Kumpulan Komik Superhero Indonesia Yang Jauh Lebih Keren Dari Sinetron Binatang

Hebring

Kalo ngomongin Superhero, anak-anak jaman sekarang mah udah gak kenal lagi sama yang namanya Gundala Putra Petir, Si Buta Dari Goa Hantu, Wiro Sableng, atau superhero-superhero lokal yang pernah merajai. Sekarang mah kalo komik superhero bacanya ya Manga Jepang, kalo film yah film-film buatan Marvel macam Avanger dll, pokoknya produksi Amerika lah.

Tapi jangan salah, selain Bima Ksatria Garuda yang tiap pagi nongol di RCTI. Indonesia ternyata punya karakter superhero yang terkini juga lho. Apalagi komik.

Komik Indonesia memang tidak setenar komik-komik Jepang. Tapi ternyata masih ada lho anak-anak bangsa yang pengen membangkitkan lagi dunia perkomikan Indonesia dengan terus berkarya. Yah sayangnya sih media tidak terlalu mengexpose, makanya kesannya jadi kaya gak keliatan. Apalagi TV sama Film udah didominasi sinetron dan film drama. Yah tau sendiri lah. Binatang …. (_ _ !)

Nah kali ini Bang Jho bakalan membahas tentang Komik Superhero buatan anak bangsa. Ini adalah wujud support kita buat para creatornya. Siapa tau dengan baca ulasan ini kalian jadi mulai tertarik buat mengkonsumsi komik lokal dan bertobat baca “Bajakan” Manga Jepang.

1. VOLT

VOLT

Nah VOLT ini pertama kali muncul Maret 2012 dalam acara Toys Fairs. Karakter ini adalah hasil ciptaan 2 orang komikus Marcellino Lefrandt dan Aswin Siregar. VOLT sendiri menceritakan tentang seorang anak bernama Ruben yang secara tidak sengaja membangkitkan kembali kekuatan putih yang bermanifestasi menjadi sosok jagoan sesuai dengan imajinasi Ruben.

VOLT sendiri mempunyai kekuatan pengendalian Listrik gitu. Memanfaatkan listrik sebagai senjata gitu lah. Tapi dia bukan pegawai PLN yah.

Ohiya Komik ini sampe sekarang udah sampe seri ke #6 dan bakal dibuat live actionnya. Komik ini produksi skylarcomics.

Buat yang penasaran coba dech diburu komiknya, dan besok kalo filmnya keluar tonton dech. Katanya mau support karya lokal.

2. Hebring

Hebring

Foto : www.ziliun.com

Superhero yang satu ini cukup lucu. Gak punya kekuatan muluk-muluk tapi tetep keren sebagai seorang superhero. Latar belakang cerita Hebring adalah Heru, yang berasal dari Tasikmalaya. Pada suatu hari, ia menemukan baju super di luar desanya. Dengan baju tersebut, Hebring pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya. Di ibukota, Hebring bekerja sebagai tukang ojek.

Si Hebring ini mempunyai 2 orang sekutu. Saat di Jakarta dia bertemu dengan Mimin seorang ahli komputer dengan otak jenius. Kemudian, Hebring dan Mimin pun bertemu dengan Nada, seorang mahasiswi asal Jawa Tengah yang ternyata, Nada juga memiliki baju super pemberian mendiang ibunya. Ketiganya pun menjadi rekanan dalam menumpas kejahatan di ibukota.

Komik ini hasil produksi Main Studios. Coba dech cari-cari komiknya, sapa tau masih beredar.

3. Nusantaranger

Nusantaranger

Foto : dandysaurus.deviantart.com

Nah kalo yang satu ini ibarat Power Ranger tapi bermuatan Lokal. Nusantaranger ini mengadopsi konsep Super Sentai. Yaitu serial pahlawan super dari Jepang yang diadaptasi Amerika menjadi Power Rangers. Gak usah sok ngritik “Eh niru-niru”. Konsepnya ajah sama kaya Power Ranger, cerita dan karakternya beda. Udah gak usah ngritik, mending nyupport atau bikin karya sendiri.

Nusantaranger ini menceritakan tentang Lima pemuda dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua yang tergabung dalam Nusantaranger berjuang melindungi bumi dari kejahatan.

