Kalau Kelak ke Puncak dan Ternyata Penuh, Mending Pindah ke Wisata Air Terjun Keren di Bogor ini aja!

 

Halo Wovger, kemana destinasi travelingmu selanjutnya? Kalau belum ada, nih Kak Zahrina kasih referensi untuk mengunjungi air terjun-air terjun di Bogor. Khususnya buat yang tinggal di kawasan Jabodetabek dan Jawa Barat.

BACA JUGA: Biar liburanmu nggak gitu-gitu aja, main-main ke air terjun Tumpak Sewu yuk!

Biasanya saat liburan tiba, para wisatawan datang berbondong-bondong ke Puncak. Kalau sudah begini, jalur menuju Puncak sering melambat, bahkan berakibat macet. Agar terhindar dari macet, Wovger bisa memilih alternatif tempat wisata lain yang nggak kalah menariknya di Bogor yaitu air terjun. Siapa sangka, Bogor ternyata punya segudang air terjun yang menanti untuk disambangi. Yuk ah!

1. Air terjun Pangeran

foto: jalantraveller.blogspot.com

foto: jalantraveller.blogspot.com

Tak lengkap rasanya jika kehadiran seorang bidadari tidak didampingi dengan seorang pangeran. Band aja ada pasangannya: Radja – Ratu, Dewa – Dewi-Dewi. Cuma Samson aja yang mungkin belum ada band pasangannya: Dahlia. Ada sih, Band Dahlia. Tapi para personelnya bukan cewek, dan nama lengkap band-nya pun The Black Dahlia Murder. Band metal pula.

foto: tbdmofficial.com

foto: tbdmofficial.com

Oke, mari kita kembali ke topik.

Selanjutnya, kita bahas Iis Dahlia. Nah lho.

BACA JUGA: 15 Air terjun di Jogja ini wajib kamu kunjungi agar liburanmu di Kota Gudeg semakin komplit

Oh ya, selain ada air terjun Bidadari di atas tadi, ada satu lagi yang namanya air terjun Pangeran. Curug Pangeran terletak di kecamatan Pamijahan. Curug Pangeran lebih mirip seperti kolam pribadi daripada sebuah air terjun. Airnya yang jernih berwarna kehijauan. Saking jernihnya, Wovger bahkan bisa melihat bebatuan yang ada di dalam air. Meski bisa melihat bebatuan, tapi maaf, di sini Wovger tidak bisa melihat masa depan. Karena kalau masa depan itu bukan dilihat, diraba, apalagi diterawang. Tapi diperjuangkan. Selayaknya cinta.

2. Air terjun Ngumpet

foto: alamsyahgunsal.blogspot.com

foto: alamsyahgunsal.blogspot.com

Kalau Wovger udah jauh-jauh ke air terjun Pangeran, harus mampir ke air terjun Ngumpet dong. Nanggung. Karena keduanya berada di kecamatan yang sama.

Cukup dengan Rp5.000, wisatawan sudah diperbolehkan masuk ke sana. Treknya pun cukup dekat, hanya sekitar 100 m. Deket banget kan? Tapi deket di sini beda lho ya, dengan deketnya orang yang lagi pdkt. Catet!

3. Air terjun Nangka

foto: hellobogor.com

foto: hellobogor.com

Menurut dugaan Kak Zahrina, dinamai nangka karena jatuhnya air dari atas berbentuk seperti buah nangka. Untung aja nangka. Bukan duren. Kalau duren, itu pasti yang mandi bakal pakai helm semua. Atau, mungkin ada yang selain pakai helm, juga sekalian naik motor.

BACA JUGA: Wisata air terjun di Malang memang epic gilaaa!!! Ini dia 10 coban yang wajib Wovger kunjungi!

Anyway, air terjun Nangka berada di Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor. Sambil menikmati pesona air terjun ini, bonus lain yang diberikan ialah, Wovger bisa menikmati dua air terjun lainnya yang jaraknya hanya 100 meter, yaitu air terjun kawung dan daun.

4. Air terjun Cilember

foto: tricahyoramdhani.wordpress.com

foto: tricahyoramdhani.wordpress.com

Rekomendasi lain yang Kak Zahrina berikan yaitu ke air terjun Cilember. Dari kota Bogor, Wovger bisa ambil jalan menuju Puncak sejauh 20 km ke Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua. Air terjun Cilember mempunyai 7 tingkat, dan tempatnya pun cukup luas. Seluas perasaan cintamu padanya.

