Mencicip Lezatnya Makanan dari 5 Kota Favorit Kuliner di Indonesia

Indonesia punya kekayaan kuliner yang mengagumkan, mulai dari rasa, sajian, hingga variasinya. Beberapa orang biasanya nekat jauh-jauh berlibur ke ujung barat atau ujung timur Indonesia untuk berburu makanan!

Gara-gara alasan di atas, di artikel ini Wovgo ingin membahas 5 kota favorit untuk wisata kuliner di Indonesia. Kota mana sajakah itu? Mari kita bedah satu per satu yuk.

1. Bandung, Jawa Barat

Siomay via: resepkuekeringku.com

Bandung adalah salah satu 5 kota favorit wsiata kuliner di Indonesia. Wovger bisa menemukan banyak varian makanan di kota yang dikenal sebagai surganya jajanan ini. Mulai dari bakso tahu goreng (batagor), siomay, pisang molen, kue sus, bandrek, bajigur, peuyeum, cireng (aci digoreng), colenak (tape bakar saus kelapa dan gula merah), sampai es goyobod dan es cendol.

Masih kurang? Ada lagi makanan andalannya seperti soto Bandung, mi kocok, lotek, nasi timbel, sayur asem, dan gepuk. Soal harga sih enggak perlu khawatir karena terjangkau dan pastinya kamu bisa menemukan makanan ini di hampir setiap sudut Kota Bandung.

2. Yogyakarta

Gudeg via: kompas.com

Tak hanya peninggalan budaya dan destinasi wisata yang kaya, Yogyakarta juga memiliki berbagai macam wisata kuliner yang enak dan tentunya ramah di kantong. Dari pagi hari hingga tengah malam menjelang, Kota Yogya akan siap menyambutmu dengan keramahan masyarakat dan kuliner lokalnya.

Makanan-makanan yang harus kamu coba seperti gudeg dan aneka bacem yang sangat terkenal, bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, hingga sate klathak. Kalau malam nih, kamu bisa nyoba makan di angkringan yang tersebar di sudut-sudut kota.

3. Malang, Jawa Timur

Bakso Bakar via: foody.id

Malang juga salah satu 5 kota favorit wisata kuliner yang belakangan ini sedang digandrungi wisatawan ternyata enggak hanya tempat wisatanya saja yang menarik. Kuliner Malang yang menurut arek-arek Malang itu kanelop (enak pol atau enak banget) wajib banget kamu coba dan jangan sampai terlewatkan.

Kalau berniat wisata kuliner di Malang, yang harus kamu coba pertama kali adalah baksonya. Oke, bakso di mana-mana memang ada, tapi dijamin deh bakso Malang itu beda apalagi bakso bakarnya. Selain bakso, kamu juga harus mencicipi cwie mie (semacam mie ayam tapi daging ayamnya polos dan sedikit asin seperti daging ayam di lemper).

4. Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat

Rendang via: infosumbar.net

Siapa sih yang enggak kenal masakan Padang? Citarasa kuliner di sini terkenal hingga mancanegara loh. Makanan padang identik dengan makanan yang kaya santan, pedas dan berminyak. Jadi yang punya penyakit tertentu wajib hati-hati ya jangan sampai keblinger kelezatannya, hehe.

Kuliner di Padang dan Bukittinggi yang wajib kamu coba antara lain nasi kapau, rendang ayam, itiak lado mudo, dendeng batoko, sate padang, gulai paku dan gulai tambusu. Hemm, banyak banget jadi bikin ngiler, kan!

5. Medan, Sumatera Utara

Bolu Meranti via: bolumeranti.co.id

Ibu kota Sumatera Utara ini juga terkenal sebagai salah satu surga bagi pecinta wisata kuliner. Kalau ada yang bilang mau jalan-jalan ke Medan, pasti muncul komentar “Wah, makanan di Medan enak-enak tuh!”

Nah, Makanan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Medan antara lain durian, soto kesawan, bakmi medan, kue bika ambon, dan bolu meranti. Selain makanan, Medan juga punya minuman khas yang wajib kamu coba yaitu sirup markisa.