Monika: “Mendandani hati itu penting. Namun, merawat diri juga perlu. Mulailah berpakaian rapi, maka kebaikan pribadi akan mengikuti.”

Halo Wovger! Perkenalkan, namaku Monika Anindita. Aku lahir di Pasuruan 15 November 1992. Kesibukanku saat ini ialah berjuang menyelesaikan skripsi sembari jualan Turtleneck, Coat dan Parka. Apalagi tujuanku menyibukkan diri ini kalau bukan memantaskan diri untukmu, Bang. Hehehe.

Aku adalah orang dengan tipe kepribadian sanguinis-melankolis. Kalau lagi kumpul-kumpul, aku termasuk orang yang rame. Tapi kalau lagi sendirian, jiwa melankolisnya langsung keluar. Hehehe.

Tapi aslinya, dulu aku orang yang tertutup. Susah untuk bergaul dan membuka diri dengan orang-orang baru. Makanya, aku lebih terlihat friendless. Hal ini membuatku menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Aku hanya akrab dengan orang yang betul-betul kenal, namun pemalu jika harus berhadapan dengan banyak orang.

Monika Anindhita

Aku bersyukur itu tak berlangsung lama. Karena kemudian ada sebuah perjalanan hidup yang mampu merubahku dari yang tadinya pemalu, menjadi penuh percaya diri. Itu terjadi ketika aku mengikuti berbagai ajang yang membawaku ke tingkat dan tempat-tempat yang tak pernah aku duga sebelumnya, diantaranya:

  • Tahun 2012 masuk Top 5 Kakang-Mbakyu Malang.
  • Tahun 2013 mewakili Malang sebagai Wakil III Putri Kendedes Kota Malang.
  • Tahun 2013 ikut ajang Sunsilk Hairfashion Look The Month Augst 2013.
  • Tahun 2014 masuk Top 6 Duta Lalu lintas Kota Malang.
  • Tahun 2014 jadi pemenang di ajang Sunsilk Writing Competition.
  • Tahun 2015 menjadi finalis Duta Lalu lintas Jawa Timur.
  • Tahun 2015 menjadi featured in fashion di beberapa situs seperti Yahoo! She Look Of The Day, OOTINDO, dan Lookbook Indonesia.

Ajang-ajang dan prestasi yang aku peroleh tersebut betul-betul merubah banyak hal dalam hidupku, terutama pada kepribadianku. Aku yang semula pemalu, jarang bergaul, menjadi mudah bergaul dan lebih percaya diri.

monika anindita model

Dulu, kalau kemana-mana, aku tak pernah peduli dengan penampilanku. Tapi setelah mengikuti berbagai ajang tersebut, aku juga jadi lebih memperhatikan penampilan, kemanapun aku pergi. Aku pikir, untuk merubah kepribadian, langkah pertama ialah berjuang habis-habisan membaikkan pribadi. Tapi ternyata, penampilan itu bisa mempengaruhi kepribadian. Isi hati siapa yang tahu. Namun, apa yang terlihat, akan mempengaruhi persepsi orang-orang. Berangkat dari persepsi itulah, orang-orang akan memperlakukan kita, sesuai apa yang mereka persepsikan.

Apakah membaikkan pribadi itu kurang penting, jika dibanding berpenampilan rapi?

Oh, bukan begitu. Bagiku, keduanya sama-sama penting.

Menurutku, mendandani hati itu penting. Namun, merawat diri juga perlu. Mulailah berpakaian rapi, maka kebaikan pribadi akan mengikuti.

Namun meski demikian, pribadi penuh percaya diri sesungguhnya ialah, pribadi yang kepercayaan dirinya tak ditentukan oleh hal-hal yang terlihat. Jadi, apa-apa yang terlihat itu hanya pembentuk awal kepercayaan diri. Lalu ketika apa-apa yang terlihat itu kemudian tiada, dan tingkat kepercayaan diri orang tersebut masih sama, berarti rasa percaya dirinya sudah tertanam dalam hati. Atau, mungkin Wovger punya pandangan dan pengalaman lain? Mari berbagi melalui kolom komentar tulisan ini. Hehehe.

Model Monika Anindita

Ajang-ajang yang aku ikuti tersebut menuntutku untuk selalu tampil di depan publik. Tentu ini mengajariku bagaimana cara bersikap dan berkomunikasi dengan baik. Ajang-ajang ini membuatku punya banyak teman dan relasi. Tak cuma kenalan antar peserta di ajang-ajang tersebut, namun juga koneksi orang-orang pemkot, kepolisian dan beberapa jaringan lain yang tak pernah aku duga sebelumnya.

Rasa percaya diri yang tumbuh tersebut, kini malah membuatku menjadi narsis. Untung ada instagram yang selalu menunjang hobiku ini. Hehehe. To be honest i can’t imagine living without it.

Di instagram aku bisa share passion aku dalam dunia fashion dan kecantikan. Bisnis yang aku tekuni pun berhubungan dengan dunia fashion. Suatu saat, aku berharap bisa menjadi seorang fashion contributor. Aamiin.

monika anindita dan kekasih