Agar tidurmu berkualitas, 7 ritual ini harus kamu lakukan

tidur berkualitas Sumber Foto : hswstatic.co

Memiliki tidur yang cukup, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain untuk memenuhi energi, tidur di malam hari dapat membuatmu merasa lebih baik termasuk menjaga mood dan mencegah mata panda di pagi hari.

Berdasarkan penelitian, waktu ideal untuk tidur di malam hari antara 6-8 jam sehari untuk mencapai kualitas tidur yang baik. Terdapat hormon-hormon tertentu yang hanya bisa bekerja di malam hari ketika kamu tidur, terutama hormon pertumbuhan atau HGH.

Jadi, Wovgo bersama Pepsodent Sensitive Expert ingin kasih tahu kamu, kalau ada baiknya kamu melakukan 7 ritual ini sebelum tidur, agar tidurmu lebih berkualitas.

#1. Melepas segala aksesoris pada tubuh

Melepas segala aksesoris pada tubuh

Foto : Huffingtonpost.com

Sebelum tidur hal pertama harus disiapkan adalah letakkan/lepas segala yang menempel pada tubuhmu. Entah itu kalung, gelang, make up, juga aksesoris.

Tidur tanpa menenteng aksesoris pada tubuh membuat tidurmu lebih bebas. Nggak ada ganjalan apapun saat tidur yang bisa membuat kulit iritasi. Tidur jadi lebih rileks.

#2. Menjauhkan smartphone dari kamu

Menjauhkan smartphone dari kamu

Foto : thefarmtable.com.au

Kebiasaan pegang smartphone ke mana aja bisa menjalar sampai kamar tidur. Aktivitas mainan HP seakan hal yang wajib, bahkan kita sering kali curi-curi waktu untuk sekadar update status ‘izin mau bobok’ dulu.

Padahal mainan smartphone di malam hari justru bikin kamu nggak tidur-tidur. Bagaimana kamu mendapat kualitas tidur yang maksimal kalau nggak segera menjauhkan smartphone dari genggamanmu? Sebaiknya segera matikan dan langsung tidur pada waktunya deh.

#3. Membersihkan tempat tidur dan memasang alarm

Membersihkan tempat tidur dan memasang alarm

Foto : Wallpapertvs.com

Membersihkan tempat tidur dan memasang alarm adalah ritual yang bisa kamu lakukan demi mencapai kualitas tidur yang baik. Tidur akan terasa nyaman ketika sekelilingmu bersih dan rapi untuk ditiduri.

Fungsi alarm juga bisa membantumu mengingatkan batas tidur secara tepat waktu. Jadi waktu bangun bisa lebih fresh, nggak kelebihan atau kekurangan waktu tidur.

#4. Membersihkan wajah, cuci tangan, dan kaki serta gosok gigi

Membersihkan wajah, cuci tangan, dan kaki serta gosok gigi

Foto : meetdoctor.com

Sebelum tidur ada baiknya mampir dulu ke toilet, mengeluarkan dan membersihkan apa-apa yang harus dikeluarkan dalam perut. Misalnya buang air kecil, karena akan sangat nggak nyaman di tengah malam kamu harus ke toilet karena kebelet.

Selain itu, pastikan juga untuk cuci muka, tangan dan kaki, serta menggosok gigi. Kebersihan mulut paling penting dijaga sebelum tidur, terutama untuk penderita gigi sensitif alias #gigibaper, gigi yang ‘disenggol’ dikit aja sudah ngilu. Untuk itu kamu perlu Pepsodent Sensitive Expert.

Pepsodent Sensitive Expert mampu mengatasi gigi sensitif hingga keakarnya. Sehingga kamu nggak perlu khawatir kalau rasa ngilu datang ketika kamu tertidur.

Nggak cuma itu, Pepsodent Sensitive Expert yang bisa kamu peroleh secara gratis di sini, juga mampu menghilangkan rasa ngilu dalam waktu 30 detik dan memberikan perlindungan lebih lama. So, tidur berkualitas nggak akan terganggu dengan gigi ngilu, berkat Pepsodent Sensitive Expert.

#5. Minum air putih

 

Minum air putih

Disehat.com

Sewaktu kita tidur, cairan dalam tubuh mudah menguap dan menyebabkan dehidrasi. Agar mencegah tubuh dari dehidrasi, ada baiknya sebelum tidur minum segelas air untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh selama semalam suntuk.

Dan yang terpenting, kamu juga bisa menyediakan air minum di sebelah tempat tidurmu untuk diminum di pagi hari.

#6. Mengubah penerangan seminimal mungkin

Mengubah penerangan seminimal mungkin

Foto : Satujam.com

Untuk menjaga kualitas tidur, lampu tidur juga berpengaruh loh bagi tubuh. Beberapa bagian tubuh ternyata sangat peka terhadap cahaya di saat kita tidur. Oleh karena itu, mengubah penerangan lampu dari yang terang menjadi redup bisa membuat tidurmu semakin pulas.

#7. Berdoa

berdoa

Foto : lds.org

Meski terdengar klise, tapi berdoa sebelum tidur adalah hal wajib yang dilakukan sebelum tidur. Setelah kita melakukan banyak aktivitas, mempersiapkan ritual menjelang tidur, ada doa terselip yang wajib kita panjatkan supaya mood menjadi tenang dan menunjukkan rasa syukur untuk menutup hari. Tidurpun jadi terasa damai dan nyenyak.

***

Nah itu dia secuil tips dari Pepsodent Sensitive Expert untuk kamu yang ingin mendapatkan tidur berkualitas. Untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi kamu, kunjungi laman Pepsodent Sensitive Expert.

Semoga bermanfaat 😉