 85rb perorang?

Jadi ini adalah program yang digagas oleh mas Dedy Sanjaya dan program satu-satunya yang saat ini ada di Kaligesing. Mas Dedy Sanjaya yang bertempat tinggal di Desa Wisata Kaligono, Kec. Kaligesing, Purworejo ini berinisiatif membuat program semacam ini dengan tujuan untuk menarik banyak orang untuk mengunjungi desa wisata Kaligono, Kaligesing ini dan semakin mengenalnya sebagai desa penghasil durian berkualitas.

Jadi buat temen-temen yang doyan sama duren, kalian bisa langsung datang ke rumahnya Mas Dedy Sanjaya di Dusun Sawahan, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Disini kalian bisa makan duren dengan kualitas bagus sepuasnya hanya dengan membayar 85rb perorang, dengan catatan harus dimakan ditempat.

Disini kalian akan diberikan durian-durian yang masih fresh dan matang dipohon yang diambil langsung dari petani asli disekitar situ.

Latar Belakang Dibentuknya Program ini.

Sebenarnya apa sih yang melatar belakangi ide gila ini. Jadi mas Dedy Sanjaya ini memiliki keprihatinan terhadap petani didaerah sini yang sering mendapati harga durian yang tidak stabil. Banyak tengkulak yang membeli durian dari petani ini dengan harga yang terlalu rendah. Padahal panen durian ini cuma setahun sekali, dan para petani ini harus menerima kenyataan mendapat untung sedikit.

Dengan kondisi inilah tak jarang banyak petani durian yang tidak mampu menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi. Banyak kasus pemuda-pemuda desa sini yang ogah susah kemudian merantau dan bekerja jadi buruh ditanah orang. Padahal kekayaan alam yang ada didaerahnya masih banyak yang bisa dikembangkan dan berpotensi untuk memberikan penghidupan yang layak.

Karena melihat hal ini, Mas Dedy Sanjaya berusaha membuat sebuah ide usaha yang bisa mendongkrak penghasilan para petani lokal ini. Bagaimana mas Dedy terpanggil untuk ikut membantu meningkatkan taraf hidup petani durian asli dari daerah sini.

Jadi mas Dedy Sanjaya dengan perhitungan yang sudah dia atur sedemikian rupa, dia berani membeli durian dari petani lebih mahal dari harga yang biasanya tengkulak berikan. Dia sudah memiliki perhitungan tersendiri yang tentu saja ini rahasia bagaimana dia bisa membeli dengan harga lebih tinggi dari petani tapi saat dia menjual ke konsumen dia tidak rugi.

Dengan harga beli yang lebih tinggi yang diberikan mas Dedy ini untuk durian-durian berkualitas baik, tentu saja membuat senang para petani.

Dengan program ini juga, mas Dedy mencoba mengedukasi orang-orang kota yang mengaku sebagai penikmat duren untuk turut serta mengerti kondisi para petani durian didaerah sini. Mau tidak mau mereka yang memang niat berburu durian bakalan mendatangi desa ini dan melihat keadaan yang ada didesa ini secara langsung.

Selain itu mas Dedy juga berusaha memperkenalkan potensi-potensi lain yang dimiliki oleh Kaligesing ini seperti tempat wisatanya, kepada orang-orang yang niat berburu durian kesini.

***

Jadi program ini dibuat bukan semata-mata buat nyari untung, tapi ada misi sosial yang terkandung didalamnya. Sebuah hal yang luar biasa yang Mas Dedy Sanjaya ini kerjakan. Bisnis memang tidak melulu mengenai cari untung dan uang semata. Tapi juga bagaimana bisa memberi dampak yang luarbiasa bagi orang-orang disekitarnya.

Program “Makan Durian Sepuasnya, 85rb perorang” ini masih akan terus ada sampai stok durian di Kaligesing habis. Nah buat kalian yang pengen buat mencoba merasakan sensasi makan durian disini, kalian bisa langsung mendatangi rumah mas Dedy Sanjaya di Dusun Sawahan, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Purworejo. Dari kantor kecamatan Kaligesing ambil arah utara. Kira-kira perjalanan satu menit, nanti ada gang dikiri jalan. Masuk saja, nanti rumah tingkat pertama dikanan jalan itu lokasinya. Tapi teman-teman terlebih dulu harus booking biar duriannya dipersiapkan dulu. Nah, kalian bisa menghubungi ke 085729061166 untuk booking.

Buat temen-temen yang pengen membawa pulang juga bisa kok membeli eceran disini dengan harga tergantung ukuran dan kuaitas tentu saja. Pokoknya sembari makan duren, sekalian ikut bantu mensejahterakan petani lokal.