Di balik Hong Kong yang dipenuhi hutan beton, tersimpan keindahan yang bisa kamu eksplorasi!

hong kong Sumber Foto : Instagram @derek_hmc

Apa yang terlintas di benak kamu jika ada yang bilang, “aku mau liburan ke Hong Kong“? Pasti deh kamu mikirnya, “paling-paling dia cuma mau belanja di sana”. Atau, “liburan ke Hong Kong?! Bukannya di sana cuma ada hutan beton?” Hmmm pasti seperti itu ya? Jujur aja deh …

Nggak juga gaes!

Hong Kong nggak cuma hutan beton aja kok, dan wisatanya bukan cuma wisata belanja doang! Banyak tempat-tempat menarik yang asik buat piknik dan tempat Instagramable di Hong Kong yang bisa kamu kunjungi.

Pada artikel kali ini, Wego bersama Wovgo dan Hong Kong Tourism Board ingin lebih mengenalkan Hong Kong kepada kamu semua, bahwa di sana juga punya wisata alam yang harus banget kamu kunjungi karena keindahannya.

Daripada penasaran, mari kita cek satu per satu mana aja wisata di Hong Kong yang menarik itu …

#1 Yang pertama, Hung Shing Yeh Beach.

Hung Shing Yeh Beach

Foto : Instagram @jizo3d

Lokasinya berada di Lamma Island, Hung Shing Yeh Beach adalah salah satu pantai yang menjadi tujuan favorit wisatawan ketika musim liburan tiba. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke pantai yang berpasir putih ini untuk menikmati ketenangan.

Seperti yang Wovgo sampaikan sebelumnya, kamu hanya akan melihat hamparan pasir putih di bibir pantai Hung Shing Yeh Beach. Sampah? Nggak bakalan kamu temui deh. Pokoknya di pantai ini bersih! Wajar saja jika pantai ini jadi tujuan favorit wisatawan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai yang juga memiliki banyak pohon besar di sekitarnya ini adalah permainan air seperti perahu atau kano, memancing, hingga pesta barbeque yang sering diadakan ketika matahari terbenam. Oh ya, di sekitar pantai yang airnya biru jernih ini terdapat banyak penangkaran ikan. Pengembangbiakan ikan ini merupakan salah satu mata pencaharian warga di sekitar pantai.

Lokasi : Yung Shue Wan, Lamma Island.

#2 Masih di Lamma Island, yuk jalan-jalan di jalur Ling Kok Shan.

Ling Kok Shan

Foto : Instagram @fifiyona

Jika kamu ingin trekking di kawasan Lamma Island, Ling Kok Shan adalah tempatnya. Rute diawali dari Desa Yung Shue Wan dan diakhiri di Sok Kwu Wan. Waktu tempuh rata-rata untuk trekking di kawasan Ling Kok Shan ini sekitar 4 jam, jarak antara awal dan akhir sekitar 7 kilometer.

Dari trekking di Ling Kok Shan ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut, pantai Hung Shing Yeh, Pulau Lantau, juga Cheung Chau dari kejauhan. Oh ya, setelah trekking-mu berakhir di Sok Kwu Wan, kamu bisa menikmati kuliner seperti seafood atau mengunjungi kuil Tin Hau yang telah berumur 150 tahun.

Lokasi : Ling Kok Shan, Lamma Island.

#3 Puas di Hung Shing Yeh dan Ling Kok Shan, saatnya menuju Reclining Rock dan Cheung Chau Mini Great Wall.

Reclining Rock

Foto : Instagram @luca_kappa

Sekarang saatnya menyeberang ke Cheung Chau Island. Di sana kamu akan menemui Reclining Rock, jajaran lima batu besar yang langsung berbatasan dengan air laut. Masing-masing batu punya ukuran panjang mencapai 5 meter dan orang-orang percaya bahwa kelima batu tersebut berhubungan dengan lima elemen dalam kosmologi Tingkok kuno, yakni elemen logam, kayu, air, api, dan bumi. Kita bisa berjalan di atas batu-batu besar tersebut untuk berfoto-foto atau sekadar mengeksplornya.

