Tak Hanya Syarat Makna, 5 Museum di Jakarta Ini Juga Instagramable Banget!

Museum, siapa sih yang nggak tahu tempat bersejarah yang satu ini? Meski datang ke sini bisa meningkatkan wawasanmu terhadap sejarah, sayangnya mendengar kata museum saja sudah bikin malas, rasanya membosankan.

Tapi banyak lho  museum yang juga bisa jadi tempat menarik buat pecinta fotografi dan cocok buatWovger yang tertarik dengan dunia seni.

Nggak percaya? Berikut adalah rekomendasi 5 museum yang Instagramable banget dan sarat makna sejarah di Jakarta.

Museum MACAN

via: Instagram.com/@museummacan

Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) ini terletak di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini biasanya memamerkan karya seni modern dan seni kontemporer dari Indonesia sampai mancanegara.

Buat kamu yang mau datang, boleh banget lho datang setiap hari Selasa sampai Kamis jam 10.00 – 20.00. Seperti yang dikutip dari laman museummacan.com kalau museum ini hanya buka pada hari dan jam tersebut.

Museum Nasional Indonesia

via: id.wikipedia.org

Museum yang satu ini pasti sudah tidak asing ya. Terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat museum yang satu ini menyimpan sekitar 160 ribu lebih benda bernilai sejarah. Diantara benda-benda bersejarah itu ada 7 jenis koleksi pada zaman prasejarah, arkeologi masa Klasik seperti yang dikutip dari laman museumnasional.or.id.

Bukan hanya itu saja, koleksi dari zaman klasik atau Hindu – Budha terdiri dari numismatik dan heraldik,  keramik, etnografi, geografi dan sejarah. Dengan biaya Rp5 ribu per-orang untuk dewasa dan Rp2 ribu per-orang untuk anak-anak, kamu sudah bisa menikmati peradaban dari prasejarah sampai sejarah di bumi Nusantara. Wah seru banget ya!

Art 1 New Museum Jakarta

via: triptrus.com

Museum ini sebenarnya sudah ada sejak 1983 dengan nama Mon Decor Gallery. Sebagai pelopor dalam bisnis galeri seni di Jakarta, Mon Decor kini berkembang ke dalam beberapa cabang galeri di Jakarta. Dikutip dari laman mondecor.com, pada tahun 2011 Mon Decor semakin berevolusi sebagai museum pribadi, ruang seni, dan institut seni.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung infrastruktur seni di Indonesia, serta memamerkan koleksi-koleksi yang panjangnya dari Mon Décor Gallery. Buat kamu yang mau tahu selengkapnya, bisa kunjungi museum ini di Jalan Rajawali Selatan Raya No 3 Jakarta Pusat.

Museum Taman Prasasti

via: okezone.com

Museum yang tidak biasa ini, selain menampilkan sisi sejarah, juga memiliki unsur mistis yang tidak lepas dan begitu melekat. Museum yang terletak di Jalan Tanah Abang I No.1 ini sebelumnya bernama Kebon Jahe Kober. Pada tahun 1795, lokasi ini populer sebagai lokasi kuburan yang para jenazahnya dibawa melalui aliran sungai Kali Krukut menuju Kebon Jahe Kober.

Seperti dikutip dari laman museumindonesia.com bahwa pada tahun 1975, Kebon Jahe Kober akhirnya ditutup dan dua tahun kemudian dijadikan Museum Taman Prasasti. Meski terkesan agak angker, museum ini tetap sarat makna sejarah di kota Jakarta, lho.

Museum Seni Rupa dan Keramik

via: triptrus.com

Sebelum menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik, bangunan ini adalah Lembaga Kehakiman Belanda atau Raad Van Justitie pada tahun 1870. Seiring berjalannya waktu, sejak Jepang menjajah Nusantara, gedung ini beralih fungsi menjadi asrama militer.

Pada tahun 1967, gedung ini kembali beralih fungsi menjadi Kantor Walikota Jakarta Barat seperti yang dikutip dari laman indonesia-tourism.com. Sempat kembali beralih fungsi sampai akhirnya pada bulan Agustus 1976, gedung ini resmi menjadi Gedung Galeri Seni Rupa dan Keramik.

Ada sekitar 400 seni rupa yang terdiri dari berbagai teknik dan bahan yang berbeda, seperti patung, gambar, totem kayu, sketsa, dan lukisan batik. Untuk kamu yang menyukai seni rupa, tempat ini cocok banget dan wajib kamu kunjungi, lho.

Museum ini selalu buka pada hari Selasa sampai Minggu, pukul 09.00 sampai 15.00. Jika kamu ingin mengunjunginya, disarakan datang pada hari tersebut saja ya karena selain hari dan jam tersebut, gedung Museum Seni Rupa dan Keramik tutup untuk umum terutama pada hari libur nasional. Nah, jangan sampai salah jadwal ya!

Itu dia 5 rekomendasi museum yang sarat makna sejarah dan instagramable banget. Seperti kata Bapak Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno dalam pidato yang mengatakan JASMERAH yang artinya Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Selamat menikmati petualanganmu di museum ya, Wovger!

Sumber: Popbela