Selain itu, ada juga taman penangkaran kupu-kupu untuk melihat spesies kupu-kupu yang beragam. Wah, kalau kesini, apalagi pengen lihat kupu-kupu, kayaknya mending jangan kesini sendiri deh. Jangan.

5. Air terjun Bojong Koneng/Bidadari

foto: siputnews.com

foto: siputnews.com

Air terjun Bojong Koneng atau dikenal juga dengan air terjun Bidadari berada di desa Bojong Koneng di Sentul. Curug ini kini dikelola menjadi waterpark, lengkap dengan kolam renang dan wahana permainan air lainnya.

BACA JUGA: Sihir dahsyat dari 8 air terjun yang hanya bisa kamu jumpai di Jawa Timur

Tiket masuknya pun cukup terjangkau. Walaupun di kota besar, pengunjung hanya dikenakan tarif sekitar Rp20.000 saja.

6. Air Terjun Cigamea

foto: travel.detik.com

foto: travel.detik.com

Di air terjun Cigamea, ada dua air terjun sekaligus yang bisa Wovger nikmati. Keduanya tampak saling melengkapi, yang satunya deras, yang satunya lagi tumpahan airnya tidak terlalu deras. Curug ini termasuk di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun (KTNGH). Saat berkunjung ke sini, kamu harus membayar dua tiket, tiket KTNGH seharga Rp5.000 per orang dan tiket objek wisata seharga Rp7.500 per orang.

7. Air terjun Cihurang

foto: farcantes.blogspot.com

foto: farcantes.blogspot.com

Sudah berada di air terjun Cigamea, harus sekalian mampir ke air terjun Cihurang. Keduanya sama-sama berada di kawasan KTNGH, jaraknya sekitar 1 km dari pintu gerbang. Nanggung banget kalau nggak mampir sekalian.

BACA JUGA: Curug-curug indah ini ternyata ada di Banyumas. Sumpah, nomer 3 dan terakhir keren abis!

Tak usah khawatir traveling bareng anak, karena di sini disediakan tempat bermain untuk anak yang cukup aman. Pastikan, itu anak sendiri, ya. Atau, jangan-jangan Wovger belum menikah dan masih jomblo? Wah!

8. Air terjun Country

foto: waterfalladventurebekasi.blogspot.com

foto: waterfalladventurebekasi.blogspot.com

Lokasinya berada di Tanjung Rasa, Tanjung Sari. Sekilas, air terjun ini nampak seperti air terjun buatan, karena strukturnya yang berundak-undak. Katanya sih mirip miniatur Niagara Falls. Wovger harus sedikit bersabar untuk menemukan lokasi ini, karena tidak ada petunjuk jalan dan jalannya pun rumit. Serumit hubungan asmara kamu pokoknya.

Di salah satu ruas jalan, Wovger harus melalui jalanan nonaspal atau jalan berbatu. Namun semoga sekarang sudah lebih ramai pengunjung. Biar kalau kecapekan, capeknya nggak sendirian.

9. Air terjun Kembar

foto: banyuwangibagus.com

foto: banyuwangibagus.com

Mengapa dinamai air terjun Kembar? Karena ada dua air terjun yang letaknya berdampingan dan mirip. Kayaknya enak kalau dikasih nama ‘kembar’ deh, daripada ‘mirip’. Karena kalau dikasih nama mirip, pasti bakal ada yang bikin soal-soalan dengan ngasih foto ini dan ber-caption:

“Air terjun ini mirip. Coba cari perbedaannya!”

Nah, kan ribet kalau udah tebak-tebakan gitu. Menebak apa yang cewek mau dan kode-kode mereka aja Wovger masih belajar. *eh

BACA JUGA: 10 Kode Cewek Yang Cowok Harus Tahu!

Kedua air terjun ini sama tinggi dan sama deras. Lokasi tepatnya berada di Baulayang, Cisarua. Kalau dari kota Bogor, maka harus menempuh perjalanan sejauh 26 km. Wovger harus kesini. Dimana lagi ada dua air terjun Bogor yang mudah ditemui?

Sepertinya asyik juga ya mengunjungi air terjun di atas. Udah lama tim Wovgo nggak liburan bareng. Hai Mbak Indah, hai Bang Jho, yuk kapan kita ke mana?