Jangan cuma wajah aja yang dirawat, gigi juga. Berikut 6 cara merawat dan menjaga gigi agar tetap sehat

gigi sehat Sumber Foto : natures-health-foods.com

Yup, seperti judulnya, jangan cuma wajah aja yang dirawat tapi gigi juga dong. Karena kesehatan gigi, gusi dan mulut adalah gerbang awal kesehatan tubuh. Kita sering kali menyepelekan masalah ini hanya karena malas untuk menyikat gigi. Anehnya, bisa jadi, banyak di antara kita nggak malas kalau disuruh pergi ke salon. Hingga akhirnya penyakit datang bersama penyesalan.

Gangguan yang terjadi pada gigi dapat muncul karena kita nggak menjaga kesehatan gigi dengan benar, sehingga banyak kuman dan bakteri yang menempel dan menyebabkan gangguan pada gigi.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi? Simpel kok gaes! Tinggal melakukan 6 kegiatan ini secara rutin, maka gigimu terbebas dari masalah.

#1. Perhatikan makanan yang kamu makan

strawberry

Foto ; h-cdn.co

Beberapa makanan diklaim dapat meninggalkan noda di gigi. Beberapa makanan juga dituduh menjadi penyebab gigi berlubang bahkan gigi kuning. Tapi ada juga makanan yang dipercaya dapat memutihkan gigi secara alami seperti apel dan strawberry.

Nah, karena kamu udah tau beberapa makanan memang dapat membersihkan bahkan merusak gigi, cobalah lebih selektif dalam memilihnya. Misalnya, yang doyan teh atau kopi bisa membersihkan gigi dengan memakan buah apel atau strawberry. Selain sehat untuk gigi, mengkonsumsi buah apel juga baik untuk kulit wajah kamu lho.

Selain mengkonsumsi apel atau strawberry, kamu juga bisa mengurangi jumlah konsumsi permen dan makanan manis biar nggak menimbulkan gigi berlubang.

Simpel kan?

#2. Atur kadar keasaman

kopi

Foto : Okezone.com

Makanan yang mengandung kadar keasaman seperti cokelat, alkohol, teh, soda, kopi, bawang merah atau putih, produk susu, tomat, mint, jeruk, serta makanan pedas dan berlemak, ternyata bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita. Semakin makanan tersebut asam, semakin tidak baik buat kesehatan gigi.

#3. Flossing-lah sebelum menyikat gigi

flossing

Foto : lakeoswegobraces.com

Apa sih flossing itu?

Flossing adalah cara membersihkan sela gigi menggunakan benang. Dengan flossing kamu bisa mengeluarkan sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi. Cara ini dapat membantu penyikatan gigi secara maksimal. Jadi, ketika melakukan sikat gigi setelah flossing, gigi akan tampak lebih bersih.

#4. Sikat gigi teratur setiap hari dengan pasta gigi

pepsodent deep clean

Seperti halnya kamu merawat atau membersihkan wajah, rutinlah juga untuk menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari ! Ajakan ini memang klise, tapi kamu memang harus memberi perhatian khusus untuk gigimu. Menyikat gigi juga wajib menggunakan pasta gigi. Untuk pasta gigi yang recommended, kamu bisa baca artikel berikut ini.

Nggak cuma untuk pasta gigi aja, pemilihan sikat gigi juga turut andil loh gaes. Pilihlah sikat gigi yang dirancang dengan bulu sikat yang nyaman dan leher sikat yang lentur untuk mulut kamu, seperti Pepsodent Deep Clean.

Kontur leher 3 sudut Pepsodent Deep Clean, mampu membantu menjangkau dan membersihkan sampai ke bagian terbelakang gigi. Bulu sikat berbentuk V-Bristles mampu membersihkan sela-sela gigi secara menyeluruh. Ditambah dengan karet pembersih lidah, untuk membersihkan lidah dan memberikan napas segar.

#5. Ganti sikat gigi secara rutin

pepsodent deep clean

Foto : Tweensagara.blogspot.co.id

Gigi tampak lebih sehat kalau peralatannya juga dijaga kebersihannya. Ada baiknya kamu rutin mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali. Dengan mengganti sikat gigi secara teratur akan membantu menghindari kuman yang mungkin bersarang di bulu sikat.

Jangan mengedepankan prinsip, menggunakan sikat gigi sampai benar-benar rusak loh gaes. Spons bedak aja harus sering diganti, masa sikat gigi penuh kuman tetap dipakai. Iya nggak?

#6. Jangan takut ke dokter gigi atau rajin cek kesehatan gigi ke dokter.

dokter gigi

Foto : doktergigijakarta.org

Sebagian orang akan merasa takut dan mendadak ngilu kalau mendengar dokter gigi. Di pikiran udah terpampang nyata berbagai peralatan menyeramkan di ruang dokter. Padahal berkunjung untuk cek kesehatan gigi ke dokter itu penting banget loh.

Dari pada udah telanjur sakit dan makin sakit di bawa ke dokter, mending diperiksa sejak awal agar nggak terjadi hal hal yang nggak diinginkan. Jangan malu juga untuk konsultasi keluhanmu pada dokter biar si dokter bisa membantu meringankan rasa sakitmu.

Nah itu dia secuil tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat dan menjaga agar gigi tetap sehat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gunakan Pepsodent Deep Clean, karena hanya Pepsodent Deep Clean yang bisa membantu merawat dan menjaga gigimu dengan maksimal.