10 tempat wisata menarik di Cairns yang harus kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup

cairns australia Sumber Foto : Instagram @ingunnjohanse

Membahas soal travelling memang nggak ada matinya. Nggak hanya di dalam negeri aja, tapi juga luar negeri seperti keliling Australia. Berbagai referensi bisa kamu dapatkan, misalnya tentang 7 Hotel murah untuk kamu pengantin baru yang ingin liburan ke Perth untuk bulan madu atau 7 spot keren di Adelaide ini wajib kamu kunjungi.

Gimana? Sayang banget untuk dilewatkan bukan? Kalaupun nggak cukup waktunya untuk keliling Australia, pilih salah satu tempat tujuan yang worth it untuk kamu kunjungi. Misalnya ke Cairns.

Yup, Wovgo bersama Wego akan merekomendasikan 10 tempat wisata menarik di Cairns yang wajib kamu kunjungi. Ya, minimal seumur hidup sekali lah…

#1. Mengunjungi Great Barrier Reef yang terkenal.

great barrier reef

Foto ; Instagram @leohuang18

Jangan tanya berapa budget yang harus kamu keluarkan untuk berlibur ke luar negeri. Meski akan merogoh isi tabunganmu untuk berlibur, tapi nggak ada salahnya loh memanjakan diri sekali seumur hidup. Misalnya, kamu harus coba pengalaman baru seperti mengunjungi Great Barrier Reef di Cairns.

Di sana kamu akan disuguhi pemandangan kedalaman laut yang eksotis. snorkeling, menyelam scuba bersama penyu, bahkan bisa berwisata naik helikopter dan melihat sendiri betapa besar terumbu karang yang ada di sana. Tertarik?

#2. Bersatu dengan alam di Daintree Rainforest.

daintree rainforest

Foto : Instagram @nilsbongaers

Hutan hujan Daintree ini merupakan bagian dari warisan dunia. Gimana enggak? Hutan ini merupakan hutan hujan dengan dataran rendah tertua di Bumi, dengan usia sekitar 135 juta tahun.

Akses menuju ke sana, cuma memakan waktu dua jam perjalanan menggunakan mobil dari pusat kota Cairns. Sesampainya di hutan kamu bisa melihat secara LIVE, binatang langka kanguru, kadal hutan hujan, hingga kupu-kupu beraneka warna.

Nggak perlu khawatir penginapan, yang namanya traveling juga perlu sesekali dalam hidup merasakan berkemah di hutan atau menginap di eco-lodge yang berada di sekitar hutan ini.

#3. Berkunjung ke Cape Tribulation yang unik

cape tribulation

Foto ; Instagram @theresa_rhd

Satu wilayah dengan hutan hujan Daintree, Cape Tribulation adalah satu-satunya tempat di dunia, di mana kamu dapat melangkah keluar dari hutan hujan yang rimbun dan langsung ke pantai!

Tempat cantik ini menawarkan pengunjung sejumlah pilihan akomodasi, dari resort, hostel dan tempat berkemah. Jadi bisa dijangkau oleh semua orang. Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan di Cape Tribulation, salah satunya adalah menghabiskan hari dengan berkunjung ke peternakan lokal dan pasar untuk mencicipi buah-buahan tropis. Atau kamu bisa menjelajah ke pulau-pulau terdekat. Sayang banget deh, kalau nggak nyempetin ke sini.

#4. Menikmati sunset di Fitzroy Island.

fitzroy island

Instagram @trent_ganley

Plis deh, sehari aja dalam hidupmu lakukan perjalanan ke Fitzroy Island, karena letaknya hanya 29 kilometer ke tenggara Cairns. Kamu bisa menaiki feri berkecepatan tinggi, dengan jadwal yang udah ditentukan, agar pengunjung dapat menghabiskan waktu siang di sana dan kembali ke kota untuk makan malam.

Menjelajah atau naik kayak untuk menyaksikan pulau-pulau alami seperti Great Barrier Reef, menjadi kesempatan yang wajibnya kamu coba saat menghabiskan waktu di pulau ini. Di Fitzroy, kamu juga bisa snorkeling atau hanya sekedar main air di pantai. Dan ketika sore hari tiba, pemandangan sunset dari pulau ini begitu aduhai…

#5. Hutan, pantai, dan buaya di Green Island.

green island

Foto : Instagram @henriee

Green Island adalah salah satu pulau unik dan terbaik yang ada di Great Barrier Reef. Kamu bisa mencoba berbagai kegiatan, mulai dari berjalan melalui hutan hujan tropis yang lebat, bersantai di bawah sinar matahari di pantai yang menakjubkan, scuba diving, snorkeling dan kegiatan air lainnya. Pulau ini seperti memiliki segalanya.

