Kamu Pengantin Baru? 7 Destinasi Seru Ini Cocok Untuk Berbulan Madu

el nido palawan Sumber Foto : Instagram @darstenfifteen

Apa sih yang terlintas dalam pikiranmu saat mendengar kata honeymoon atau bulan madu?

Jangan terlalu mesum!

Honey Moon atau bulan madu adalah kegiatan wajib yang sejatinya ditunggu-tunggu oleh semua pasangan. Para pasangan biasanya mencari tempat wisata asik untuk menghabiskan malam berdua.

Tentunya perencanaan untuk honeymoon harus dipikirkan secara matang. Mulai dari tempat tujuan yang tepat, akomodasi sampai dengan resort yang akan di tinggali untuk sementara.

Wait… Kamu baru saja menikah? Berencana buat bulan madu sama pasanganmu? Ciee… Pengantin baru.

Nah, kebetulan nih, Wovgo udah siapin beberapa referensi tempat yang pas, khusus buat pasangan yang baru saja menikah.

Di mana aja tempatnya? Ini dia …

#1 Mari kita terbang ke Filipina. Mendarat di Manila. Tapi berhubung bulan madu dan mencari tempat yang asik buat berdua, yuk mengawalinya di Pagsanjan Falls aja …

Pagsanjan Falls

Pagsanjan Falls. Foto : Instagram @joshuagunnacao

Pagsanjan Falls adalah salah satu air terjun yang populer di Laguna, sebuah provinsi di Filipina. Nama Pagsanjan itu berasal dari bahasa Tagalog yang artinya bercabang, di mana ada dua sungai utama yang menjadi titik temu yakni sungai Bumbungan dan Balanac. Tinggi air terjun Pagsanjan sekitar 90 meter.

Keindahan air terjun ini nggak perlu diragukan lagi. Tebing-tebing yang berada di setiap sisi air terjun semakin menambah kecantikan dari Pagsanjan.

Di air terjun Pagsanjan, selain bisa main air, kamu dan pasanganmu juga bisa menikmati sensasi naik rakit dan mendekat ke arah jatuhnya air terjun.

Oh iya, para wisatawan sering mengunjungi tempat ini pada bulan Agustus dan September, ini dikarenakan pada musim hujan pemandangan di sekitar Pagsanjan semakin menarik, dan debit air juga makin bertambah.

Tapi mesti begitu, jika kamu kesana pas lagi deres-deresnya, harus hati-hati. Hujan, batu-batuan di Pagsanjan bisa saja berubah jadi sangat licin. Tetep gandeng pasangan kamu biar nggak kepeleset. Hehe …

Cara Mencapai Lokasi : Jarak antara Manila dan Pagsanjan sekitar 98 kilometer. Untuk sampai ke air terjun itu, kamu bisa mengaksesnya menggunakan bus dari pusat kota Pagsanjan. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit.

Naik bus takut nyasar? Nggak usah khawatir. Selain ramah, orang-orang di Filipina juga paham Bahasa Inggris. Jadi kamu bisa berkomunikasi dengan mudah.

Penginapan : Jika kamu berencana untuk menginap di kawasan Pagsanjan, di sana terdapat banyak sekali hotel yang bisa kamu jadikan rujukan untuk singgah di Pagsanjan. Jadi nggak perlu khawatir “Wahhh, kami berdua harus nginep di mana??”

#2 Sudah puas main air di Pagsanjan Falls? Yuk sedikit ke selatan, lanjutkan perjalananmu yang penuh cinta, ada Puerto Galera yang sangat mempesona.

Puerto Galera

Puerto Galera. Foto : Instagram @monicatniss

Gaesss, kalau bulan madu, jangan hanya ke satu tempat saja. Explore juga tempat-tempat indah lainnya, mumpung lagi di Filipina. Salah satunya ke pantai Puerto Galera. *Yeehhaa pantai!!!

Setelah asik menikmati segarnya Air Terjun Pagsanjan, kalian berdua bisa sekalian menikmati segarnya ombak di Puerto Galera atau bermain aktivitas air seperti menyelam, bersantai, snorkeling dan lain sebagainya.

Untuk wisata pantai, kamu dan pasangan bisa menikmati indahnya White Beach. Pantai indah ini berada di sebelah barat Puerto Galera dan hanya 16 menit saja. Permainan air seperti jetski, banana boats, atau perahu bisa kamu temukan di sini. Pantai ini selalu ramai dan banyak wisatawan, jadi kamu dan pasangan nggak perlu takut bakal sendirian.

Cara Mencapai Lokasi : Puerto Galera terletak di Pulau Mindoro. Jarak antara Puerto Galera dengan Pagsanjan Falls sekitar 130 kilometer.

Jauh? Iya sih. Tapi, Puerto Galera cukup mudah untuk dijangkau menggunakan kendaraan roda empat. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 3 sampai 4 jam dari Pagsanjan. Begitu juga dari Manila.

