5 Manfaat cuci tangan yang sebaiknya perlu kamu ketahui

mencuci-tangan Sumber Foto : adiskaputri.com

Menjaga kebersihan adalah salah satu kunci kesehatan tubuh kita. Mulai dari hal-hal kecil seperti membersihkan kamar, mandi dua kali sehari, hingga yang paling sepele yaitu mencuci tangan.

Kegiatan cuci tangan sering dianggap sebagai kegiatan sepele yang tidak penting. Padahal cuci tangan itu harus dilakukan untuk kesehatan diri.

Dari jari-jemari inilah kemungkinan untuk tertular penyakit sangat besar. Karena hampir semua kontak fisik yang kamu lakukan sehari-hari kebanyakan menggunakan jemari tangan. Entah itu memegang benda-benda dan makanan.

Nah, agar kamu semakin sadar dengan pentingnya cuci tangan dalam hidup kita, berikut 5 manfaat dari cuci tangan yang harus kamu tahu :

#1. Mengurangi resiko diare dan sakit perut.

diare

Foto : jellygamatqncasli.com

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang rawan dimasuki kuman. Bisa dibilang, tangan ini adalah jembatan yang memberi jalan kuman untuk masuk ke mulut, hidung dan anggota tubuh lain dengan mudah. Kuman itu banyak macamnya, mulai dari kuman penyebab sakit perut hingga diare. Nah, dengan cuci tangan kamu bisa mengurangi masuknya kuman-kuman tadi

#2. Menghilangkan kuman dan bakteri.

kuman

Foto : sainsgen.blogspot.co.id

Fungsi cuci tangan banyak banget loh. Selain bisa mengurangi resiko sakit perut atau diare, kegiatan tersebut juga bisa menghilangkan kuman dan bakteri.

Dan sebaik-baiknya cuci tangan adalah mencuci dengan menggunakan sabun. Kadang kita merasa malas dan cuma membilas tangan dengan air. Padahal air saja nggak cukup, karena kuman masih menempel di sela-sela jari. Menggunakan sabun yang memiliki zat anti bakteri tentu bisa membunuh kuman lebih baik daripada air biasa.

#3. Mencegah infeksi mata.

anak-kecil

Foto : ibupedia.com

Apa hubungannya cuci tangan dan mata? Tentu ada hubungannya.

Secara sadar atau nggak kamu pasti pernah usap-usap mata. Iya kan?

Nah, penyebaran bakteri akan sangat mudah ketika kamu usap-usap mata dan mengakibatkan infeksi mata seperti trachoma. Kalau setelah diusap dan mata jadi merah, mungkin itu gejala yang diakibatkan karena kuma yang menempel di tangan yang kotor.

Cuci tangan terbukti efektif sekali buat mencegah mata merah terutama untuk orang yang menggunakan lensa kontak. Makanya, ayo rajin cuci tangan pakai sabun ya.

#4. Mencegah infeksi saluran pernafasan.

flu

Foto : Mercusuarnews.com

Tau kah kamu?

Virus patogen yang jadi penyebab utama seseorang mengalami Infeksi Saluran Pernafasan Akut alias ISPA, ternyata paling banyak ditemukan pada jari dan telapak tangan.

Kita sering mengira hanya dengan menggunakan masker atau tisu, virus tersebut nggak akan mudah masuk. Tapi gimana jadinya kalau nggak ada masker sama tisu? Mau pake tangan? Justru patogen kan banyak ditemukan di tangan.

Nah, solusinya cuci tangan sampai bersih bisa menurunkan resiko sakit pernafasan. ITU!

#5. Mencegah penularan penyakit.

bersin

Foto : Kabarikami.com

Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah berjabat tangan dengan orang yang sedang sakit. Nah, kalau Ibumu menyuruh langsung cuci tangan setelah menjenguk orang sakit, kamu dianjurkan untuk segera melakukannya. Jangan lupa pakai sabun. Kamu nggak mau kan jadi ikutan sakit?

***

Ketika kamu sudah sadar bahwa cuci tangan itu penting, kamu juga berhak loh mengingatkan orang-orang tersayang pentingnya mencuci tangan. Misalnya saja dengan ikut BerbagiTanganSehat dan menyehatkan anak-anak Indonesia bersama Lifebuoy di Hari Mencuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day.

Wah, manfaat yang kamu dapat nggak sekadar untuk kesehatan diri sendiri, tapi juga bisa membantu mengedukasi anak-anak di seluruh Indonesia tentang pentingnya cuci tangan dengan sabun.

Kamu bisa meramaikan kampanye sehat ini melalui sosial media loh. Caranya mudah, tinggal posting di media sosial kamu dengan hashtag #BerbagiTanganSehat. Setiap unggahan post, Lifebuoy akan mengajari 5 anak di Indonesia untuk hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun.

Yuk ramaikan kampanye sehat ini melalui Facebook untuk menjadi bagian dari gerakan#BerbagiTanganSehat tahun ini. Mari ramaikan bersama keluarga, sahabat ataupun pasanganmu ya!