Cheung Chau Mini Great Wall

Foto : Panoramio.com

Tidak hanya Reclining Rock, tempat wisata menarik lainnya yang harus kamu singgahi jika pergi ke Cheung Chau Island adalah Cheung Chau Mini Great Wall. Tempat ini adalah bagian dari Cheung Chau Family Trail. Panjang keseluruhan dari Cheung Chau Mini Great Wall ini sekitar 850 meter. Nama Great Wall sendiri diberikan karena pagar granit yang terdapat pada trail ini akan mengingatkan kita pada Tembok Besar di Tiongkok.

Lokasi : West End, Cheung Chau.

#4 Yuk ke kawasan Sai Kung, ada Hong Kong Geopark yang akan membuatmu terkagum-kagum dengan bebatuan hasil erupsi vulkanik.

Hong Kong Geopark

Foto : Instagram @miisatravelhiker

Di kawasan Hong Kong Geopark yang terletak di Wai Man Road, Sai Kung ini, kamu akan dimanjakan oleh pesona tebing-tebing vertikal yang menjulang dan jernihnya perairan yang mengelilingi situs bebatuan. Bebatuan yang terbentuk dari erupsi vulkanik jutaan tahun lalu ini bisa kamu saksikan sembari menikmati jalur perairan di atas perahu. Jika menikmati dari perahu belum membuatmu puas, pengunjung diperbolehkan untuk melakukan pendakian di beberapa situs untuk dapat menikmati panorama yang terhampar di Geopark ini.

Di kawasan ini juga terdapat Volcano Discovery Centre yang memberikan informasi serta arahan kepada pengunjung untuk mendapatkan pengalaman terbaik menjelajahi Geopark.

#5 Masih di Sai Kung, jangan lewatkan menikmati seafood yang lezat.

Sai Kung

Foto : Instagram @dadaadeee

Nah, buat kamu penggemar seafood, jika pergi ke Hong Kong jangan lewatkan untuk makan seafood di kawasan Sai Kung. Menu-menu makanan yang bisa kamu pesan mulai dari Saute Lobster with cheese sauce, Poached Shrimp, hingga Stir Fried Crab with Spring Onion and Ginger.

Silakan langkahkan kakimu untuk mengunjungi New Territories Hong Kong, yang mayoritas penduduknya adalah nelayan. Banyak tempat makan yang menjual seafood dengan harga bersahabat. Pokoknya, jangan sampai melewatkan makan seafood di Sai Kung kalau pergi ke Hong Kong.

Lokasi : New Territories, Sai Kung.

#6 Kenyang kulineran di Sai Kung, yuk bakar lemak dengan trekking di Dragon’s Back Trail.

Dragon's Back Trail

Foto : Instagram @nastya__lebedeva

Dengan pemandangan pantai yang indah serta akses yang sangat mudah dari kota, Dragon’s Back Trail merupakan tempat populer yang harus kamu kunjungi. Di sini kamu akan menjauh dari hiruk pikuk Hong Kong Timur dan puas menikmati pemandangan Shek O, Tai Long Wan, Tai Tam, dan Laut Tiongkok Selatan dari ketinggian rata-rata di atas 200 mdpl.

Kenapa dikasih nama Dragon’s Back Trail? Ini adalah jalan yang menghubungkan Wan Cham Shan dan Puncak Shek O, terbentang vertikal di atas semenanjung D’Aguilar. Jalan ini naik turun di antara kedua puncak bukit tersebut dan menyerupai bentuk punggung naga, itu sebabnya dikasih nama Punggung Naga atau Dragon’s Back Trail.

Lokasi : Shoutern District, Hong Kong.

***

Nah itu dia sisi lain Hong Kong yang juga punya keindahan alam dibalik padatnya hutan beton. Jadi jangan pernah lagi berpikiran bahwa Hong Kong hanya wisata belanja dan hutan beton.

Jadi, sudah siap kan pergi ke Hong Kong? Biar nggak ribet untuk urusan tiket pesawat dan kamar hotel, serahkan saja pada Wego. Dengan Wego, kamu akan mendapatkan rekomendasi harga tiket pesawat dan harga kamar hotel terbaik.

Jadi, yuk segera rencanakan liburanmu ke Hong Kong, ajak orang tercinta untuk menikmati dan liburan di sana. Selamat berlibur!