Wajib kamu tahu berikut langkah-langkah yang tepat mencuci tangan agar kamu terbebas dari kuman

Washing hands Sumber Foto : excite.co.id

Kegiatan cuci tangan memang mudah, tinggal pakai sabun, usap-usap, kemudian dibilas. Tapi sayangnya cara tersebut ternyata dianggap kurang ampuh untuk melawan kuman di tangan.

Menurut WHO atau World Health Organization, cuci tangan memiliki prosedur tersendiri untuk membunuh kuman penyebab penyakit.

Selain itu, cuci tangan harus menggunakan sabun. Dengan mencuci tangan menggunakan sabun yang tepat, baik sebelum makan atau setelah melakukan pekerjaan tentu akan menjauhkan diri dari kuman dan mencegah penyebaran penyakit yang menempel di tangan.

Lantas bagaimana cara mencuci tangan yang tepat? Terdapat 7 langkah tata cara mencuci tangan yang harus kamu tau:

#1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir. Ambil sabun lalu usap dan gosok kedua telapak tangan.

1

#2. Setelah itu, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.

2

#3. Gosok sela-sela jari hingga bersih.

3

#4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan kedua tangan.

4

#5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

5

#6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan untuk membersihkan kuku.

6

#7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan handuk atau tisu.

7

Akan lebih baik kalau kamu cuci tangan menggunakan sabun khusus cuci tangan. Hal ini sangat disarankan untuk kebersihan tangan secara maksimal. Sebab, sabun cuci tangan memiliki cairan anti kuman yang berbeda dengan sabun biasa.

Sekarang kamu udah tau nih gimana cara mencuci tangan dengan benar. Tentu akan lebih baik lagi kalau kesadaran akan kegiatan menjaga kesehatan ini juga kamu gemakan dengan ikut mendukung kampanye Hari Mencuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day bersama Lifebuoy. Menjaga kebersihan tangan nggak cuma untuk dirimu aja, tapi juga untuk untuk menyehatkan anak-anak Indonesia.

Caranya mudah, kamu hanya butuh posting di media sosial kamu dengan menggunakan #Berbagitangansehat. Untuk setiap post, Lifebuoy akan mengajari 5 anak di Indonesia untuk hidup sehat dengan cuci tangan pakai sabun.

Yuk ramaikan kampanye sehat ini melalui Facebook dan ikut #BerbagiTanganSehat tahun ini! Ajak keluarga, sahabat atau pasanganmu kamu ya.