Main-Main Ke 7 Pantai Di Jawa Barat Bareng Hayati Kayaknya Seru Deh

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki ‘Mega Diversity’ jenis hayati, dan merupakan ‘Mega Center’ keanekaragaman hayati dunia. Keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia sebanding dengan Brazil, yang punya daratan lebih dari lima kali besarnya. Kaya banget kan, jenis hayati negara kita? Tapi hayati yang Kak Zahrina maksud di sini bukanlah hayati berbentuk manusia seperti dalam film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

foto: chavallery.blogspot.com

foto: chavallery.blogspot.com

Karena kalau hayati yang itu, manusia. Sedangkan hayati yang lagi dibahas bukanlah hayati manusia. Tapi nggak apa-apa, dua-duanya tetep kebanggaan Indonesia kok. Saking bangganya, sampai ada yang bikinin meme juga:

foto: whisper.sh

foto: whisper.sh

Oke, mari kita sudahi bahas hayati-hayatinya.

Sekarang, kita bahas Zainuddin. Nah lho.

Selain dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman hayati, Indonesia juga memperoleh berkah lain, yaitu memiliki garis pantai yang panjang. Tandanya, banyak pantai yang dimiliki Indonesia, dan berderet-deret di setiap provinsi. Maka dari itu, karena pada artikel-artikel lainnya Wovgo sudah banyak membahas tentang tempat-tempat wisata di Jawa Tengah, sekarang tugas Kak Zahrina untuk mengupas tempat-tempat wisata di Jawa Barat.

Mari kita mulai dari pantai-pantai yang recommended di Jawa Barat.

1. Pantai Palabuhanratu

foto: bungaayuresort.com

foto: bungaayuresort.com

Pantai Palabuhanratu disebut juga dengan pantai Pelabuhan Ratu. Ya iyalah, masa pantai Pelabuhan Raja. Pelabuhan Ratu letaknya di pesisir selatan Jawa Barat, dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumi. Wovger harus menempuh perjalanan selama 1,5-2 jam dari Kota Sukabumi yang jaraknya sekitar 60 km dari pantai ini.

Pantai ini adalah salah satu tempat favorit presiden Sokarno untuk bersantai. Bahkan, beliau menjadi inisiator pembangunan hotel Inna Samudra Beach yang lokasinya tepat di pinggir pantai. Ada 1 kamar di hotel itu yang konon katanya sebagai tempat tinggal Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Hiiii…

2. Pantai Ujung Genteng

foto: oldlook.indonesia.travel

foto: oldlook.indonesia.travel

Kalau lagi di Sukabumi, Wovger jangan lupa sekalian mampir ke Pantai Ujung Genteng. Sama seperti pantai Palabbuhan Ratu, pantai ini dihiasi oleh pasir putih dan air yang jernih. Bedanya, ombak di sini tidak sebesar di Palabuhan Ratu, sehingga wisatawan bisa bermain air dengan aman.

BACA JUGA: 10 Pantai di Malang ini akan membuatmu klepek-klepek

Wovger bisa menyaksikan pelepasan bayi penyu juga lho. Untuk menuju ke sana, bisa dengan naik ojek yang tarifnya sekitar Rp50.000-200.000.

3. Pantai Pangumbahan

foto: getready123.wordpress.com

foto: getready123.wordpress.com

Pantai Pangumbahan lokasinya tidak jauh dari pantai Ujung Genteng, jaraknya hanya sekitar 5 kilometer saja. Dibanding pantai Ujung Genteng dan Pangandaran, pantai Pangumbahan tidak terlalu ramai dikunjungi.

Di pantai ini terdapat penangkaran penyu. Jika beruntung, wisatawan bisa melihat pelepasan anak penyu dan proses bertelurnya penyu di malam hari. Tapi hati-hati ya kalau mau ambil gambar penyu yang bertelur. Jangan sampai ada cahaya yang muncul saat mengambil gambar. Soalnya, penyu sensitif banget sama cahaya. Sesensitif orang habis putus kalau denger kata ‘mantan’.

Penyu tidak akan bertelur saat ada cahaya di sekitar mereka, kecuali cahaya bulan. Dan, jangan berisik! Saran Kak Zahrina sih malah mending nggak usah memotret sama sekali, dan cukup diabadikan dengan mata dan ingatan saja.