Nusantaranger memasukkan budaya lokal ke dalam cerita. Antara lain terkait hal pemilihan binatang endemik di setiap pulau sebagai simbol ruh yang memberikan kekuatan bagi setiap pahlawan super.

Ksatria Nusa Merah dari Jawa memiliki kekuatan dari elang jawa. Nusa Kuning dengan kekuatan harimau sumatra. Nusa Hitam dari Sulawesi punya kekuatan anoa, Nusa Hijau dari Kalimantan memiliki kekuatan ruh orangutan. Serta Nusa Biru dari Papua punya kekuatan hiu gergaji.

Komik yang ini bener-bener direkomendasiin buat dibaca. Walaupun ada sedikit adaptasi kaya Power Ranger, tapi ceritanya gak norak dan keren abis dech.

4. Jawara Indonesia

JAWARA

Foto : www.skylarcomics.net

Nah komik ini merupakan project kedua dari Skylar Comic setelah VOLTS. Dalam jawara indonesia ini akan diceritakan karakter-karakter yang terlibat dalam komik Volt. Kabarnya komik jawara indonesia ini dicetak dengan tampilan menyerupai komik-komik manga jepang, dalam segi cerita masih digarap oleh Marcelino Lefrandt dan di gambar oleh penciler handal JON. Pokoknya kalo udah ada komiknya langsung beli dech, jangan cuma buat pacaran gak jelas. Mendingan uangnya buat nyupport karya orang. *Jomblo Cinta Tanah Air.

5. Bima Satria Garuda

Bima Satria Garuda komik

Foto : www.duniaku.net

Nah setelah udah lebih dulu ditayangkan di TV, BIMA ini akhirnya dibuat komiknya juga. Kabarnya komik BIMA ini bakalan menyempurnakan apa yang ada di TV. Jadi ceritanya lebih detail gitu. Tokoh BIMA Satria Garuda dituangkan dalam bentuk komik oleh Ockto Baringbing yang merupakan pemenang “Silver Prize Manga Award” tahun 2012 dan Hendry Zero.

6. H2O

h2O

Foto : www.beranda.co.id

Komik H2O merupakan ide Pandji Pragiwaksono, seorang presenter/komika/rapper yang lumayan terkenal. FYI, Bang Jho ngefans banget lho sama dia. Pandji ingin menumbuhkan optimisme melalui komik superhero lokal. Untuk mewujudkan impiannya, Pandji mengajak Shani Budi Pandita, mendirikan perusahaan penerbit komik digital bernama Kolam Komik.

Nah H2O inilah hasilnya. Sudah ada 2 seri. H2O dan H2O : Reborn.

H20 menceritakan seorang mahasiswa IT di kota Bandung bernama Rama yang sejak kecil senang kisah Ramayana. Kisah itu diceritakan ayahnya. Sang ayah adalah desainer produk di proyek pemerintah yang mngerjakan museum wayang dengan teknologi tinggi. Salah satunya dengan mewujudkan robot-robot tokoh pewayangan termasuk robot Rahwana dan para raksasa sebagai medium pengenalan kepada anak-anak secara menarik.

Cerita menjadi menegangkan saat Rizal Alengkadiredja, pengusaha kelas kakap Indonesia pemenang tender, menarik pendanaan dan menyabotase proyek ini.

Disini kalian bakalan melihat Hanoman dalam wujud robot. Asik lah pokoknya.

***

Nah gimana? Masih mau bilang Indonesia gak bisa buat apa-apa? Lha ini buktinya masih banyak creator komik yang tetap berdedikasi menghadirkan sosok superhero lokal bagi anak-anak Indonesia.

Nah sekarang tinggal bagaimana mengelola industri ini biar Superhero-superhero lokal ini bakalan exsis. Mulai dari distribusi komiknya. Dan adaptasinya ke film, atau kalo perlu bikin serial animasinya.

Pokoknya Bang Jho masih optimis kok sama Indonesia yang bakalan terus melahirkan pekarya-pekarya muda yang keren dan mau terus berkarya.

Pokoknya ini edisi nasionalis. Azeeeek.

Kalo ada yang tau Komik Superhero lain yang versi modern, bisa nambahi di kolom komentar yah.