Apa yang akan Wovger lakukan ketika menemukan barang jatuh di jalan? Membiarkannya, mengambilnya untuk melihat siapa tahu ada identitas pemiliknya, atau malah kamu bawa pulang? Terkadang bingung memang ketika menemukan kasus barang jatuh ini.

Suatu kali, seorang ibu menemukan handphone saat naik bus bandara. Karena kasihan, ibu tersebut membawa pulang handphone tersebut untuk dihubungi siapa pemiliknya.

Singkat cerita, karena ternyata nomer handphonenya sudah diblokir, maka ibu tersebut menghubungi salah satu nomer kontak yang ada dengan nomer pribadi saya. Eh, ternyata balasan dari nomer kontak tersebut adalah untuk membiarkan handphone tersebut hilang tanpa harus dicari pemiliknya. Nah, kalau begini jadi bingung kan Wovger?

Kalau menghadapi kasus seperti di atas, ada baiknya deh kamu membiarkan 10 jenis barang yang terjatuh ini untuk tetap berada pada posisi ia tergeletak:

1. Dompet, tas kecil, amplop berisi uang

via newstalkzb.co.nz

Paling sering terjadi nih, kasus dompet yang jatuh terus nggak akan pernah kembali dengan utuh (kalau di Indonesia yah). Ada baiknya ketika kamu menemukan dompet, tas kecil, ataupun amplop berisi uang tetap berada pada tempatnya.

Karena bisa jadi itu adalah trik penipuan untuk memerasmu, bisa saja itu sengaja ditaruh untuk menjebakmu sebagai orang yang hendak mengambil dompet jatuh. Jika kamu nggak tega melihat barang jatuh itu, kamu bisa melaporkan lokasi dimana kamu melihatnya ke petugas keamanan terdekat.

2. Benda jatuh mirip perhiasan

via brightside.me

Trik pemerasan menemukan barang perhiasan “KW” alias palsu ini umum terjadi di luar negeri. Modusnya, ada orang yang menemukan perhiasan tersebut terjatuh, lalu ia akan memanggilmu.

Karena penasaran kamu akan mendekatinya, nah ternyata orang yang menemukan benda jatuh itu tidak mau mengambilnya dan malah menawarkan padamu. Tapi, sebagai ongkos menemukannya, ia akan meminta sejumlah imbalan. Setelah kamu bayar dan melihat perhiasan tersebut secara teliti, ternyata itu tidak lebih dari perhiasan mainan kayak di hadiah ciki-cikian.

3. Headset atau earphones

via azumio.com

Kalau menemukan headset atau earphone terjatuh, sebaiknya kamu biarkan saja dan jangan mengambilnya. Alasannya adalah kedua benda tersebut bisa mengandung bakteri yang tertumpuk di karet headset atau earphone. Kalau kamu sembarang memakainya, bukan tidak mungkin kamu akan tertular bakteri tersebut.

4. Pisau atau benda yang bisa menjadi senjata

via pocketknivesblog.com

Nah, kalau nalarmu jalannya secepat detektif Conan, maka kamu tidak akan dengan mudah menyentuh apalagi mengambil barang yang terjatuh di jalan. Apalagi jika benda tersebut berupa pisau atau benda yang mirip senjata, bisa saja kamu dijadikan sebagai tersangka karena memegang benda tersebut.

5. Radio transceiver genggam atau alat komunikasi sejenis

via brightside.me

Pernah ada sebuah kasus dimana seseorang menemukan walkie-talkie. Ia mengambil benda terjatuh tersebut kemudian menyebutkan lokasinya.

Ternyata, niat baiknya tersebut berujung pada ia ditangkap dengan dugaan terlibat pencurian. Nah, kalau kamu menemukan benda sejenis radio genggam, lebih baik jangan diambil dan segera beritahukan petugas terdekat.

6. Benda metal mencurigakan di area militer

via brightside.me

Hati-hati jika menemukan benda terbuat dari bahan besi di daerah militer bisa jadi itu adalah granat, casing dan ranjau. Benda-benda ini memang umum ditanamkan di area-area militer atau bekas konflik pada jaman dulu. Kalau menemukannya jangan disentuh dan segera hubungi petugas keamanan.

7. Koin lama atau artefak

via youtube.com

Kenapa kedua benda tersebut tidak boleh diambil? Tentunya karena kedua benda tersebut memiliki nilai sejarah dan kalau diambil sembarangan, kamu bisa dianggap merusak benda/ cagar budaya.

8. Pin dan jarum

via brightside.me

Hal ini bukan berkaitan dengan penyebaran AIDS, tapi bisa jadi kamu akan terinfeksi bakteri hepatitis lainnya.

9. SIM cards

via brightside.me

Jangan dianggap remeh jika menemukan SIM cards terjatuh dijalanan. Bisa saja, SIM cards tersebut sengaja dibuang karena digunakan untuk tindakan kriminal. Waspadalah terhadap barang jatuh satu ini.

10. Bayi burung, ulat bulu, hingga landak mini

via brightside.me

Ya mungkin kamu merasa kasihan karena ingin memeliharanya, tapi ingat bayi-bayi hewan ini pasti memiliki induk yang berada dekat dengan lokasi jatuhnya bayi hewan tersebut. Terlebih lagi, hewan-hewan mungil ini bisa jadi membawa racun atau penyakit berbahaya yang tidak kamu tahu.

Jadi jangan asal ambil ya Wovger, akan lebih baik laporkan saja pada pihak berwenang.

Sumber: Selipan