Wisata-Wisata Ekstrem di Indonesia yang Harus Ada Dalam Daftar Liburanmu!

Bukan kabar burung lagi bila Indonesia menjadi salah satu tempat wisata yang banyak menarik minat wisatawan lokal maupun manca. Indonesia memiliki beragam tempat wisata dengan pemandangan cantik yang bisa dinikmati. Selain itu, ada tempat-tempat wisata yang seru dan mengasyikan untuk mencoba olahraga ekstrem!

Ya, menikmati liburan enggak harus selalu dengan jalan-jalan santai, Wovger. Di Indonesia ada tempat-tempat yang enggak cukup kamu nikmati keindahannya saja, tapi juga kamu harus mencoba aktivitas ekstrem yang bisa dilakukan di sana agar liburan makin berkesan.

Wovger penasaran wisata-wisata ekstrem apa saja yang wajib kamu coba di Indonesia? Berikut 8 lokasi wisata dengan aktivitas ekstremnya yang siap memicu adrenalinmu

1. Pertama-tama menjajal arung jeram di Sungai Alas, surga bagi pecinta arung jeram

via: chifaadventure.blogspot.co.id

Sungai Alas merupakan sungai terpanjang di Aceh, dikenal dunia sebagai tempat terbaik untuk olahraga arung jeram. Arusnya sangat yang deras ditambah tikungan tajam yang menantang, Sungai ini menjadi primadona bagi pecinta olahraga arung jeram.

Menjajal derasnya arus di sini enggak hanya memacu adrenalinmu, tapi juga bisa memanjakan matamu dengan pemandangan hutan tropis Taman Nasional Gunung Leuser yang masih asri di sekelilingnya.

Lokasi: Sungai Alas, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

2. Kurang ekstrem? Coba uji nyalimu dengan memanjat dinding curam Lembah Harau.

via: liputan1.com

Liburan ke Sumatera Barat bakalan kurang lengkap jika kamu belum mengunjungi salah satu lembah terindah Indonesia yang ada di sana. Namanya Lembah Harau. Lembah ini dikelilingi oleh tebing batu granit curam berwarna-warni dengan tinggi hingga 300 meter!

Keindahan tebing granit enggak hanya asyik untuk foto saja, kWovger yang ingin mencari sensasi berbeda bisa mencoba panjat tebing di lembah ini. Dengan kecuraman tebing mencapai 90 derajat, tempat yang dijuluki Yosemite-nya Indonesia ini adalah surga bagi pecinta panjat tebing.

Lokasi: Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

3. Saatnya menyatu dan menari bersama ombak dengan berselancar di Mentawai.

via: mentawaisurfcharters.com

Siapa yang enggak tahu Kepulauan Mentawai? Kepulauan ini dijuluki Hawai-nya Indonesia dengan titik ombak terbaik nomor tiga di dunia loh. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di sini tinggi dan besar sehingga menarik perhatian peselancar dunia.

Di Mentawai terdapat 71 titik terbaik untuk berselancar dan 7 diantaranya termasuk yang terbaik di dunia loh! Hmm, Wovger berani menari dengan ombak yang tingginya enggak tanggung-tanggung mencapai 4 meter?! Sepertinya akan sangat seru dan menarik, ya!

Lokasi: Mentawai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

4. Berpacu manantang gravitasi dengan skydiving di langit Nusawiru.

via: bucketlist.id

Bagi Wovger pecinta tantangan, saatnya mencoba olahraga yang memacu adrenalin hingga maksimal, skydiving. Mencoba lompat dari pesawat dengan ketinggian beberapa kilometer dari permukaan tanah bisa jadi pengalaman sekali seumur hidup yang akan selalu dikenang!

Peralatan dan keahlian pemandu skydiving di Nusawiru sudah berkelas internasional loh dan banyak juga turis asing yang datang ke sana.

Lokasi: Nusawiru Paracenter, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

5. Menyebrang laut dengan gondola maut di Pantai Timang. Berani?!

via: yogya-backpacker.com

Pantai ini memang belum dikenal banyak orang, padahal memiliki pemandangan luar biasa indah meski akses jalan untuk menuju ke sana cukup sulit. Sambil menikmati pemandangan indah, Wovger bisa mencoba menaiki gondola atau kereta gantung nelayan yang di pasang di tepian bukit.

Gondola ini akan membawamu melaju menyebrangi laut menuju pulau karang di tengah laut! Tanpa pengaman! Adrenalin akan memuncak ketika berada tepat di tengah-tengah lautan sementara di bawah terlihat deburan ombak yang maha dahsyat.

Lokasi: Pantai Timang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

6. Sensasi terbang di atas permukaan air layaknya Iron Man dengan flyboarding di Tanjung Benoa.

via: watersports-bali.com

Tahu kan dengan superhero Iron Man? Nah, kalau kamu ingin tahu rasanya melayang di atas udara dengan papan khusus seperti Iron Man, kamu harus coba flyboarding di Tanjung Benoa! Meski menantang adrenalin, kamu akan merasakan keseruan berada di atas sebuah papan dan melayang di udara hingga ketinggian 5 meter.

Untuk mencoba olahraga ini kamu harus merogoh kocek yang dalam hingga 900 ribu rupiah (tapi sering ada diskon dan cukup membayar 550 ribu rupiah saja, enak kan?). Hayo, berminat?

Lokasi: Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, Bali.

7. Mau diving yang agak ekstrem dan gak mainstream? Diving di gunung berapi laut jawabannya!

via: tripzilla.com

Banua Wuhu adalah salah satu tempat menyelam yang unik, karena disekitarnya terdapat gunung berapi bawah laut. Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut khas Sulawesi Utara dan menyaksikan gunung api bergetar di bawahmu saat menyelam di sana.

Gunung berapinya masih aktif dan keindahan bawah laut bisa ditemui pada kedalaman 10 hingga 20 meter. Dengan temperatur antara 37—38 derajat celcius, penyelam harus berhati-hati dengan bebatuan yang mengeluarkan gelombang panas.

Lokasi: Banua Wuhu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

8. Masih kurang puas? Yuk terbang tinggi sambil menikmati indahnya Kota Palu.

via: leladies.com

Palu memiliki daerah pegunungan dan embusan angin yang kencang, maka tak heran jika di kota ini berkembang olahraga paralayang. Kalau kamu berani, tantang dirimu dengan mencoba paralayang di puncak Gunung Matantimali yang merupakan salah satu lokasi paralayang terbaik di dunia.

Dari ketinggian 1500 mdpl, kamu bisa merasakan angin yang berhembus ke lereng gunung dan menikmati panorama alam pegunungan Gawalise yang menawan. kamu juga bisa melihat ke segala penjuru Kota Palu, mulai dari ujung utara hingga ke dataran Kulawi.

Lokasi: Pegunungan Matantimali, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Bagaimana Wovger, ingin mencoba olahraga ekstrem di atas?! Selamat liburan dan tetap jaga kelestarian alam Indonesia ya!

Sumber: Kita Muda