Baru sekali mendaki gunung? Jangan khawatir. Tips ini akan membantumu supaya lancar dalam perjalanan.

Untuk tahu suatu hal itu betul atau salah, tepat atau kurang tepat, banyak orang kadang hanya punya pilihan melangkah, lalu mendapat hasil. Hasilnya pun bisa antara melakukan kesalahan atau kebetulan benar. Beberapa lainnya, ada yang cukup dengan membaca atau mempelajari kesalahan orang lain kemudian ia menghindarinya. Nah, ini dia yang pengen Bang Jho lakukan. Ya, bikin artikel yang bisa Wovger baca, dan harapannya nggak ngelakuin kesalahan di kemudian hari.

Adanya sosial media, membuat tujuan orang melakukan sesuatu, antara jaman dulu dan jaman sekarang jadi beda. Olahraga, misalnya. Orang jaman dulu, niatnya cuma satu: sehat. Bonusnya sih mungkin cuci mata. Kalau jaman sekarang? Jelas dong: eksis di sosial media. Hal ini juga terjadi saat mereka mendaki gunung. Seringkali mereka fokus pada mupeng selfienya, ketimbang menyiapkan apa-apa yang diperlukan sebelum mendaki.

BACA JUGA: 12 gunung di Pulau Jawa yang senantiasa menunggumu untuk didaki

Ini, ada beberapa tips yang bisa Wovger coba sebelum mendaki. Gak harus untuk pemula, tapi kalau untuk pemula, jelas diutamakan.

Mempelajari wanita itu penting, agar kelak bisa memahaminya. Mempelajari lokasi gunung juga perlu, agar bisa mengenalinya.

2. Pelajari Lokasi Gunung Yang Akan Didaki

“Ah, nggak perlu. Aku pasti kuat!” begitu kata para pemula. Padahal, ibarat olahraga, persiapan fisik sebelum naik gunung adalah pemanasan.

3. Persiapkan Kondisi Fisik, Agar Badan Tetap Fit

Mendaki gunung itu nggak cuma butuh semangat. Tapi juga bekal agar bisa lancar sampai di sana dan kembali ke bawah.

4. Persiapkan Peralatan dan Barang Bawaan dengan Tepat

Kalau sudah di atas, di sana tak ada warung. Atau kalau pun ada, pasti harganya bikin kantong tekor. Jadi, persiapkan logistik yang cukup.

5. Persiapkan Logistik Perbekalan Dengan Cermat

Mengabadikan momen itu hukumnya sah. Maka dari itu, jagalah peralatan dengan baik.

6. Jaga Baik-Baik Kamera dan Handphone

Demi kenyamanan, jagalah norma kesopanan antar pendaki. Karena mendaki gunung itu banyak rintangan. Jadi, jangan ditambah-tambah.

7. Jaga Sikap dan Tata Krama Saat Mendaki

Jika kamu berbuat baik pada alam, maka alam akan membalas kebaikan pula padamu.

8. Jaga Kebersihan. Bawa Kembali Sampah Saat Turun

Sampai di sini, kira-kira gimana? Udah paham dong ya!

BACA JUGA: 7 Tempat wisata di Madiun yang pas buat liburanmu bersama keluarga

Mari jadi pendaki yang baik, dan bareng-bareng menjaga alam. Karena saat kita bersedia menjaga alam hari ini, kebaikannya tak hanya untuk generasi kita. Tapi juga generasi anak dan cucu kita di masa mendatang. 🙂