Thursday, April 30, 2020

Seneng deh jadi orang Semarang, bisa sering-sering main ke tempat-tempat wisata ini setiap hari

Semarang. Ibukota provinsi Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Saking banyaknya, Kak Zahrina, Mbak Indah, dan Bang Jho harus berkolaborasi untuk mengupas tentang Semarang.

Di artikel sebelumnya, Kak Zahrina dan Mbak Indah sudah mengulas tentang Kota Lama Semarang yang sangat eksotis atau bangunan-bangunan tua dan kuno di Semarang. Kemudian Bang Jho juga sudah menulis tentang objek wisata di Semarang. Namun tampaknya itu semua dirasa masih kurang cukup. Biar semakin lengkap, Kak Zahrina tambahin lagi daftar objek wisatanya.

1. Curug Lawe

Siapa bilang Semarang sebagai kota industri lantas nggak punya curug? Ada, dong! Semarang gitu lho. Curug pertama yang harus Wovger ketahui adalah curug Lawe. Lokasi curug Lawe berada di bagian utara anak Gunung Ungaran, di desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Dari tempat parkir menuju curug, Wovger mau nggak mau harus berjalan kaki selama 30 menit. Ada dua pilihan rute: rute lama dan baru. Disarankan memilih rute baru karena lebih aman. Retribusinya nggak mahal kok, sekitar Rp4.000 ditambah parkir Rp2.000. Di curug ini, Wovger bisa bermain air jernih sepuasnya sambil menikmati segarnya suasana alam.

2. Waduk Jatibarang

Dalam bahasa Indonesia, waduk artinya bendungan. Jadi waduk Jatibarang maksudnya adalah bendungan Jatibarang. Waduk ini tergolong sebagai waduk baru, karena umurnya baru mencapai 2 tahun. Di waduk ini, ada sebuah gua yang namanya Gua Kreo. Bang Jho kayaknya udah pernah bahas tentang gua Kreo deh.

Selain menikmati keindahan waduk, Wovger juga bisa mengamati aktivitas para kera yang bermain di tepian waduk. Sekali-kali, cobalah kera-nya disamperin. Kapan lagi jenguk saudara?

Oh ya, waktu yang paling pas untuk datang ke sana yaitu saat sore hari. Retribusinya juga nggak mahal dan sangat terjangkau kok. Lebih murah dibanding biaya Wovger setiap kali kencan pokoknya.

3. Bukit Gombel

Bukit Gombel bisa jadi pilihan yang tepat buat Wovger yang ingin mengungkapkan rasa cinta ke pasangan. Bukit ini memang terkenal akan keromantisannya. Tapi kalau Wovger jomblo, jangan berani-berani datang ke sana, karena pasti cuma akan gigit jari lihat yang lain jalan sama gandengan masing-masing. Sementara kamu, cuma bisa gandeng tangan sendiri: tangan kanan, gandeng tangan kiri. Sedih banget sumpah.

Selain terkenal akan keromantisannya, bukit ini juga sangat terkenal akan keangkerannya. Beberapa orang pernah menjadi korban keisengan para makhluk halus. Tapi nggak papa. Tetep bagus kok untuk dinikmati meski ada horor-horornya dikit. Kalau bisa, besok pas Wovger ke sana, jangan nunggu digangguin. Tapi cobalah untuk gangguin makhluk halusnya duluan, biar dia merasa kecolongan, kalah gara-gara keduluan.

Di bukit Gombel, nggak ada retribusi. Tapi Wovger harus memesan cemilan, supaya kebagian tempat duduk. Ada pisang bakar, roti bakar, jagung manis, kopi, teh, dan lain-lain. Cuma hamburger aja yang nggak ada di sini. Adanya di pusat kota soalnya.

4. Pantai Tirang

Pantai Tirang letaknya bertetangga dengan pantai Marina, kurang lebih sekitar 5 meter. Nggak jauh-jauh lah ya dari bandara Ahmad Yani. Wilayahnya berada di desa Tambakrejo, kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Medan jalan menuju pantai ini melalui jalan yang sempit dan kecil. Sebaiknya, gunakan kendaraan roda dua agar lebih praktis. Jangan roda tiga. Mau ngapain ke pantai tirang pakai motor Tossa? Mau bawa sayuran?

Kalau dilihat dari segi kejernihan air, pantai ini jelas lebih bersih dari pantai Marina. Hanya saja pengelolaannya belum maksimal oleh pemerintah.

5. Museum Ranggawarsita

Ranggawarsita sejatinya adalah nama seorang pujangga yang hidup pada tahun 1802-873 di Surakarta. Dinamakan Ranggawarsita, mungkin karena museum ini menyimpan bermacam-macam koleksi budaya.

Museum ini terletak di Jl. Abdul Rahman Saleh No.1 Kalibanteng Kulon Semarang. Wovger bisa berkunjung ke museum setiap hari pada jam 08.00-16.00 WIB dan cukup membayar Rp4.000 saja. Murah banget kan? Biaya kencan Wovger, duit Rp.4000 paling cuma baru dapat air putih doang.

6. Brown Canyon

Bukan Grand Canyon atau Green Canyon tapi Brown Canyon. Itulah salah satu keunikan Semarang. Kita sering banget bilang “kenyan-kenyen” tapi kadang nggak tahu artinya. Canyon itu apa itu sih? Canyon adalah istilah bahasa inggris untuk ngarai, tebing, atau jurang yang dalaammmmm banget. Sedalam perasaanmu padanya, meski tak terbalas. DOR!

