Cuma di Sulawesi Utara, 10 Tempat Wisata Ini Bisa Kamu Temui!

Di Sulawesi Utara, pasti kebanyakan yang langsung terbesit dalam kepala Kawan Muda ialah Bunaken. Ya gimana, lha wong brand Bunaken sebagai taman laut sudah mendunia gitu. Tapi maaf-maaf aja nih ya, karena pada artikel ini, Wovgo sama sekali enggak akan memasukkan Bunaken ke dalam artikel. Kan, kalian udah pada tahu semua. Buat apa? Heuheu.

Asal Wovger tahu, Sulut Fredy Walandow, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) pada suatu waktu bilang begini:

Inga.. Inga! Sulawesi Utara tak hanya Bunaken. Masih ada banyak destinasi lain yang bikin hidup serasa lebih hidup.

Kalau memang Bunaken telah dikunjungi dan terkenal, mari kita move on ke destinasi lainnya yang tentunya tak kalah kece. Ada 10 tempat loh, yang pengin Wovgo paparkan di sini. Kepoin yuk!

1. Selat Lembeh

via: Kesiniaja.com

Apakah kamu seorang penyuka fotografi macro bawah air? Mari berkunjung ke Selat Lembeh, sebuah destinasi wisata yang sering kali dijuluki sebagai The Mecca of Divers atau The Mecca of Macro Photography.

Wovgo sih yakin, kalau kamu pasti enggak bakal menyesal berwisata di sini. Saking kerennya Selat Lembeh, ia sampai menyabet gelar top 5 destinasi selam terbaik di Asia Pasifik dari Dive Magazine. Selain itu juga memperoleh gelar Best Night Dive dari Majalah Scuba Diving.

2. Kuliner Boulevard Tondano

via: rmkrl2013.blogspot.com

Wovgo suka berwisata kuliner? Kalau iya, maka Kuliner Boulevard Tondano adalah tempat yang tepat. Kalau dari Kota Manado, kamu cuma perlu menempuh perjalanan darat selama 1 jam saja.

Tempat kuliner yang letaknya ada di Desa Koya, Kecamatan Tondano. Atau di area persimpangan Jalan Boulevard Tondano dengan jalan menuju Universitas Manado (Unima). Makan-makan kita di sana. Makan makanan, dong, tentunya. Bukan makan cinta. Hehehe.

3. Pulau Lihaga

via: WisataManado.info

Pulau Lihaga memiliki alam bawah laut dengan hamparan karang serta bentang pantai yang sangat indah. Setibanya di sana, kamu akan disambut oleh birunya lautan nan putih halusnya hamparan pasir. Tempat ini cocok banget buat kamu yang hobi snorkeling.

Tapi kalau tujuan ke sini cuma mau menikmati pemandangan saja, ya boleh-boleh aja sih. Bebas! Yang enggak boleh itu kalau menikmati sesuatu yang bukan haknya. Aduh, jadi berat, kan, bahasannya?

4. Pantai Pal Marinsow

via: thediaryofmedstudent.blogspot.com

Pantai Pal Marinsow termasuk destinasi wisata baru di Sulawesi Utara. Terletak di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Kalau menempuh menggunakan kendaraan darat dari kota Manado, kamu membutuhkan waktu perjalanan sekitar 90 menit.

Pantai Pal Marinsow ini berbentuk kepala anjing karena terletak di ‘mata kepala anjing’ di ujung utara Pulau Sulawesi. Setibanya di sana, kau akan disambut dengan indahnya pantai berpasir putih yang memanjang di pesisir utara Sulawesi.

5. Pantai Mahembang

via: compute.info

Sama seperti Pantai Pal Marinsow yang sudah Wovgo jabarkan di atas tadi, sebetulnya, Pantai Mahembang ini masih termasuk destinasi wisata baru di Sulawesi Utara. Mula-mula belum banyak yang datang kemari. Namun karena saking banyaknya orang-orang yang upload foto ke sosial media, kalau mereka datang kemari, sekarang jadi ramai.

Kalau Wovger mau ke sini, butuh waktu perjalanan darat sekitar 3-4 jam dari Kota Manado. Jauh lebih lama, memang, kalau dibanding dari Kota Manado ke Pantai Pal Marinsow. Ya tapi enggak apa-apa juga, karena sesampai di sini, kau akan disambut dengan hamparan pantai pasir putih dengan laut jernih kehijauan serta panorama yang level kerennya tak perlu diragukan lagi. Hehehe.

6. Pantai Lakban

via: Kompasiana.com

Jarak dari Kota Manado ke Pantai Mahembang dan dari Kota Manado ke Pantai Lakban, kalau mau hitung-hitungan waktu ya 11-12 sih. Itu kalau menggunakan transportasi darat loh ya. Tapi jangan bandingkan juga, kalau misal yang satunya pakai transportasi darat yang dinaikin, lalu satunya lagi, enggak dipakai. Tapi dituntun. Nah, kan pasti beda tuh, sampainya.

Tempat ini pecah banget, sih. Cocok buat Wovger yang doyan fotografi. Pemandangan alam di sini, yang dahulu dikenal sebagai tempat penambangan emas milik Newmont, akan membuat hasil fotografimu menjadi semakin kaya.

7. Pasir Timbul Pulau Nain

via: HangOutIndo.com

Disebut Pasir Timbul karena tempat wisata ini hanya bisa didatangi saat air laut surut. Wovger bisa menikmati hamparan pasir putih yang berkilauan ketika diterpa sinar matahari, di tengah jernihnya air laut. Tetapi kalau ingin melihat daratan pasir timbul yang lebih luas, maka lihatlah sewaktu bulan purnama.

8. Desa Rurukan

via: Spekology.com

Desa Rurukan berada di ketinggian di luar Kota Tomohon. Dari sini, kamu bisa melihat sebagian daratan Minahasa dari kejauhan seperti Kota Manado, Kota Bitung, Gunung Klabat, Gunung Lokon, Kota Tondano serta danaunya.

Makanya Wovger tak heran kalau Desa Rurukan ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati landscape tanah Minahasa.

9. Pulau Baling-Baling

via: ezhalicious.blogspot.com

Pulau Baling-Baling sangat menarik bila dilihat dari puncak bukit. Terlihat menarik pantai beserta alam bawah lautnya. Membuat orang-orang ingin berkunjung dan menginap di sana. Tapi sayangnya, di sini tak ada penginapan.

Kalau Wovgo sangat ingin pergi dan menginap di sini, kembalilah ke pantai dan menginap di cottage yang berada di Pantai Tumbak. Atau bisa juga menyewa rumah penduduk suku Bajo yang dijadikan homestay.

via: SulutHebat.com

Di kota ini, tiap tahun berlangsung Festival Kentang. Tak heran bila Wisata Holtikultura Modoinding sering disebut sebagai Dapur Indonesia Timur.

Kalau di Wisata Holtikultura Modoinding, wisata holtikulturanya berupa tanah perkebunan yang tertata rapi. Namun di sana terdapat Danau Moat yang selalu tertutup kabut, yang semakin menambah keindahan alam di sana.

Sumber: Kita Muda