6 Cara mendapat kost idaman dengan harga murah

Sumber Foto : kosttohjaya.wordpress.com

Saat memutuskan untuk menjadi anak rantau, tentu banyak hal harus dipikirkan. Mulai dari mengatasi rasa kangen dengan keluarga, menyiapkan uang saku untuk kebutuhan dan yang terpenting adalah mencari tempat tinggal sementara yang aman dan nyaman seperti kost-kostan.

Semua demi apa sih?

Tentu demi mendukung terealisasinya keinginanmu, entah itu kamu merantau demi mencari pekerjaan atau menjalankan study. Nah, berikut ada beberapa hal yang patutnya kamu perhatikan saat mencari tempat kost :

#1. Jangan mencari tempat kost dadakan, cobalah untuk mencari kost jauh-jauh hari.

kamar-kos

Foto : Rumah Sederhana

Niat merantau bukan berarti segalanya mendadak loh ya. Harus dipikir matang-matang, termasuk menyeleksi tempat kost. Cari tempat kost itu susah-susah gampang, nggak semua tempat kost itu nyaman dan cocok dengan apa yang kamu mau. Jadi nggak boleh terburu-buru, carilah jauh-jauh hari. Misalnya 2 sampai 3 bulan sebelum kamu pindah. Dengan waktu yang lumayan lama kamu bisa menjelajah ke berbagai tempat kostan. Pilih yang pas dihati, biar kamu nggak menyesal nantinya.

#2. Kalau terpaksa mepet gimana dong? Kamu bisa pilih kosan bulanan.

kost

Foto : Depanjul.com

Karena aktivitas sebelum pindah padat banget plus nggak punya kenalan di luar kota, terpaksa cari kosan H-1 atau pas hari H. Wah gimana dong?.

Jika terpaksa demikian, maka langkah yang bisa kamu ambil adalah cari kostan bulanan atau per 3 bulan. Jangan nekat ambil yang tahunan. Tujuannya apa? Supaya tidak terlalu merugikanmu jika ternyata kostan yang kamu pilih nggak pas di hati, tidak sesuai dengan ekspektasimu nanti. Kamu juga bisa pindah sewaktu-waktu.

Cari Info Kost Murah di kota lainnya, Klik Disini!

#3. Jika ingin menghemat pengeluaran, memilih kost “kosongan” bisa jadi pilihan.

kamar-kosong

Foto : Rumah-Harapan.com

Kamu yang menginginkan kost dengan harga miring, lebih baik mencari kost yang “kosongan.” Maksudnya kostan yang tidak menyediakan fasilitas tertentu di dalam kamar. Misalnya saja seperti lemari, kasur, atau tv misalnya. Jadi kamu harus bawa sendiri.

Dengan kost yang kosongan seperti itu, dijamin harganya akan lebih miring jika dibandingkan dengan kost yang menyediakan banyak “fasilitas” di dalam kamarnya.

#4. Jika membawa kendaraan bermotor, carilah lokasi kostan yang sedikit jauh.

anak-kuliah-naik-motor

Foto : bakulkangkungjpr1.com

Ceritanya, biar kamu nggak kerepotan dalam hal trasportasi, sama orang rumah disuruh bawa motor. It’s oke, gaes itu malah lebih baik. Kamu bisa cari kostan yang sedikit jauh dari tempat kamu kuliah atau kerja. Misalnya di pinggiran kota.

Mencari tempat kost yang lumayan jauh nggak bikin fasilitas berkurang kok, kamu bisa dapatkan fasilitas yang sama, nyaman dan aman bahkan harganya jauh lebih murah dibanding yang dekat dengan tempat kerja atau kuliah. Jangan lupa juga untuk mencari kostan yang ada garasinya, agar kamu nggak kerepotan cari tempat parkir.

Promosikan Kostmu disini, GRATIS!

#5. Agar lebih hemat lagi, kamu bisa ngekost berdua dengan teman.

ngekos-berdua

Foto : Malesbanget.com

Jika sewa satu kamar kost dirasa lebih mahal dan terlalu luas untuk ditempati sendiri, ngekostlah berdua. Dengan tinggal berdua, uang sewa jadi terasa lebih murah. Selain itu kamu jadi punya teman ngobrol dikala sendiri. Biaya hidup juga bisa ditanggung berdua, misalnya kamu bisa patungan untuk beli galon air atau masak nasi bersama.

#6. Agar semakin mudah kamu mencari kosan idaman dan harganya bersahabat dengan kantong, wajib banget jika kamu menggunakan aplikasi Mamikos.

mamikos

Foto : Cah Yogya

Mencari kost yang sesuai harapan memang gampang-gampang susah. Terkadang ada kost yang terlihat pas dan nyaman, tapi harganya mahal. Atau harganya murah, tapi tampak nggak sesuai yang diharapkan.

Nah, agar kamu semakin mudah dalam mencari kost yang kamu harapkan, lebih baik gunakan saja layanan dari aplikasi pencari kos Mamikos, layanan penyedia informasi kost di website dan aplikasi. Dengan menggunakan Mamikos, kamu tidak akan lagi kesulitan untuk mencari kost yang sesuai kamu inginkan. Terlebih lagi layanan Mamikos menyediakan lebih dari 50.000 data kostan di Indonesia yang tersedia di beberapa kota besar, antara lain Jakarta, Depok, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya.

Jadi, buat kamu yang hendak mencari kost dengan mudah dan nggak ribet, gunakan layanan website atau aplikasi Mamikos yang bisa kamu download melalui Google Playstore.

Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang hendak mencari kost murah dengan mudah. Semoga bermanfaat 🙂