Cukup berkendara melalui South Luzon Expressway, menuju STAR Tollgate, kemudian berhenti di Batangas Pier. Dari Batangas Pier kamu bisa naik kapal feri ke Puerto Galera bersama kendaraanmu, sehingga sesampainya di sana kamu bisa berkeliling Puerto Galera tanpa meninggalkan kendaraanmu.

Penginapan : Di Puerto Galera terdapat buuaaannyak sekali hotel atau resort. Jadi tidak perlu khawatir mau nginep dimana. Agar suasana romantis dengan pasangan bertambah, sesekali kamu harus mencoba dinner di restoran atau bar di sekitar pelabuhan Mualle Bay yang ada di sana.

#3 Air terjun dan pantai udah, yuk nyoba tantangan bersama pasangan dengan menaklukkan Mayon Volcano.

Mayon Volcano

Mayon Volcano. Foto : Instagram @dcdcdrin

Kamu dan pasangan hobi naik gunung? Bagi kamu yang memutuskan untuk berbulan madu dengan naik gunung di Filipina, jangan takut, di sana kamu akan bertemu dengan penduduk lokal yang ramah. Salah satu gunung popular dan bisa kamu daki bersama sang kekasih adalah Mayon Volcano.

Gunung Mayon ini salah satu gunung aktif yang jadi favorit para pendaki ketika berkunjung ke Filipina. Dengan ketinggian kurang lebih 2,4 kilometer di atas permukaan laut tempat ini membuatmu bisa berlama-lama menikmati pemandangan yang luar biasa indah.

Ada alternatif lain kalau kamu nggak mau naik gunung, kamu bisa datang ke Cagsawa Ruin untuk memandangi gunung aktif tersebut.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Casagwa Ruin yakni naik ATV Bicol adventure. Sepanjang trek ATV, selain bisa menikmati panorama gunung Mayon, kamu juga bisa melihat air terjun kecil-kecil di sepanjang aliran sungai bekas lahar dingin dari si gunung.

Cara Mencapai Lokasi : Mayon Volcano ini terletak di Provinsi Albay, sebelah utara kota Legazpi. Jarak Mayon Volcano dari Puerto Galera sekitar 450 kilometer atau 11 jam perjalanan dengan kendaraan roda empat. Tentu saja kamu harus menyebrang dari Pulau Mindoro ke Pulau Luzon (pulau di mana kota Manila berada).

Tapi, kalau dari Manila ke Mayon Volcano jaraknya 480an kilometer atau sekitar 12 jam perjalanan dengan roda empat. Kalau kamu ingin praktis dan cepat, bisa memanfaatkan transportasi udara dari Manila ke Legazpi yang hanya satu jam perjalanan.

Penginapan : Di sekitar Cagsawa tepatnya di kota Legazpi kamu bisa menemukan hotel dengan harga yang pas di kantong. Selain itu, kamu juga bisa mengenyangkan perut di Embarcadero de Legazpi. Sebuah pusat jajan dan mal yang terletak di pinggir laut. Masakan aneka seafood menjadi andalan kedai-kedai ini.

#4 Dari Legazpi ayo terbang ke Tagbilaran, ada Chocolate Hills yang eksotis.

Chocolate Hills

Chocolate Hills. Foto : Instagram @b0urne

Salah satu tempat yang cocok untuk pasangan yang lagi dimabuk cinta adalah Chocolate Hills.

Chocolate Hills merupakan sekelompok bukit di tengah-tengah Pulau Bohol. Diketahui ada minimal 1.268 bukit yang ukurannya cukup kecil, sekitar 30 sampai 50 meter, yang paling tinggi bisa mencapai 120 meter.

Karena bukit-bukitnya banyak, kamu nggak perlu mendakinya satu-per satu, cukup sekadar menikmati pemandangan bukit dari kejauhan. Justru dilihat dari kejauhan inilah pemandangan barisan bukit semakin indah.

Cara Mencapai Lokasi : Untuk rute tempuhnya, kamu bisa mengakses dari kota terdekat yakni Tagbilaran.

Untuk menuju ke Tagbilaran kamu bisa menggunakan pesawat dari Legazpi. OK, sampai di Tagbilaran saatnya kamu menuju Carmen, letak dari Chocolate Hills ini. Sekitar satu jam dengan kendaraan roda empat dari pusat kota Tagbilaran.

Penginapan : Sebagai tempat wisata utama di Filipina, semua hotel atau penginapan sudah ditata sedemikan rupa. Jadi, kamu nggak perlu bingung untuk mencari tempat penginapan.

#5 Setelah Chocolate Hills, jangan keburu pergi dari Tagbilaran, karena ada Panglao Island yang harus banget kamu kunjungi bersama pasangan.

