Whoa, tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun. Wovger sudah punya rencana apa nih buat menutup tahun 2018? Karena lumayan banyak tanggal merah, hehe, kayaknya seru deh kalau memanfaatkan momen tersebut untuk liburan bareng orang-orang tersayang.

Belum ada rencana ingin liburan ke mana? Hong Kong bisa jadi referensi liburan menarik buat kamu dan orang-orang tersayang, apalagi Hong Kong membebaskan visa bagi wisatawan asal Indonesia. Selain itu, kota modern yang satu ini juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang ciamik.

Wovgo bersama Hong Kong Tourism Board dan Wego​ bakal membahas beberapa destinasi wisata di Hong Kong yang punya pemandangan kece. Dijamin deh spot-spot menarik ini bisa membuat feed Instagram kamu makin oke sepulang dari liburan nanti. Biar nggak tambah penasaran, yuk langsung kita intip satu per satu tempat-tempat keren tersebut!

1. Di balik mewahnya gedung pencakar langit Hong Kong, ada pasar Sham Shui Po dan kawasan Old Town Central yang kental nuansa seni dan sejarahnya. Kamu bisa ber-selfie ria dengan latar belakang mural yang kece!

HKwalls Okuda
Credit : Hong Kong Tourism Board

Pengin mencoba sesuatu yang antimainstream di Hong Kong? Datanglah ke wilayah Old Town Central dan Sham Shui Po. Kedua tempat ini adalah sisi lain dari Hong Kong yang modern, karena kamu akan merasakan serunya kembali ke masa lalu. Yup, tempat ini sangat kental warisan seni, budaya, dan kulinernya.

Tempat-tempat yang ada di sini, seperti museum, restoran, kafe, dan pusat perbelanjaan, masih dipertahankan bentuk bangunan lamanya sehingga membuat wisatawan bisa menyelami keindahan Hong Kong di masa lalu. Uniknya lagi, beberapa bangunan di sini dihiasi dengan street art atau mural yang bisa jadi spot oke untuk foto-foto, hehe.

2. Menikmati pemandangan Hong Kong yang spektakuler dari Ocean Terminal Deck, Harbour City.

Ocean Terminal Deck
Credit : Harbour City

Ocean Terminal Deck adalah sebuah dek observatorium yang berada di atas gedung Harbor City. Dari tempat ini, Wovger bisa menikmati pemandangan Hong Kong dan Pulau Kowloon yang menakjubkan. Terlebih kalau berkunjung di malam hari, kamu bisa menikmati gemerlap lampu kota dan keindahan gedung-gedung pencakar langit. Berkunjung di siang hari pun menyenangkan karena sedang ada instalasi hijau toska yang manis dari Tiffany & Co.

Ocean Terminal Deck juga jadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Hong Kong. Itulah mengapa, waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah saat sore hingga malam hari, karena pemandangannya begitu spektakuler dan instagramworthy, hehe. Apalagi tepat pukul delapan malam, pengunjung akan disuguhi sajian A Symphony of Lights, salah satu pertunjukan cahaya paling spektakuler di dunia.

3. AIA Great European Carnival, karnaval paling meriah di Asia.

AIA Carnival
Credit : AIA Carnival | Hong Kong Tourism Board

Karnaval paling meriah di Asia hadir di Hong Kong. Berlokasi di Central Harbourfront, kemeriahan acara ini akan berlangsung dari 14 Desember 2018 sampai 19 Februari 2019. Jadi, mau datang saat liburan Natal, Tahun Baru, atau Chinese New Year, kamu tetap bisa ikut nonton dan foto-foto di karnaval keren ini. Highlight utama acara ini adalah penampilan The Great Circus of Europe yang datang dari Inggris. Jangan sampai kelewatan!

4. Manjakan lidah dan mata dengan berwisata kuliner di Tong Chong Street Market.

Tong Chong Street Market
Credit : Tong Chong Street Market

Tong Chong Street Market adalah festival kuliner tahunan di Hong Kong dan menjadi surganya para pencinta kuliner. Festival ini menampilkan berbagai bahan-bahan segar langsung dari para petani untuk diolah menjadi makanan kekinian, tips memasak, serta tren makanan dan minuman terbaru.

Setidaknya akan ada 40 stan makanan yang menawarkan kuliner khas dari masing-masing wilayah yang ada di Hong Kong. Tong Chong Street Market sudah dibuka pada 4 November 2018 lalu dan akan berlangsung hingga 17 Februari 2019 mendatang. Tong Chong Street Market 2018 akan diawali dengan Coffee Festival. Buat pencinta kopi, kamu bisa mencicipi citarasa kopi dari 20 vendor kopi terbaik. Seru banget, ‘kan? Siapa sih yang enggak betah kalau sudah membicarakan soal makanan?

5. Rasakan serunya berkebun dan memetik buah di Tai Tong Organic Ecopark. Psst…tempatnya juga oke buat hunting foto liburan, lho!

