Salsil: “Mungkin semua wanita suka menggunakan make up, tapi enggak semua wanita paham seni menggunakan make up.”

Hallo, Wovger…

Namaku Salsil Muchtar, aku suka banget sama hal-hal yang berbau seni seperti desain, make up dan menyanyi. Aku sekarang berdomisili di Sidoarjo, dan lahir di sana pula pada tanggal 22 September 1994. Kini, aku masih asik-asiknya untuk berkarya dan memegang teguh idealisme untuk menjadi pengusaha sukses. Hehehe.

Jadi selain kuliah, ceritanya, sekarang aku juga tengah menjadi make up artist freelance. Ya, dengan inilah aku berkarya, melalui make up. Make up yang aku maksudkan di sini bukan hanya beauty make up aja, tapi juga untuk wedding, party, fancy make up sampai make up effect.

Salsil Muchtar make up wedding

Awal mula tertarik dengan dunia make up karena aku dulu sekolah kejuruan. Aku bertemu seorang mentor, namanya Bu Hilda. Beliaulah orang yang menunjukkan di mana bakatku, lalu memotivasiku agar mau mencoba sesuatu baru melalui make up. Awalnya memang butuh adaptasi, tapi semakin hari, aku semakin merasa bahwa make up adalah hal yang menyenangkan dan udah jadi passion.

Dulu aku nggak hanya belajar di satu mentor aja, aku mempelajari ilmu tentang make up dari segala penjuru. Mulai dari perias senior, sampai dengan saat aku menangani klien. Pengalaman bersama klien adalah guru yang utama. Potensi menjadi make up artis waktu itu — hingga sekarang — menjadi peluang usaha yang diminati. Otomatis itu bisa jadi bahan belajar untukku menambah ilmu. Lihat aja Instagram atau tutorial make up di channel-channel Youtube itu, banyak kan?

Salsil Muchtar Make Up Artist

Mencari tempat belajar nggak harus di kelas atau sekolah, tapi dengan bantuan teknologi (sosial media), sehingga belajar apa pun jauh lebih mudah.

Prestasi yang pernah aku raih selama menekuni hobi make up ini Alhamdulillah memuaskan. Antara lain:

  • Juara 1 LKS bidang keahlian Beauty Teraphy tingkat Jatim
  • Juara 3 LKS bidang keahlian Beauty Teraphy tingkat Nasional
  • Juara 2 Make up Fancy Viva Cosmetics
  • Juara Best Fancy Make up Unesa 2016
  • Juara 1 Fancy Make up Kelompok Unesa 2016
  • Juara Best of the Best Fancy Make up Kelompok Unesa 2016

Kenapa memilih make up pada awalnya? Menurutku, make up itu adalah hobi yang sekaligus bisa jadi profesi. Begitu pula sebaliknya. Make up adalah pekerjaan yang membuatku nyaman tanpa ada beban. Mungkin semua wanita suka menggunakan make up, tapi nggak semua wanita paham seni ber-make up.

Orang yang paling menginspirasiku ada banyak banget, salah satunya adalah Omku sendiri yakni Om Anwar Gepeng. Beliau dulu juga seorang make up artist, tapi sekarang lebih ke make up effect. Dari beliau, aku dibimbing soal seni ber-make up. Aku juga belajar mengembangkannya sendiri melalui majalah-majalah kecantikan. Apalagi kalau udah terjun di make up artist, karena dunia make up akan terus berkembang. Maka dari itu bagi siapa pun yang ingin menekuni dunia make up harus pintar-pintar mengikuti trend. Kalau nggak sadar dan nggak mau belajar, sudah pasti akan jauh ketinggalan.

Ditambah lagi, modal awal untuk terjun di bidang make up artist itu nggak sedikit. Belum lagi kalau ikut kompetisi atau event tertentu — tergantung brand yang digunakan — sudah pasti harus mikirin juga budget busana dan modelnya. Wah, benar-benar harus berjuang dan emang harus passion dari hati kita sendiri.

Salsil Muchtar

Meski penuh perjuangan, alhamdulillah orangtua — terutama Mama — mendukung untuk kemajuan anak-anaknya, tapi tetap menekankan batasan-batasan yang harus dijaga. Mama juga sangat men-support penuh apa pun yang menjadi kesenangan anaknya, selama itu baik.

Sampai detik ini, sebenarnya aku merasa masih belum berada di zona expert. Aku juga nggak mau disebut make up artist yang udah profesional banget, karena memang masih ada banyak hal yang harus aku pelajari. Yang bisa aku lakukan sekarang adalah bersyukur dan mengambil hikmah bahwa: dengan memilih menggeluti bidang yang aku sukai ini, paling enggak, aku bisa bermanfaat bagi orang sekitar dengan caraku sendiri.

Mimpi dalam hidupku yang belum tercapai — mungkin salah satunya — ialah ingin membuka Galeri Sanggar Rias, sekaligus membuka tempat belajar make up untuk umum. Harapan lainnya, aku ingin bisa berkeliling dunia lewat bidang yang aku tekuni ini. Saling mendoakan ya, Wovger!

Salsil Muchtar make up pernikahan