4. Pantai Karang Hawu

foto: initempatwisata.com

foto: initempatwisata.com

Lagi-lagi di Sukabumi.

Wovger juga jangan sampai lupa berkunjung ke Pantai Karang Hawu. Di pantai ini, legenda masyarakat setempat mengenai Nyi Roro Kidul, sama kentalnya dengan pantai Pelabuhan Ratu. Sesuai dengan namanya, terdapat beberapa karang di pantai ini.

BACA JUGA: Wisata ke Pantai Balekambang, Tanah Lot-nya pulau Jawa!

Untuk menuju ke sana, dari terminal Pelabuhan Ratu, Wovger hanya perlu menempuh jarak sepanjang 14 km yang bisa dilewati hanya dalam 20 menit.

Keindahan pantai ini semakin terlihat syahdu dengan adanya dua pegunungan biru yang tampak kebiru-biruan, yaitu Pegunungan Rahayu dan Winarum.

5. Pantai Pangandaran

foto: epariwisata.com

foto: epariwisata.com

Pantai Pangandaran termasuk dalam wilayah Kabupaten Pangandaran. Di sinilah tanah kelahiran Bu Susi Pudjiastuti, salah satu menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Emm… maksud Kak Zahrina, lahirnya bukan di pantainya. Tetapi di daerah Pangandaran, entah di rumah sakit mana, atau oleh dukun siapa, karena bukan ini yang lagi Kak Zahrina bahas.

Di pantai Pangandaran ini, Wovger bisa menikmati air laut yang biru dan pasir putihnya, sambil mengamati para nelayan yang sedang berlayar.

Catat dua event besar ini jika hendak berkunjung ke sana: Pangandaran International Kite Festival (festival layang-layang) dan Hajat Laut. Festival layang-layang berlangsung pada Juni/Juli, sedangkan Hajat Laut diadakan pada bulan Muharram.

6. Pantai Rancabuaya

foto: reasker.wordpress.com

foto: reasker.wordpress.com

Puas berkeliling ke Sukabumi? Saatnya kita pindah ke Garut, menuju Pantai Rancabuaya yang berada di Desa Purbayani, Kecamatan Carigin. Bentang alam pantai Rancabuaya terdiri dari banyak batu karang, sehingga kurang cocok untuk berenang. Apalagi kalau berenang di batu karangnya. Jangan ya! Keras soalnya.

BACA JUGA: Secuil Pesan Buatmu Yang Suka Share “Kebodohan” di Media Sosial Hanya Demi “LIKE”!

Di sini, Wovger bisa menikmati indahnya sunset, mengamati aktivitas nelayan, berfoto ria, memandangi laut dari ketinggian bukit, dan masih banyak lagi. Di sekitar pantai, ada juga air terjun (curug) yang bisa dikunjungi. Di sini kondisi alamnya lebih alami dibanding pantai lainnya, dan belum banyak didatangi wisatawan. Jadi, Wovger nggak usah nge-share artikel ini ya. Nanti kalau anak-anak alay pada tahu, bisa-bisa malah pantainya dirusak.

7. Pantai Santolo

foto: garut.co

foto: garut.co

Pantai Santolo ini letaknya tetanggaan sama pantai Rancabuaya. Sama-sama di Garut, tepatnya di Kecamatan Cikelet. Jarak pantai ini dari pusat kota Garut cukup jauh, yaitu sekiar 88 km atau sekitar 3,5 jam kalau naik kendaraan. Tapi bisa juga 1 hari, kalau jalan kaki.

Di pantai ini, ada sebuah pulau kecil, yaitu Pulau Santolo. Untuk menyeberang ke sana, Wovger bisa naik perahu, dan cukup membayar sekitar Rp4.000 saja. Murah banget kan? Lebih murah dibanding biaya kencan Bang Jho.

Oh, ya, dia kan, jomblo. Lupa!

***

Jadi ingin ke pantai gara-gara baca tulisan di atas?

Sebenarnya masih banyak pantai lain yang ada di Jawa Barat sih, mengingat garis pantainya yang panjang membentang dari Ciamis-Sukabumi di bagian selatan dan Cirebon-Bekasi di bagian utara. Sayangnya, masih banyak yang belum tereksplorasi dan sukar dari jangkauan manusia. Menurut Kak Zahrina, tujuh pantai di atas, cukup lah, untuk dijadikan referensi destinasi traveling selanjutnya. Selamat piknik! 😀