Syayumi: “Liburan gratis sambil menjaga silahturahmi, hati senang dompet tenang.”

“Liburan itu tidak harus mahal kok,” ucapku dulu pada salah satu temanku. Entah kenapa orang selalu menganggap liburan selalu identik dengan menghabiskan uang. Jujur, aku sedikit kesal saat orang bilang seperti ini:

“Cie cie yang kemaren habis liburan. Uang banyak nih.”

SyaYumi TakigawaNoa dan kawan

Memangnya harus punya banyak uang dulu baru bisa liburan? Tidak, kan? Bahkan kita bisa liburan tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Ini yang sering dilakukan oleh salah satu dosenku di kampus. Beliau selalu liburan di luar negeri tanpa mengeluarkan uang sama sekali, kecuali uang untuk membuat passport and visa. Bagaimana caranya? Beliau pernah bilang:

“Makanya punya handphone canggih dan koneksi internet gratis itu dimanfaatkan. Cari info di internet, biar bisa liburan gratis seperti saya. Percuma kalau kalian punya handphone canggih, kalau cuma buat foto dan upload.”

Aku setuju dengan pendapat beliau, tapi aku juga punya cara sendiri biar bisa liburan gratis seperti beliau. Caraku adalah dengan memperluas pertemanan. Dengan memperluas pertemanan, kita akan mempunyai kesempatan untuk mengeskplor tempat wisata daerah lain. Setiap daerah atau kota pasti memiliki tempat wisata yang berbeda satu sama lainnya, walaupun jenisnya sama. Satu hal yang kamu harus tahu tentang tempat wisata di Indonesia, yaitu selalu memberikan harga spesial untuk orang asli atau masyarakat yang tinggal di sekitar tempat wisata. Bahkan beberapa tempat wisata tidak akan meminta uang tiket atau apa pun untuk orang yang tinggal di daerah tersebut. Inilah yang aku manfaatkan dari pertemanan. Aku tidak hanya bisa liburan gratis, tapi aku juga bisa menjaga silaturrahmi dengan mereka. Menjaga silaturrahmi sama pentingnya dengan liburan lho. Ibarat pepatah; sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

SyaYumi TakigawaNoa dan teman

Sudah banyak tempat yang aku kunjungi, mulai dari danau, pantai, air terjun, gua, dan masih banyak lagi. Aku juga sudah tahu hampir semua rumah temanku, aku bahkan mengenal orang tua mereka. Inilah daftar tempat yang sudah pernah aku kunjungi bersama teman-temanku:

  • Colo, Gunung Muria
  • Rahtawu, Kudus
  • Menara, Kudus
  • Rowo, Pati
  • Jaten, Pati
  • Waduk Gembong, Pati
  • Pantai Kartini, Jepara
  • Pantai Bandengan, Jepara

Dan masih banyak lagi, aku lupa. Satu hal lagi, keuntungan cara liburan ala aku; liburan akan terasa sangat menyenangkan, karena kita bisa menghabiskan waktu bersama teman atau pun sahabat. Hal yang paling berharga dalam hidup ini bukanlah uang, melainkan waktu.

Jadi, apa kamu masih berpikir kalau liburan yang keren itu menghabiskan banyak uang? Tidak.

SyaYumi TakigawaNoa dan sahabat