Hati sih boleh sensi, tapi gigi jangan. 7 Hal yang harus kamu perhatikan untuk merawat gigi sensitif

sakit gigi Sumber Foto : netdoctor.co.uk

Gigi sensitif sering kali menjadi “musuh terbesar”, sehingga kamu jadi lebih selektif dalam memilih pasangan, eh bukan, makanan … Terutama minuman dingin atau ice cream.

Menghindari makanan panas atau minuman dingin akhirnya menjadi salah satu usaha untuk mencegah rasa ngilu pada gigi yang tak tertahankan. Sama halnya menghindari gebetan yang nggak serius guna mencegah sakit hati di kemudian hari.

Hmmm, tapi kita nggak akan bahas gebetan yang sudah bikin sakit hati. Wovgo bersama Pepsodent Sensitif Expert ingin kasih tahu kamu, kalau gigi sensitif alias #gigibaper masih bisa dicegah dengan beberapa perawatan. Memang sih perlu lebih rajin untuk merawatnya. Tapi perawatan ini juga nggak ribet dan bisa jadi solusi terbaik untuk gigimu. Mari kita simak …

#1. Selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut, dengan menyikat gigi dua kali sehari: pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

gosok gigi

Foto : babarusyda.blogspot.co.id

Pada dasarnya cara merawat gigi tidaklah sulit, manusianya aja yang terkadang malas membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. Anjuran dokter gigi kerap kali kita dengar yakni sikatlah gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Cara itu sudah tidak bisa ditawar. Buat kamu yang mengalami gigi sensitif, anjuran ini memang perlu kamu terapkan. Lawan rasa malasmu dengan menggosok gigi dua kali sehari.

#2. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif dua kali sehari secara teratur.

pepsodent sensitive expert

Foto : YouTube

Berbeda dengan gigi normal, orang yang giginya sensitif butuh perawatan khusus termasuk memilih pasta gigi untuk gigi sensitif. Sama seperti orang yang sedang sakit hati, dia perlu perlakuan khusus… Tssssaahhhh…

Untuk menangani gigi sensitif alias #gigibaper, kamu bisa menggunakan Pepsodent Sensitive Expert.

Pepsodent Sensitive Expert nggak hanya mengatasi ngilu, tapi juga mengatasi gigi sensitif hingga ke akarnya. Jadi kamu nggak perlu khawatir kalau rasa ngilu datang kembali.

Nggak cuma itu, Pepsodent Sensitive Expert juga mampu menghilangkan rasa ngilu dalam waktu 30 detik dan memberikan perlindungan lebih lama. Untuk acara makan-makan dadakan, kamu pun akan makin percaya diri.

Oh ya gaes, kalau mau mencoba Pepsodent Sensitive Expert secara gratis, kamu bisa memperolehnya di sini!

#3. Tidak melakukan penyikatan gigi dengan tekanan yang terlalu kuat.

sikat gigi terlalu kuat

Foto : merahputih.com

Selain menggunakan Pepsodent Sensitive Expert, kamu bisa mengurangi tekanan saat menggosok gigi. Sebab tekanan terlalu kuat ketika menggosok gigi dapat meningkatkan rasa ngilu gigi ketika bersentuhan dengan makanan. Gerakan yang bisa kamu lakukan adalah menggosok dari gusi ke gigi untuk gigi bagian depan, gerakan memutar untuk gigi bagian luar belakang, gerakan maju mundur untuk permukaan kunyah gigi, dan gerakan mencungkil untuk bagian dalam gigi.

#4. Menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.

sikat gigi

Foto : Klinikjoydental.com

Tahu kah kamu, sikat dengan bulu yang lembut bisa bikin perasaan lebih nyaman… Ehhh bukan, dengan bulu sikat yang lembut, bisa mengurangi frekuensi ngilu pada gigi. Hal ini dikarenakan cara menggosok gigi yang salah bisa menyakiti gigi itu sendiri. Sehingga tak jarang orang yang menyikat gigi dengan cara yang tidak benar berakhir pada rasa nyeri setelah menggosok giginya. Oleh karena itu pemilihan bulu sikat yang lembut bisa menjadi solusi cerdas untuk penderita gigi sensitif, seperti sikat gigi Pepsodent Double Care Sensitive.

#5. Mengurangi konsumsi makanan/minuman yang banyak mengandung asam.

kopi

Foto : Okezone.com

Jika kamu menderita gigi sensitive, ada baiknya kamu mulai memperhatikan makanan dan minuman yang kamu makan. Ehhmm.. Mungkin 11/12 dengan orang yang sakit hati dan tidak bisa move on, membatasi dirinya untuk mengenal orang-orang baik baru lainnya. Beuuuhh…

Nggak cuma makanan atau minuman panas dan dingin, tapi juga makanan atau minuman yang banyak mengandung asam. Misalnya berlebihan mengonsumsi buah jeruk, kopi, minuman bersoda, acar, yogurt, dan banyak lagi. So, kalau gigi sensitifmu nggak mau kambuh, segera kurangi makanan yang mengandung banyak asam dan pastikan kamu minum air putih setelahnya untuk menetralkan kandungan asam dalam mulutmu.

#6. Hindari kebiasaan menggertak-gertakkan gigi saat sedang diam dan tidur.

menggertakkan gigi

Foto : listerine.co.id

Kebiasaan menggigiti benda saat waktu senggang bahkan menggertakan gigi secara nggak sadar saat tidur, ternyata berpengaruh untuk kesehatan gigi terutama gigi sensitif. Kebiasaan ini perlahan-lahan dapat menyebabkan pengikisan lapisan email pada gigi hingga membuat dentin gigi menjadi terbuka. Jadi gigi dapat dengan mudah terserang ngilu.

#7. Berkunjunglah ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksakan kondisi gigi kamu, serta berkonsultasi mengenai masalah yang ada pada gigi.

dokter gigi

Foto : dharmadentalclinic.com

Selain merawat gigi seperti yang telah dianjurkan pada poin–poin di atas, kamu bisa mengetahui dengan mudah status kesehatan gigi dan mulut, serta berkonsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Kamu juga bisa mengunjungi Pepsodent Dental Expert Center di Gandaria City untuk melakukan pemeriksaan gigi secara gratis. Dengan begitu, kamu bisa memantau perkembangan status gigi sensitifmu dan bisa menentukan tindakan perawatan lanjutannya seperti apa.

***

Nah, itu dia beberapa tips dari Pepsodent Sensitive Expert untuk menangani masalah gigi sensitif alias #gigibaper. Btw, kok bisa #gigibaper ya? Hmmm mungkin memang 11/12 dengan orang yang sedang sakit hati, ‘senggol’ dikit langsung nyolot… Hehehe …Dan kalau kamu mau tahu apakah gigimu #baper atau tidak, coba cek di sini ya.

Semoga bermanfaat