Liburan Ke Malang? Belum Lengkap Kalau Tidak Mengunjungi 7 Destinasi Wisata Berikut Ini

malang Sumber Foto : duniatraveler.com

Kalau bicara wisata di Jawa Timur, pasti Malang yang ada di benak kita. Yup, kota yang terletak di dekat Gunung Arjuna dan Gunung Kawi tersebut menyimpan segudang destinasi wisata menjadikannya kota tujuan wisata ketika singgah di Jawa Timur.

Nah, buat kamu yang pergi ke Kota Malang, biar nggak nyasar atau bingung mau wisata ke mana, Wovgo dan Pilot Bumi Trans punya beberapa daftar destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan di Malang.

Mana aja sih? Ini dia …

#1 Awali piknikmu dengan bermain air di Coban Rondo sekaligus menapaki kisah cinta Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma.

coban rondo

Air terjun Coban Rondo. Foto : Instagram @rezkydesyanti

Air terjun yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara ini menyimpan secuil cerita cinta antara Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma.

coban rondo

Air terjun Coban Rondo. Foto : Instagram @hindriatilova

Bagaimana ceritanya? Begini …

Berdasarkan legenda masyarakat sekitar, bahwa asal mula Air Terjun Coban Rondo ini berawal dari sebuah kisah asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro.

Menginjak usia pernikahan yang ke 36 hari atau Selapan, Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Namun, berdasarkan adat orang Jawa bahwa pengantin yang masih usia Selapan belum diperbolehkan meninggalkan rumah terlalu jauh. Oleh karena itu, mereka dilarang untuk pergi ke Gunung Anjarwati oleh orang tua dari Raden Baron.

labirin coban rondo

Labirin Coban Rondo. Foto : Instagram @marveloushe__

Akan tetapi, keduanya bersikeras akan berkunjung ke Gunung Anjasmoro dengan segala resiko yang ada.

Di tengah perjalanan tiba-tiba muncul Joko Lelono yang ternyata terpikat dengan kecantikan dari Dewi Anjarwati. Akhirnya Raden Baron memerintahkan anak buahnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi yang terdapat Air Terjun (dalam bahasa Jawa disebut Coban). Raden Baron dan Joko Lelono bertempur hebat hingga keduannya gugur. Akibat dari gugurnya suami Dewi Anjarwati, maka statusnya berubah menjadi Janda (dalam bahasa Jawa Rondo). Sejak saat itulah air terjun ini dinamakan air terjun Coban Rondo.

Lokasi Air Terjun Coban Rondo : Air terjun setinggi 84 meter ini berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.


#2 Ingin merasakan sensasi menginap dengan nuansa alam atau sekedar menikmati keindahan Kota Batu dari ketinggian? Omah Kayu bisa jadi pilihan.

omah kayu

Foto : Instagram @cicind_maricind

Ketika liburan ke Malang, jangan lupa menginap atau berwisata di Omah Kayu. Karena jika kamu menginap disini, kamu akan menginap di hotel berbintang dengan fasilitas modern lengkap namun diajak lebih dekat ke alam sekaligus mengalami rasanya bermalam di rumah pohon, dimana bangunannya benar-benar di atas pohon.

Omah Kayu Malang juga bisa dijadikan objek tempat foto menarik bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan Kota Batu yang menawan. Terlebih ketika malam hari, gemerlap lampu akan menambah keindahan.

Lokasi Omah Kayu : Terletak sekitar 25 km dari kota Malang, tepatnya di tempat paralayang Gunung Banyak, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Dan cukup dekat dari destinasi wisata lainnya di Kota Batu seperti Museum Angkut atau BNS dan Juga dekat dengan Coban Rondo.


#3 Puas di Coban Rondo dan Omah Kayu, mari ke Kota Batu dan main-main di Museum Angkut.

museum angkut

Foto : Instagram @cicind_maricind

museum angkut

Museum Angkut

Museum biasanya membosankan, biasanya sih,.. Tapi beda ketika kamu pergi ke Museum Angkut. Di museum ini kamu akan menemui berbagai macam mobil antik serta mengenal sejarah dan perkembangan dunai transportasi dengan cara yang menyenangkan.

Di Museum Angkut terdapat 10 zona wisata yang dapat kamu jelajahi, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Perancis, Las Vegas, Jerman, Hollywood, Jepang, Gangster & Broadway dan tentu saja Batavia. Setiap zona dibuat semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari jalanan sampai landmark khasnya. Dijamin kamu bakal puas berfoto ria. Capek dan laper? Kamu bisa kuliner di Pasar Apung yang menyajikan aneka hidangan lezat.

Lokasi Museum Angkut : Museum Angkut terletak di kawasan Kota Batu, Jawa Timur. Sekitar 30 menit dari pusat kota Malang. Tidak begitu jauh jika kamu dari Air Terjun Coban Rondo atau Omah Kayu tadi.


#4 Jangan beranjak dulu dari Kota Batu, karena ketika malam tiba kamu bisa berwisata ke BNS.

bns

Foto : Instagram @damarrrrr

Jika berwisata siang hari sudah biasa, cobalah ke BNS – Batu Night Spectacular -. Tempat wisata ini buka dari jam 3 sore sampai 12 malam.

bns

Batu Night Spectacular. Foto : Instagram @risalahati

Di sini, kamu akan seperti kembali ke masa kecil karena suasananya mirip dengan pasar malam, banyak lampu, apalagi dengan adanya komidi putar dengan kuda-kuda buatan yang bisa kamu naiki.

