Terkadang ketika makan, tidak sengaja makanan tersangkut di sela-sela gigi dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Mau tidak mau Wovger mencari benda yang bisa menghilangkan sisa makanan yang nyangkut di gigi. Dan pilihan paling umum adalah menggunakan tusuk gigi.

Tapi tahukah kamu bahwa tusuk gigi menyimpan potensi bahaya untuk kesehatan?

Dokter gigi spesialis periodonsia, drg Dedy Y Rismanto, mengatakan, ada salah kaprah mengenai cara pemakaian tusuk gigi. Tusuk gigi adalah alat bantu untuk membersihkan gigi dengan bantuan tangan orang lain.

via: boldsky.com

Tusuk gigi akan melukai gusi jika dipakai sendiri. Ketika mulut terluka, luka itulah yang kemudian menjadi jalan masuk kuman. Dokter Dedy lebih menyarankan menggunakan benang gigi dibanding tusuk gigi jika untuk penggunaan sendiri.

Jika ada tusuk gigi yang lebih fleksibel, tidak kaku dan tajam sehingga bisa melukai, maka tidak masalah menggunakannya tanpa bantuan orang lain.

Jadi Wovger, sebelum kamu memutuskan menggunakan tusuk gigi, lebih baik pastikan dulu bahwa tusuk gigi tersebut tidak terlalu tajam untuk melukaimu, atau lebih aman pilih benang gigi yang lebih halus sehingga tidak melukai.

Sumber: Vemale