Sebagai besar orang pasti suatu saat nanti ingin menikah dan membangun sebuah keluarganya sendiri dengan orang yang mereka cintai. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang juga memiliki waktunya masing-masing yang sudah direncanakan dengan baik oleh Sang Pencipta.

Meski begitu, dalam kenyataannya masih saja banyak orang yang masih suka bertanya dengan pertanyaan “kapan nikah ?” kepada orang lain. Nah, buat Wovger yang sering jadi korban dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini, kamu bisa nih lihat 5 cara di bawah ini tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut!

1. Tanyakan balik pada si penanya

via: imdb.com

Jika yang bertanya padamu adalah seseorang yang seumuran denganmu, atau seseorang yang juga belum menikah. Maka gak ada salahnya buatmu untuk bertanya balik padanya. Karena biasanya mereka juga akan bingung bagaimana cara merespon pertanyaanmu jika memang dia juga belum memiliki rencana untuk menikah.

Namun jika yang bertanya adalah seseorang yang sudah memiliki rencana untuk menikah, atau bahkan seseorang yang sudah menikah maka kamu bisa nih mengalihkan pembicaraan mengenai tips seputar pernikahan. Karena lambat laun mereka bakal lupa dengan pertanyaan “kapan nikah” yang mereka ajukan kepadamu tadi.

2. Senyumin aja

via: imdb.com

Memang terkadang pertanyaan seperti ini sering membuat mood kita yang tadinya baik malah jadi drop. Rasanya ingin sekali pura-pura tidak dengar dan pergi ketempat yang jauh darinya. Namun kalau sudah begini, kamu hanya perlu merespon dengan memberikan senyuman saja pada si penanya tersebut. Biar dia tidak merasa diabaikan dan tersinggung kepadamu.

3. “Minta doanya saja”

via: imdb.com

Pilihan jawaban lain yang bisa kamu katakan ketika ada yang bertanya kapan nikah adalah “minta doanya saja”. Minta doakan pada si penanya agar semua urusanmu dilancarkan dan juga dimudahkan untuk segera menikah.

4. Katakan “besok”!

via: imdb.com

Jika kamu sudah lelah mendengarkan pertanyaan “kapan nikah?” dan tidak ingin terlibat dalam pembicaraan yang lebih jauh lagi dengannya, maka jawab saja “besok!”. Karena, makna kata “besok” ini luas sekali. Bisa besok, besoknya lagi, dan besok-besok seterusnya. Jadi kamu tidak perlu pusing-pusing lagi ya.

5. Berikan jawaban yang bijak dan tulus dari dalam hatimu

via: imdb.com

Jika kamu sudah lelah ditanya dengan pertanyaan yang sama secara terus-menerus, kamu bisa nih jelaskan baik-baik dan pelan-pelan dari dalam lubuk hatimu tentang pernikahan ini. Katakan saja apa yang kamu rasakan, katakan juga bahwa setiap orang pasti memiliki waktu nya masing-masing, jadi yakinkan dia bahwa segala sesuatunya sudah diatur oleh Tuhan. Dan kita sebagai manusia hanya bisa menunggu kapan waktu itu akan datang.

Sumber: IDN Times