Gara-Gara Empedu Babi, Lelaki Asal Tiongkok Ini Jadi Miliarder. Kok Bisa Sih?

Seorang penduduk desa di Tiongkok langsung dinobatkan menjadi miliarder baru di negara tersebut setelah menemukan batu empedu babi secara tidak sengaja.

Menurut para ahli, jika dijual harga batu empedu babi itu bisa mencapai 450 ribu poundsterling (sekitar Rp8,1 miliar).

Benda yang amat langka itu, yang dikenal sebagai “bezoar”, adalah gumpalan yang terdiri atas rambut dan benda-benda tak tercerna lainnya yang biasanya ditemukan dalam sistem pencernaan si babi.

Praktisi pengobatan di Tiongkok menyebutnya sebagai “Pig Treasure” alias “harta karun babi”.

via: deccachronicle.co,

Mereka juga percaya, produk yang terbuat dari bezoar dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sebab itulah, batu empedu babi dianggap sebagai benda langka dan sangat berharga untuk dimiliki.

Si penduduk desa itu, Bo Chunlou namanya, menemukan bezoar berukuran panjang 4 inci dan lebar 2,7 inci pada Agustus 2017 lalu. Waktu itu laki-laki 51 tahun tersebut sedang membantai seekor induk babi berusia 8 tahun di ladangnya di Ju County di kota Rizhao, Provinsi Shandong, China timur.

Babi dengan berat sekitar 250 kg itu punya batu empedu besar di dalam kandung empedunya saat ia terbunuh. Tetangganya yang tahu segera mengatakan kepada Bo bahwa ia baru saja mendapatkan bahan obat yang amat bernilai.

Awalnya ragu, Bo dan anaknya, Bo Mingxue (26) memutuskan untuk pergi ke kota pelabuhan Shanghai, bertemu dengan beberapa pakar. Dari situ, pasangan bapak-anak itu akhirnya tahu bahwa harga pasaran bezoar dengan ukuran sebesar itu bisa mencapai 450 ribu poundsterling.

Masih menurut para ahli, batu empedu hanya akan punya nilai tinggi jika ia ditemukan di kantong empedu, sementara yang ditemukan di perut tidak.

Bo, yang akhirnya punya sertifikat penilaian untuk menunjukkan bahwa dirinya punya “harta karun babi” mengklaim langsung menerima penawaran dengan harga awal 112.120 poundsterling (sekitar Rp2,04 miliar).

Ah, ini yang namanya mendapatkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka ya, Wovger!

Sumber: Intisari