Tempat-tempat keren di Canberra yang cocok untuk dikunjungi kamu para traveler

parliament house Sumber Foto : Instagram @teaganbrookeamor

Australia bikin baper nggak habis-habis. Buktinya Wovgo udah banyak explore tempat wisata seperti beberapa tempat wisata di Brisbane buat kamu yang suka backpacker-an dan 7 hotel murah untuk yang mau bulan madu ke Perth.

Keseruan itu belum berhenti sampai kamu berkelana ke Canberra. Nggak hanya sebagai ibu kota, Canberra Australia juga merupakan kota yang paling mengejutkan. Terdapat banyak spot wisata bagi pencinta traveling. Kali ini, Wovgo bersama Wego memang mau membahas tempat-tempat eksotis yang bisa kamu explore di Canberra. Apa aja ya?

#1. The Australian War Memorial

the australian war memorial

Foto : Instagram @lorynnvan

Melakukan kunjungan ke The Australian War Memorial sangat penting bagi siapa saja yang ingin memahami sejarah Australia, termasuk buat kamu yang suka traveling. Sejarah perang pada masa kolonial akan kamu ketahui saat pergi ke sana. Berlokasi di jalan Treloar Crescent, Campbell, nggak bakal bikin kamu kesulitan untuk mencari.

Bangunan bersejarah ini lebih dari sekadar War Memorial, karena kamu akan menemukan beberapa spotmenarik untuk melihat galeri seni dan perpustakaan tersedia di sana. Di The Commemorative Courtyard yang terletak di pintu masuk ke memorial, terdapat tulisan nama-nama setiap pasukan Australia yang telah meninggal dalam perang sejak 1885.

Tempat ini buka pada pukul 10.00 – 17.00 setiap hari, ditutup pada Hari Natal dan GRATIS untuk umum. Sebelum ke sana kamu bisa kepo-kepo dulu di situs resminya www.awm.gov.au.

#2. Springbank Island

Springbank Island

Foto : ABC.net.au

Pulau Springbank terletak di Lake Burley Griffin’s West Basin. Satu-satunya sarana akses untuk menuju ke sana adalah menggunakan perahu. Pulau ini benar-benar masih alami, dengan view dipagari pohon-pohon rindang dan di tengahnya terdapat padang rumput yang lumayan luas buat main-main di pulau kecil tersebut.

Kenapa para traveler harus ke sini? Selain pulaunya yang dijaga betul keperawanannya. Kamu bisa explorearea sepuas mungkin tanpa ada yang menghalangi. Namun di pulau ini ada aturannya lho, kamu nggak bisa sembarangan menginap alias berkemah di sana. Selain itu, wisatawan juga tidak boleh membawa sampah, kalau menggunakan pulau untuk acara besar harus punya lisensi, termasuk tidak diizinkan berkemah meski hanya satu malam.

#3. New Parliament House

new parliament house

Foto : Instagram @danielle_low

New Parliament House adalah keajaiban arsitektur modern. Struktur bangunan berbentuk bumerang ini dirancang untuk menggantikan Parliament House sebelumnya yang letaknya di dasar bukit, sekarang dikenal sebagai Old Parliament House.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan dari Canberra dan melihat bagaimana bangunan ini menjadi fokus utama dari tata letak jalan kota. Jangan salah, meskipun bangunan parlemen, tapi pengunjung boleh masuk untuk melihat galeri the green-hued House of Representatives and the Senate.

Kamu juga bisa mendapatkan tur gratis yang memberikan rincian menarik tentang bangunan ini. Setelah puas berputar-putar, pengunjung juga dapat belajar tentang Segitiga Parlemen di sepanjang jalan Parliament House melalui tanda-tanda yang memiliki arti tertentu

Bangunan ini buka pada Senin dan Selasa jam 09.00. Pada Rabu jam 08.30 dan Kamis jam 09.00 – 17.00, dan tutup pada Hari Natal. Kamu bisa cek di situs resminya www.aph.gov.au.

#4. Lake Tuggeranong

lake tuggeranong

Foto : Instagram @surogram

Lake Tuggeranong terkenal dengan sirkuitnya yang mencapai 6,7 kilometer di sekitar danau. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sana, berjalan kaki, berlari atau bersepeda.

Letaknya yang hanya dua puluh menit dari kota, digunakan oleh penduduk setempat untuk berolahraga setiap hari. Nggak hanya itu, di sela-sela olahragamu di pinggiran Lake Tunggeranong, kamu bisa menemukan berbagai burung air di alang-alang, seperti burung Anas Gracilis, Platyrhynchos, hingga Superciliosa, yang tentunya menambah keindahan pemandangan alam disekeliling danau ini.

#5. Lake Burley Griffin

lake burley griffin

Foto : Instagram @nosilla251

Temukan Danau Burley Griffin yang merupakan salah satu landmark paling menonjol di Canberra. Hamparan air digunakan untuk kegiatan rekreasi termasuk berlayar hingga kayak. Cara terbaik untuk menikmati danau ini adalah dengan bersepeda berkeliling danau sepanjang 35 kilometer.

Letaknya yang nggak jauh dari pusat kota tentu mudah ditemukan para traveler. Selain danau, banyak atraksi wisata yang terletak berdekatan dengan danau ini, seperti National Gallery of Australia yang disebut sebagai salah satu galeri seni terbesar di Australia, dan Questacon yang unik sebagai pusat eksibisi ilmu dan seni.

#6. Commonwealth Park

commonwealth park

Foto : Instagram @101025u

Berlokasi di Parkes Way, Commonwealth Park adalah tujuan yang asik bagi para traveler seperti kamu. Lokasinya bersebelahan dengan Danau Burley Griffin, jadi bisa sekalian mampir.

Di sana kamu bisa berjalan-jalan atau piknik di rumput taman. Selain itu, kamu akan menemukan berbagai patung yang menarik, hingga jalan-jalan tersembunyi, bunga-bunga yang bermekaran, dan kolam yang tenang dalam taman seluas 34,5 hektare.

Selama empat minggu setiap musim semi, Commonwealth Park menyambut Floriade, festival musim semi terbesar di Australia. Taman ini juga menjadi tuan rumah banyak konser. Commonwealth Park adalah tempat yang indah untuk berlibur setiap tahunnya.

#7. Pine Island Reserve

pine island reserve

Foto : Instagram @jessspalis

Pine Island Reserve merupakan perkebunan kecil pohon pinus. Tempatnya ada di Pine Island Road, Greenway dekat Sungai Murrumbidgee, tempat sungai mengalir melalui distrik Tuggeranong dari Canberra. Untuk pergi ke sana dapat diakses melalu darat.

Pine Island adalah tempat yang populer untuk pesta ulang tahun atau perayaan lainnya. Ada taman bermain untuk anak-anak, fasilitas tempat barbecue listrik gratis dan meja piknik. Berbaring di rumput, berenang di sungai atau pergi main kano hingga memancing, adalah pilihan yang tepat ketika kamu berkunjung ke Pine Island Reserve.

Sudah penasaran pergi ke kota ini? Nah, sebelum kamu liburan ke Canberra, guna memberi kemudahan untukmu mencarin tiket pesawat hingga memilih hotel, ada baiknya percayakan kepada Wego.

Dengan Wego, kamu tak hanya bisa mendapatkan daftar harga hotel yang keren dan nyaman, tapi juga harga tiket pesawat yang bersahabat dengan anggaran liburanmu. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera berkemas dan terbang ke Canberra!

Selamat berlibur!