Coba deh sekali seumur hidup, lakukan pengalaman penuh kemewahaan dengan menginap di Green Island Resort. Di sana sangat memungkinkan untuk menelusuri toko-toko butik, berenang di kolam renang dan menikmati makanan di lingkungan yang indah.

Atau mau yang sedikit ekstrem, berkunjunglah ke Marineland Melanesia, tempat Marineland Croc Park. Sesuai namanya, di sini kamu bisa bertemu dengan buaya, terutama sang Cassius, yang disebut sebagai buaya terbesar yang pernah ditangkap di Australia!

#6. Menembus gunung dengan kereta Kuranda.

kuranda

Foto : Instagram @urarasakakibara

Kuranda ini merupakan kereta bersejarah yang fungsinya juga bisa sebagai wisata. Selama sekitar dua jam menaiki Kuranda Scenic Railway, kamu akan diajak menembus pegunungan berbatu Taman Nasional Barron Gorge, melewati beberapa air terjun indah, melintasi 40 jembatan yang menyeberangi jurang dan melewati 15 terowongan.

Duh, pokoknya asik banget deh. Kalau bukan sekarang, kapan lagi coba? Iya nggak?

#7. Bungee jumping tercepat di dunia!

bungee jumping

Foto : Instagram @nadine_cst

Ketika hidupmu lempeng-lempeng aja, coba deh sekali seumur hidup melakukan bungee jumping di Cairns. Terletak hanya 20 menit arah utara dari Cairns, menara hutan hujan bungy yang dibangun pada tahun 1990 masih berdiri kokoh di sana. Tempat tersebut adalah tower bungy yang pertama dibangun di dunia.

Nggak usah sungkan-sungkan, di lokasi itu kamu dapat memilih 16 gaya melompat yang berbeda. Salah satu tempat yang dicoba tentu saja Minjin Jungle Swing, yakni ayunan setinggi 45 meter yang diklaim memiliki daya ayun tercepat di dunia! Kecepatan ayunan ini diperkirakan mencapai 120 km/jam. Setelah main ayunan ini, dijamin deh kamu nggak akan pernah melihat ayunan dengan pengalaman yang sama.

#8. White water rafting di sungai Tully and Barron.

barron river

Foto : Instagram @kaitlynmcdonald1

Masih di aktivitas ekstrem, kali ini ada rafting di sungai Tully and Barron. Arum jeram terbaik yang ada di sini gaes. Lakukan juga terjun payung tandem dan rasakan arus adrenalin sambil menikmati pemandangan Great Barrier Reef dari ketinggian.

Selain itu, aktivitas lain yang terdapat di wilayah ini di antaranya quad biking, menunggang kuda, dan hang-gliding yang pastinya akan membuat jantung tetap berdebar kencang.

#9. Botanical Gardens.

Botanical Gardens Cairns Australia

Foto : Cairnslife.files.wordpress.com

Sebut saja Cairns Botanic Gardens atau juga dikenal sebagai Flecker Botanic Gardens. Taman ini didirikan kembali pada tahun 1886, yang terletak hanya lima kilometer dari pusat Cairns. Flecker Gardens menawarkan kenikmatan tanaman tropis lokal dan tumbuhan eksotis langka yang sangat jarang ditemui, termasuk spesies palem, anggrek, bambu, jahe, tanaman merambat, aroids dan pohon buah-buahan tropis.

Temukan Amorphophallus titanum , bunga yang dapat tumbuh hingga 70 kg dengan tunggal daun mencapai hampir tujuh meter. Di sebelahnya ada Nepenthes karnivora, tanaman pitcher yang dapat memikat mangsa tanpa curiga dengan nektar manisnya. Selain wisata edukasi tentang tumbuhan langka, tempat ini juga cocok digunakan untuk spot foto-foto, untuk kamu yang suka foto-foto demi mempercantik galeri Instagram.

#10. Menikmati pemandangan dari atas balon udara.

cairns baloon

Foto : Instagram @meabhdeeny

Kebanyakan orang nggak tahu kalau Tropical North Queensland adalah ibu kota ballooning dunia! Seumur hidup sekali pastikan kamu pernah mencoba naik balon udara di sini. Pemandangan dari atas balon bener-bener ciamik. Nggak cuma kelihatan pemandangan rumah dan banyak pohon, kadang kala kamu juga bisa menemukan satwa-satwa liar yang berlarian dari atas balon.

Pokoknya agendakan waktu untuk ke Cairns deh! Pastikan juga untuk mempercayakan semua perencanaan liburan kepada Wego. Kamu nggak hanya bisa mendapatkan daftar harga hotel, tapi juga harga tiket pesawat sesuai budget yang kamu miliki.

Ah, kali ini sepertinya bukan soal budget tapi soal pengalaman baru sekali seumur hidup untuk kamu yang terlalu sibuk dengan kerjaan. So, kalau nggak sekarang kapan lagi bisa ke Cairns!

Segera berkemas dan selamat berlibur!