Tai Tong Organic Ecopark
Credit : DavidNNP / Shutterstock.com

Berlibur dengan suasana alam pedesaan tentu sangat menyenangkan, terlebih kalau bisa menjajal menanam atau memetik sayuran dan buah-buahan favorit dari kebun langsung. Kamu bisa nih melipir ke Tai Tong Organic Ecopark. Destinasi wisata ini family friendly banget, jadi cocok untuk liburan rame-rame bareng keluarga atau teman se-geng.

Di sini kamu bisa belajar bagaimana menanam buah atau sayuran organik. Lumayan kan liburan sambil nambah pengetahuan? Dari bulan Desember hingga April kamu bisa ikut kegiatan petik stroberi, karena memang lagi musimnya dipanen, hehe. Wah, pas dong dengan rencana liburan akhir tahun kamu.

6. Foto-foto bareng tokoh Disney favorit di The Happiest Place on Earth aka Hong Kong Disneyland.

Hong Kong Disneyland
Credit : Hong Kong Disneyland

Rasanya kurang afdhol sih kalau belum seru-seruan bareng di taman hiburan yang mendunia ini. Hong Kong Disneyland terletak di Lantau Island dan ini enggak jauh dari bandara atau pusat kota. Untuk menuju ke sana, Wovger bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia di Hong Kong, seperti dari MTR, bus umum, atau bahkan taksi. Soal tiket, kamu bisa membelinya secara online atau di loket langsung.

Beberapa tempat menarik yang bisa dieksplor di Disneyland Hong Kong, seperti Tomorrowland (yang terkenal dengan wahana roller coaster dengan tikungan tajamnya), Adventureland (wahana bertema hutan, membuatmu berasa dalam kisah Lion King atau Tarzan), Grizzly Gulch (kamu bisa ber-selfie dengan karakter Disney yang menggunakan kostum koboi), Toy Story Land yang terinspirasi dari film Toy Story, Fantasyland yang menjadi rumah bagi para karakter Disney (mulai dari Dumbo, Snow White, Cinderella, hingga Mickey dan Minnie Mouse), dan masih banyak wahana seru lain yang akan membuatmu nostalgia mengingat masa kecil :”)

7. Petualangan seru di Dragon’s Back, salah satu jalur pendakian terbaik di Hong Kong.

Joe Chen - Hong Kong Tourism Board
Credit : Joe Chen – Hong Kong Tourism Board

Puas seru-seruan di Disneyland, saatnya mengeksplor alam Hong Kong lagi nih. Yup, kali ini Wovgo dan Wego akan mengajak kamu mendaki salah satu jalur pendakian terbaik di Hong Kong, yakni Dragon’s Back. Dari tempat ini, Wovger akan dimanjakan pemandangan menakjubkan wilayah Shek O, Tai Long Wan, Stanley, Tai Tam, dan Laut Cina Selatan.

Memang sih, untuk menaklukkan Dragon’s Back, kamu harus melewati perbukitan yang naik turun (itulah alasan tempat ini dinamakan Dragon’s Back atau punggung naga). Namun tenang, sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan pemandangan menakjubkan dari segala penjuru. Jalur naik turun ini juga dipenuhi kupu-kupu yang beterbangan dan angin sepoi-sepoi yang segar sehingga perjalananmu terasa menyenangkan.

8. Gowes seru dari Sha Tin ke Tai Mei Tuk, salah satu rute bersepeda terkenal di Hong Kong yang menawarkan pemandangan indah sepanjang jalan.

Sha Tin ke Tai Mei Tuk
Credit : Shutterstock

Seru banget pasti bersepeda ditemani semilir angin dan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Mulai dari pemandangan Sungai Shin Mun yang membentang di perkotaan Sha Tin, Hong Kong Science Park yang menjadi bukti kemajuan teknologi di Hong Kong, jalan setapak Pak Shek Kok yang menyuguhkan pemandangan gunung Ma On Shan dan panorama Pelabuhan Tolo, menyusuri pasar dan Museum Kereta Api di sungai Lam Tsuen di kota Tai Po, dan berakhir di Tai Mei Tuk yang lokasinya tak jauh dari desa tepi pantai dengan pemandangan indah.

Whoa, kalau begini sih enggak bakal terasa capeknya, ya, karena dimanjakan pemandangan keren terus :”)

Gimana, sudah bisa membayangkan serunya liburan di Hong Kong, kan? Yuk, segera booking tiket pesawat dan hotel sekarang juga. Liburan on bud​get? Tenang, kamu bisa cari tiket pesawat dan kamar hotel murah melalui Wego dan rasakan liburan akhir tahun yang luar biasa seru di Hong Kong. Butuh referensi tambahan untuk memperkaya waktu liburanmu di Hong Kong? Cek panduan wisata di Hong Kong supaya liburanmu jadi makin seru. Selamat berlibur, Wovger!