5 Tips Hidup Hemat Buat Kamu yang Sedang Merantau di Kota Besar

Sudah jadi impian banyak orang untuk punya karir yang baik, apalagi tempatnya di kota besar. Iming-iming gaji yang cukup tinggi dan bisa jenjang karir, membuat kota besar menjadi target para perantau.

Hmm, tapi dalam kenyataannya, hidup di kota besar itu sulit,  apalagi untuk ”pendatang baru” yang harus memulai hidupnya dari “nol”.

Gaji yang kamu dapatkan boleh tinggi, tapi biaya hidup di kota besar juga tinggi loh. Nah kan bikin bingung bagaimana mengatasinya. Kalau kamu belum terbiasa hidup hemat bisa-bisa gajimu akan langsung ludes, bahkan habis sebelum akhir bulan!

Tenang dulu Wovgo, kamu bisa simak nih beberapa tips dari Kita Muda supaya kamu bisa bertahan di bulan-bulan awal kamu tinggal di kota besar.

1. Membuat catatan pengeluaran rutin setiap harinya

via: realpurdy.com

Apa pun yang kamu beli coba catat di buku khusus. Hal ini bisa berfungsi untuk cek apabila uangmu tiba-tiba habis. Di minggu-minggu berikutnya, kamu akan lebih menghindari hasrat beli barang yang enggak perlu.

Adapun kamu harus punya catatan khusus yang berisi kebutuhan pokok yang wajib dibeli atau tagihan wajib tiap bulannya. Ini fungsinya untuk menyisihkan uang agar lebih mengutamakan kebutuhan pokok dahulu.

2. Belilah makanan di warung nasi atau usahakan masak sendiri dan membawa bekal

via: timesofindia.indiatimes.com

Kalau lokasi kantor kamu strategis, di sekitarnya pasti banyak restoran atau rumah makan cepat saji yang harganya bisa untuk dua kali makan. Coba kamu tanya ke orang-orang yang sudah lama di kantor warung nasi andalan mereka yang murah meriah.

Bisa juga kamu siasati dengan bawa bekal dari rumah. Kamu bisa masak sendiri dan sedikit berkorban untuk lebih awal dari pada biasanya.

3. Berburu diskon untuk hal yang penting. Tapi awas jangan tergoda kata “sale” !

via: amazonaws.com

Siapa sih yang matanya enggak berbinar-binar kalau lihat diskon? Nah, kalau Wovger suka belanja di supermarket, rajin cek promo-promo yang ada. Harga diskon bisa dimanfaatkan nih untuk beli kebutuhan seperti perlengkapan mandi atau bahan makanan.

Jangan pilih supermaket di dalam mall ya. Awas bakalan ada iming-iming sale baju di sana. Ingat pentingkan kebutuhan dahulu bukan keinginan!

4. Bawalah uang tunai secukupnya kemana-mana

via: money.usnews.com

Kalau kamu tipe yang “ah, gampanglah bisa ke ATM atau bayar pakai debet”, kamu WAJIB meninggalkan kartu debet di rumah dan bawalah uang yang sekiranya kamu butuhkan untuk sehari. Dengan sepert itu kamu engak ada keingian untuk beli barang-barang yang enggak penting

5. Hindari gaya hidup berlebihan dan di luar kemampuan. Jangan bertindak karena gengsi semata

via: media.smithsonianmag.com

Sah-sah saja kamu hangout sama teman kamu, apalagi buat melepaskan penat bekerja. Nongkrong di tempat hits yang kamu inginkan juga tidak masalah. Yang jadi masalah adalah kamu bakal sering ke tempat nongkrong tiap minggu dalam sebulan, atau bahkan seminggu dua kali. Kamu harus lebih bijak dalam mengaturnya ya!

**

Begitulah tips berhemat buat kamu anak ranta yang sedang bekerja di kota besar. Kalau gaji kamu meningkat, tetap terapkan kebiasaan ini ya.