Hubungan Antara Meja Kerja dan Kepribadian Seseorang. Kamu termasuk yang mana?

Ketika bekerja, kamu akan ditempatkan di satu ruangan yang dihadapkan dengan rentetan meja kerja semaca kubikel, dan salah satunya adalah milikmu. Tentu, 80% pekerjaan akan kamu selesaikan di meja tersebut dan 20% lainnya melakukan urusan pribadi. Entah itu tidur, browsing atau sekadar membersihkan kertas-kertas yang berantakan. Pokoknya bisa seharianlah kamu duduk di situ. Udah kayak tukang tiket di jalan tol.

BACA JUGA: 5 Jenis macet yang ada di dunia

Nggak sedikit orang emang sengaja membiarkan mejanya berantakan. Mitosnya sih, semakin berantakan meja kerja, maka makin menunjukkan pribadi dan cara berpikir orang tersebut. Ada yang bilang orang jenius meja kerjanya berantakan. Tapi kalau menurut Mbak Indah nggak juga sih, karena bagi Mbak Indah, meja berantakan itu menunjukkan orang yang emang males buat bersihin aja.

Kalau menurutmu gimana, Wovger?

Mending kita buktikan sama-sama aja dari penjelasan di bawah ini.

Meja berantakan identik sama orang kreatif, beneran nggak ya?

foto: citywidepaper.com

foto: citywidepaper.com

Lawrence F. Gray, seorang penulis A Modern Approach to Probability Theory, pernah mengatakan bahwa:

“Sebuah meja yang berantakan dengan buku-buku, kertas, pena dan pensil — seperti kapal pecah — biasanya menunjukkan kecenderungan untuk bekerja secara kreatif, tanpa memikirkan kerapihan. Kebutuhan untuk menjadi rapi lebih mereka kesampingkan, daripada orang tersebut kehilangan ide cemerlang.”

Hmmm… gimana menurut Wovger? Apa mejamu juga berantakan kayak kapal pecah? Saking crowded-nya, sampai-sampai debu pun nggak dikasih tempat untuk mengotori mejamu. Wah… wah… kamu kreatifnya kebangeten.

Sedangkan meja kerja yang rapi (dengan segala benda berada di tempatnya) menunjukkan bahwa kamu orang yang memperhatikan detail.

foto: thenextweb.com

foto: thenextweb.com

Mejanya minimalis, tampak sedikit kaku, tapi rapi banget. Pasti ada banyak meja-meja kerja yang begitu. Tapi tolong, bedakan antara rapi yang tertata dan rapi yang kosong. Rapi yang tertata ini menunjukkan kejeniusan si empunya meja terletak pada detail barang yang dia punya. Dia bisa menata barang apapun, termasuk barang-barang pemberian mantan, dan berpikir bahwa semua barang bisa muat di satu meja miliknya.

BACA JUGA: 10 Tips Move On dari mantan buat kamu yang terbelenggu masa lalu

Pemikirannya pun detail banget, sampai benda-benda kecil diperhatikan sama dia. Entah penghapus, karet gelang, spidol maupun kertas bekas sekalipun, semua ada tempatnya.

Kebalikan dengan rapi yang kosong. Kalau yang ini mah beneran rapi, orang meja kerjanya bersih banget dan nggak ada apa-apanya.

Meja kerja yang menarik menunjukkan orang yang fleksibel dan santai.

foto: mydecorative.com

foto: mydecorative.com

Adam Farra, CEO dari HostGator merupakan penggemar berat dari Mark Twain. Dia pernah menjelaskan bahwa ruang kerja Twain itu penuh dengan permainan menarik, maka ia terinspirasi untuk membangun ruang kerjanya sendiri dengan desain penuh game.

Setiap kali menyelesaikan pekerjaan, dia menyempatkan untuk bermain tenis meja atau berenang. Dia percaya bahwa bekerja sambil bermain itu dapat memberikan hasil yang lebih baik dan terkesan santai, daripada bekerja dengan tegang.

Meja kerja dengan beragam perangkat teknologi up to date, layak disebut sebagai si jenius gila teknologi.

foto: flickr.com

foto: flickr.com

Nikola Tesla adalah sosok ilmuan di bidang teknisi listrik yang menggambarkan meja kerjanya sebagai area berkumpulnya teknologi. Kalau meja kerja kamu, gimana Wovger? Sama nggak dengan punya si Bang Tesla ini?

BACA JUGA: 6 Gadget Canggih Ini Akan Mengubah Dunia

Kalau sekarang meja kerjamu penuh dengan laptop, tablet, smartphone bahkan monitor aja sampai double kayak gambar di atas, wah mungkin kamu layak disebut sebagai penggila teknologi.

Banyak bunga di meja kerjamu? Itu menggambarkan bahwa kamu orang yang feminine dan kalem.

foto: blondeambition.com.au

foto: blondeambition.com.au

Ini sih identik sama cewek-cewek yang kerjanya macam sekretaris, admin atau seorang writer sekalipun. Pekerjaan mereka yang hampir seharian menghadap laptop, membuat sebagian wanita berpikir bahwa kegiatan itu membosankan. Kayak hubungan asmaramu.

Maka, memberi kesan feminine dan kalem melalui penataan vas bunga dan beberapa foto bersama pasangan itu pasti so sweet banget. Dan pastinya, dapat mempengaruhi cara bekerja para wanita. Inspirasi yang keren akan mudah muncul ketika mereka dapat melihat orang yang dicintai berada di sampingnya selama seharian. Meskipun cuma foto. Meskipun mungkin foto yang dipajang, berbeda dengan foto yang ada dalam smartphone atau dompet.

Memiliki meja kerja di dalam rumah (kamar) yang nyaman, cenderung bikin kamu susah move on.

foto: design-milk.com

foto: design-milk.com

Ini berkaitan dengan zona nyaman.

Jika meja kerjamu (di rumah) nyaman, maka kamu tergolong orang yang nggak suka bergelut dalam dunia ketidakpastian, alias susah move on dan nggak terlalu suka bersahabat dengan perubahan.

BACA JUGA: Perubahan yang harus kamu bikin di usia 20-an biar bisa awet sukses selamanya!

Terlepas dari meja kerja yang berada di kantor, kamu cenderung memilih meja kerja di ruang pribadimu. Fokusnya pun bukan pada rupa meja kerja itu sendiri, melainkan lingkungan yang mempengaruhi meja tersebut. Pemilihan meja kerja dalam kamar dapat menunjukkan karakter yang susah beradaptasi loh, karena sudah terlalu nyaman dan nggak mau berubah. Seperti kamu yang udah nyaman sama pasangan dan nggak mau ditinggalin.

Tapi jangan heran, karena ide-ide jenius bisa jadi muncul dari meja kerja yang seperti ini.

Wovger, termasuk meja kerja yang mana?