Tagbilaran

Panglao Island. Foto : Instagram @sempreprontoaviajar

Kamu bisa merasakan sensasi pantai pasir putih halus dan pemandangan yang bikin hati tenang. Selain bersantai dan menikmati keindahan pantai di Panglao Island yang sangat biruuuu, kamu dan pasangan juga bisa mencoba untuk diving atau sekadar main permainan air seperti kayak atau kano, jetski, hingga selancar layang.

Oh iya, di kawasan Panglao Island terdapat banyak spesies laut yang melimpah, sekitar 250 spesies yang berbeda dari jenis crustasea dan 2500 spesies moluska, beberapa di antaranya baru ditemukan. Jadi selain disuguhi dengan pantai dan lautnya, kamu juga dimanjakan dengan kedalaman laut dengan panorama baharinya yang indah.

Waktu yang tepat untuk berlibur ke sana sekitar bulan Desember dan Maret atau waktu musim panas sekitar bulan April dan Juli.

Cara Mencapai Lokasi : Panglao Island dapat diakses dari Tagbilaran dengan kendaraan roda empat, dibutuhkan sekitar 30 menit perjalanan darat untuk sampai ke Panglao Island. Meski nyebrang dari Tagbilaran, tapi tenang, ada jembatan penghubung antara Bohol dan Panglao Island.

Penginapan : Karena kamu singgah di Tagbilaran, kamu nggak perlu nyari penginapan lagi di Panglao Island yang hanya 30 meniatan dari Tagbilaran. Tapi kalau kamu dan pasangan ingin merasakan sensasi menginap di Panglao Island, kamu bisa mencari resort di sana yang dengan sangat mudah ditemukan. Banyak resort atau hotel deh pokoknya. Tenang aja …

#6 Dari Tagbilaran, ayo terbang lagi. Kali ini ke Samal Island.

Samal Island

Samal Island. Foto : Instagram @wanjing_vincyyyy

Di Samal Island kamu akan disambut pemandangan pasir putih terbaik, terumbu laut dan perairan sejernih kristal. Tentunya ini semua bisa bikin kamu betah untuk berdua-duaan terus.

Selain pantai-pantainya yang indah, di Samal Island juga terdapat air terjun lho. Namanya air terjun Hagimit. Air terjun ini tidak terlalu tinggi. Tapi memiliki air yang melimpah. Jadi, kamu dan pasangan bisa main air di kawasan jatuhnya air terjun tersebut.

Cara Mencapai Lokasi : Dari Tagbilaran, kamu dan pasangan musti terbang ke Davao. Jarak antara Davao dan Samal Island sekitar 2 kilometer. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam. Untuk menyeberang kamu bisa menggunakan kapal feri.

Penginapan : Untuk menginap, kamu bisa memanfaatkan beberapa resort yang ada di Samal Island atau kamu juga bisa singgah di hotel di kota Davao.

#7 Sebagai penutup wisata bulan madumu sebagai pengantin baru, Pulau Palawan bisa menjadi tujuan akhri petualangan.

Bacuit Bay.

Bacuit Bay. Foto : Instagram @juanakarlaa

Btw, mengapa harus Palawan? Keindahan alam pantai dan bawah laut di beberapa bagian pulau dengan ibukota Puerto Princessa City ini membuatnya menjadi spot snorkeling dan diving yang menarik. Kabarnya, titik-titik penyelaman disini diklaim sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

El Nido adalah destinasi wajib yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Palawan. Di sana, kamu akan merasakan sensasi kedalaman laut El Nido yang kaya terumbu karang serta koleksi ikan dan biotanya yang sangat mengagumkan.

Salah satu spot menarik adalah Bacuit Bay. Bacuit Bay adalah sebuah teluk yang dikelilingi banyak pulau kecil tak berpenghuni. Air laut yang berwarna biru tua merupakan rumah bagi ikan duyung, ikan pari, penyu, hiu paus, serta beberapa jenis koral cantik. Titik penyelaman di Bacuit Bay tersedia mulai kedalaman 6 hingga 30 meter.

Cara Mencapai Lokasi : Dari Davao kamu musti terbang ke Puerto Pricessa International Airport yang waktu tempuhnya sekitar 1 sampai 2 jam. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan roda empat atau angkutan umum menuju El Nido, perjalanan sekitar 4 sampai 5 jam. Sesampainya di El Nido, untuk menuju Bacuit Bay, sekitar 30 menitan.

Penginapan : Di El Nido ataupun Bacuit Bay terdapat banyak sekali resort yang bisa kamu singgahi. Jadi nggak perlu khawatir.

Oh iya, meski di kawasan El Nido terdapat banyak pulau tak berpenghuni, tapi di sana aman karena juga diawasi oleh penduduk lokal. Jadi nggak perlu khawatir.

***

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata seru yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan.

Segera atur jadwal liburanmu, siapkan ranselmu, dan ajak pasanganmu. Jadikan Filipina sebagai tujuan utama berbulan madu.