6 Alasan kenapa Cairns adalah destinasi wisata yang sebaiknya kamu kunjungi minimal seumur hidup sekali

wisata cairns australia Sumber Foto : Instagram @travelsofsophie

Pernah nggak sih kamu membayangkan dan pengen liburan ke luar negeri? Pasti dong pengen. Bisa menikmati keindahan dunia luar itu memang seru dan menyenangkan banget, kamu nggak hanya bisa tahu pengetahuan tentang negara lain di luar sana tapi juga pemandangan-pemandangan tempat wisatanya yang indah.

Bicara soal wisata ke luar negeri, memang sebaiknya minimal seumur hidup sekali kamu harus bisa mewujudkannya. Dan di artikel ini, Wovgo dan Wego punya beberapa alasan kenapa kamu harus ke luar negeri, khususnya ke Cairns, Australia.

Yuk disimak …

Jika kamu pergi berwisata ke Cairns, Australia, kamu bisa menikmati pengalaman baru dengan snorkeling di Great Barrier Reef.

Great Barrier Reef

Foto : Instagram @n_schrock

Terbentang lebih dari 2.000 kilometer sepanjang garis pantai Queensland, Great Barrier Reef merupakan kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang juga bisa diakses dari Cairns.

Kekayaan biodiversitas di Great Barrier Reef, perairannya yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards, membuat Great Barrier Reef menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi mereka yang ingin snorkeling dan diving.

Nggak cuma snorkeling, di Great Barrier Reef kamu juga bisa mencoba aktivitas menarik lain seperti Scooba Doo, yakni sepeda motor dalam laut yang juga dilengkapi dengan helm gelembung. Jika kamu males buat nyebur dan terkena air, kamu tetap bisa menyaksikan pemandangan bawah laut dari glass-bottom boat. Atau bisa juga melihat pemandangan spektakuler Great Barrier Reef dari atas dengan naik helikopter. Hemmm, pasti seru banget!

Sudah puas dengan Great Barrier Reef, yuk main air lagi dengan menguji adrenalin menyusuri jeram di Tully River.

Tully River

Foto : Instagram @damonjpeirce

Bukan hanya Great Barrier Reef saja yang menawarkan permainan air di Cairns, kamu bisa merasakan pengalaman lain dengan menguji adrenalin di Tully River. Arung jeram terbaik bisa kamu temukan disini. Nggak perlu takut, karena setiap rakit akan dipandu oleh pemandu sungai yang sangat terlatih, jadi tetep aman.

Tully River mengalir umumnya ke utara melalui Lake Koombooloomba dan mengalir di atas Tully Falls dekat Ravenshoe dan turun melalui Tully Gorge di Taman Nasional Tully Gorge, bagian dari situs Wet Tropics yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Puas bermain air di Great Barrier Reef dan Tully River, yuk mlipir sebentar ke “Desa di Tengah Hutan Hujan” Kuranda.

Kuranda

Foto : Instagram @backyardorganicgardener

Kuranda juga dikenal dengan nama “Desa di Tengah Hutan Hujan” karena dikelilingi oleh hutan hujan yang sudah terdaftar dalam Warisan Dunia dan terletak 25 kilometer di barat laut Cairns. Banyak banget yang bisa kamu nikmati di Kuranda, seperti Barron Falls, Stoney Creek Falls, pohon-pohon raksasa yang berjajar di jalan utama, tempat aneka burung kakaktua, hingga kumpulan kupu-kupu yang bergerombol di Australian Butterfly Sanctuary.

Ada beberapa cara untuk menuju ke Kuranda, yakni dengan menggunakan kereta api, mobil, dan kereta gantung (Skyrail Cableway). Dengan perjalanan sepanjang 7,5 kilometer, Skyrail Cableway menjadi transportasi favorit pengunjung menuju ke Kuranda. Mau mencoba?

Rasakan pengalaman baru dengan mencoba Hot Air Balloon dan menikmati Queensland dari ketinggian.

Hot Air Balloon

Foto : Instagram @floatingimages

Setelah puas bertualang di Kuranda, saatnya menikmati indahnya Queensland dari ketinggian dengan menggunakan balon udara. Negara bagian Queensland merupakan lokasi terpopuler yang menawarkan atraksi balon udara di Australia. Berangkat dari Cairns, para wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan hujan yang rimbun, lahan pertanian yang indah, dan sungai yang berkelok-kelok dari balon udara.

Balik lagi main air di Green Island, yang kabarnya sudah berusia 6.000 tahun.

Green Island

Foto : @_sparkling_diamonds_

Di Cairns, terdapat begitu banyak tur ke terumbu karang, yang melayani segala tingkat keberanian dan pengalaman. Nggak cuma snorkeling seperti di Great Barrier Reef atau belajar menyelam, kamu juga bisa menyaksikan terumbu karang tanpa harus basah di atas perahu berlantai kaca. Ikutlah tur sehari ke pulau karang Green Island yang telah berusia 6.000 tahun. Kamu bisa bermain air bersama ikan-ikan tropis berwarna cerah dan jelajahi pantai putih dan hutan hujan yang rimbun di pulau ini.

Kalau sudah di Green Island, boleh lho mlipir sedikit ke Michaelmas Cay, dimana kamu bisa menemui ribuan burung laut bersarang, aneka karang berwarna-warni, kerang-kerang raksasa dan ikan-ikan terumbu karang.

Nggak cuma bertualang, kamu juga bisa menikmati kuliner khas di The Esplanade.

Esplanade

Foto : Instagram @simplyabouthome

Terdapat beberapa macam hidangan khas di negeri kanguru yang bisa kamu temui di The Esplanade, yakni daerah pinggir pantai yang dekat dengan pusat kota Cairns. Salah satu kuliner yang paling populer adalah Pavlova atau Pav. Kue khas Australia dan Selandia Baru ini terbuat dari putih telur yang dihias dengan krim serta buah segar seperti ceri dan semangka yang merupakan buah-buahan khas musim panas.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus pergi wisata ke luar negeri minimal seumur hidup sekali, khususnya di Cairns, Australia. Bagaimana, jadi nggak sabar kan buat segera wisata ke Cairns? Cepetan gih siapin paspor dan kemas ransel kamu!

Biar nggak ribet waktu mau berangkat ke Cairns, Australia, untuk urusan tiket pesawat dan kamar hotel, serahkan saja pada Wego. Dengan Wego, kamu akan mendapatkan rekomendasi harga tiket pesawat dan harga kamar hotel terbaik. Jadi, yuk segera rencanakan liburanmu ke Cairns, Australia!