Jajaran lampion juga akan menambah keindahan malam di tempat wisata ini. Buat kamu yang hobi foto-foto, tempat ini adalah spot yang pas banget.

Lokasi Batu Night Spectacular : BNS juga terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Tidak begitu jauh dari Museum Angkut.


#5 Kamu pengen main air juga snorkeling? Tenang aja, Malang juga punya. Kamu bisa piknik ke Pantai 3 Warna.

pantai 3 warna

Pantai 3 Warna.

pantai batu pecah

Pantai Batu Pecah, terletak tidak jauh dari pantai 3 warna.

Keunikan dari pantai ini adalah memiliki warna air laut yang berbeda-beda disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain tempat ini bebas dari sampah, kamu juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami.

Salah satu hal yang patut diacungi jempol untuk pihak manajemen pengelola dari Pantai 3 Warna ini adalah mereka tidak mengeksploitasi keindahan dari pantai ini. Terbukti dengan motto “No Negotiation if Full Booked” pihak menajemen tidak terlena dengan pundi-pundi penghasilan. Ada kuota makmisal pengunjung di setiap harinya. Tentunya itu semua demi menjaga kelestarian dan kealamian dari wisata pantai di Malang ini.

Lokasi Pantai 3 Warna : Pantai ini masuk di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.


#6 Pantai Banyu Anjlok, buat kamu yang ingin menikmati guyuran air terjun sekaligus pemandangan pantai.

pantai banyu anjlok

Foto : Instagram @erynurlaks

Pantai Banyu Anjlok ini adalah wisata alam yang sangat komplit. Di sana kamu tidak hanya akan disuguhkan keindahan pantai, tetapi juga sekaligus bisa menikmati wisata alam berupa air terjun serta menikmati kegiatan renang di kolam alami yang tersedia.

pantai banyu anjlok

Foto : Instagram @fajarabb

Yep, seperti paket 3in1 ketika kamu mengunjungi Pantai Banyu Anjlok.

Bermain berbasah – basahan di pantai dengan ombak yang tenang bisa banget kamu lakukan. Jika ingin merasakan dinginnya air, bisa langsung menuju air terjunnya. Kamu bisa mandi dan berbasah – basahan di bawah terjunan air di Pantai Banyu Anjlok ini. Kalau kamu masih kurang puas, kamu bisa naik ke bagian atas air terjun dan menemukan sebuah kolam alami yang bisa kamu gunakan untuk berendam atau berenang.

pantai banyu anjlok

Bagian atas Pantai Banyu Anjlok. Foto : Instagram @whiempy

Lokasi Pantai Banyu Anjlok : Pantai Banyu Anjlok ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, sekitar 4 jam perjalanan dari pusat Kota Malang.


#7 Tutup piknik mu di Malang dengan mengunjungi Gunung Bromo.

Foto : @cicind_maricind

Gunung Bromo. Foto : @cicind_maricind

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung yang satu ini. Gunung Bromo sudah mempesona banyak turis, baik itu lokal maupun mancanegara. Gunung ini bahkan menjadi gunung yang paling terkenal di Jawa Timur.

bromo

Naik kuda di Bromo. Foto : @rennyhervina

Keadaan alam gunung Bromo sangatlah indah. Gunung ini bertautan dengan lembah, ngarai, lautan pasir dengan luas sekitar 10 Km. Sungguh sangat mempesona setiap pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Selain keindahan alamnya, Bromo juga mampu menarik banyak pengunjung dengan Yadna Kasada atau Upacara Kasodo. Upacara Kasodo digelar setiap tahun saat bulan purnama di bulan Agustus. Upacara Kasodo ini delakukan dengan melemparkan hasil bumi ke dalam kawah Bromo sebagai ucapan syukur atas panen yang diterima dan sebagai permohonan untuk panen yang lebih melimpah di musim selanjutnya.

bromo

Jeep Bromo. Foto : @rennyhervina

Lokasi Gunung Bromo : Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 Mdpl dan berada di empat kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang.

***

Itu dia beberapa destinasi wisata asik di Malang yang wajib kamu kunjungi ketika sedang liburan di kota Apel tersebut.

Nah, buat kamu yang berlibur di Kota Malang, agar liburanmu semakin mudah dan tidak ribet atau bingung musti mengunjungi destinasi mana aja, akomodasi, hingga mau menginap dimana, kamu bisa mengandalkan jasa wisata dari Pilot Bumi Trans.

Pilot Bumi Trans menyediakan berbagai macam paket wisata, mulai City Tour Batu – Malang, Wisata Bromo midnight hingga trip pantai Malang selatan. Yang harganya tentu sangat bersahabat. Kamu juga bisa reservasi tiket kereta api & pesawat hingga reservasi hotel / guest house di Malang melalui Pilot Bumi Trans.

Langsung aja hubungi Pilot Bumi Trans untuk mendapatkan rekomendasi paket wisata Batu City Tour – Malang – Bromo dengan harga terbaik.

pilotbumi

Selamat berlibur.