Sebenarnya Brown Canyon adalah lokasi penambangan pasir dan batu. Hingga saat ini, tambang ini masih aktif. Oleh karena itu, sebaiknya Wovger berkunjung ke sini saat jam kerja atau hari libur. Karena kalau ke sininya pas jam kerja, pasti dimarahin bos, gara-gara bolos kerja.

Wednesday, April 29, 2020

Kumpulan Komik Superhero Indonesia Yang Jauh Lebih Keren Dari Sinetron Binatang

Kalo ngomongin Superhero, anak-anak jaman sekarang mah udah gak kenal lagi sama yang namanya Gundala Putra Petir, Si Buta Dari Goa Hantu, Wiro Sableng, atau superhero-superhero lokal yang pernah merajai. Sekarang mah kalo komik superhero bacanya ya Manga Jepang, kalo film yah film-film buatan Marvel macam Avanger dll, pokoknya produksi Amerika lah.

Tapi jangan salah, selain Bima Ksatria Garuda yang tiap pagi nongol di RCTI. Indonesia ternyata punya karakter superhero yang terkini juga lho. Apalagi komik.

Komik Indonesia memang tidak setenar komik-komik Jepang. Tapi ternyata masih ada lho anak-anak bangsa yang pengen membangkitkan lagi dunia perkomikan Indonesia dengan terus berkarya. Yah sayangnya sih media tidak terlalu mengexpose, makanya kesannya jadi kaya gak keliatan. Apalagi TV sama Film udah didominasi sinetron dan film drama. Yah tau sendiri lah. Binatang …. (_ _ !)

Nah kali ini Bang Jho bakalan membahas tentang Komik Superhero buatan anak bangsa. Ini adalah wujud support kita buat para creatornya. Siapa tau dengan baca ulasan ini kalian jadi mulai tertarik buat mengkonsumsi komik lokal dan bertobat baca “Bajakan” Manga Jepang.

1. VOLT

Nah VOLT ini pertama kali muncul Maret 2012 dalam acara Toys Fairs. Karakter ini adalah hasil ciptaan 2 orang komikus Marcellino Lefrandt dan Aswin Siregar. VOLT sendiri menceritakan tentang seorang anak bernama Ruben yang secara tidak sengaja membangkitkan kembali kekuatan putih yang bermanifestasi menjadi sosok jagoan sesuai dengan imajinasi Ruben.

VOLT sendiri mempunyai kekuatan pengendalian Listrik gitu. Memanfaatkan listrik sebagai senjata gitu lah. Tapi dia bukan pegawai PLN yah.

Ohiya Komik ini sampe sekarang udah sampe seri ke #6 dan bakal dibuat live actionnya. Komik ini produksi skylarcomics.

Buat yang penasaran coba dech diburu komiknya, dan besok kalo filmnya keluar tonton dech. Katanya mau support karya lokal.

2. Hebring

Superhero yang satu ini cukup lucu. Gak punya kekuatan muluk-muluk tapi tetep keren sebagai seorang superhero. Latar belakang cerita Hebring adalah Heru, yang berasal dari Tasikmalaya. Pada suatu hari, ia menemukan baju super di luar desanya. Dengan baju tersebut, Hebring pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya. Di ibukota, Hebring bekerja sebagai tukang ojek.

Si Hebring ini mempunyai 2 orang sekutu. Saat di Jakarta dia bertemu dengan Mimin seorang ahli komputer dengan otak jenius. Kemudian, Hebring dan Mimin pun bertemu dengan Nada, seorang mahasiswi asal Jawa Tengah yang ternyata, Nada juga memiliki baju super pemberian mendiang ibunya. Ketiganya pun menjadi rekanan dalam menumpas kejahatan di ibukota.

Komik ini hasil produksi Main Studios. Coba dech cari-cari komiknya, sapa tau masih beredar.

3. Nusantaranger

Nah kalo yang satu ini ibarat Power Ranger tapi bermuatan Lokal. Nusantaranger ini mengadopsi konsep Super Sentai. Yaitu serial pahlawan super dari Jepang yang diadaptasi Amerika menjadi Power Rangers. Gak usah sok ngritik “Eh niru-niru”. Konsepnya ajah sama kaya Power Ranger, cerita dan karakternya beda. Udah gak usah ngritik, mending nyupport atau bikin karya sendiri.

Nusantaranger ini menceritakan tentang Lima pemuda dari Sumatra, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua yang tergabung dalam Nusantaranger berjuang melindungi bumi dari kejahatan.

Nusantaranger memasukkan budaya lokal ke dalam cerita. Antara lain terkait hal pemilihan binatang endemik di setiap pulau sebagai simbol ruh yang memberikan kekuatan bagi setiap pahlawan super.

Ksatria Nusa Merah dari Jawa memiliki kekuatan dari elang jawa. Nusa Kuning dengan kekuatan harimau sumatra. Nusa Hitam dari Sulawesi punya kekuatan anoa, Nusa Hijau dari Kalimantan memiliki kekuatan ruh orangutan. Serta Nusa Biru dari Papua punya kekuatan hiu gergaji.

Komik yang ini bener-bener direkomendasiin buat dibaca. Walaupun ada sedikit adaptasi kaya Power Ranger, tapi ceritanya gak norak dan keren abis dech.

4. Jawara Indonesia

Nah komik ini merupakan project kedua dari Skylar Comic setelah VOLTS. Dalam jawara indonesia ini akan diceritakan karakter-karakter yang terlibat dalam komik Volt. Kabarnya komik jawara indonesia ini dicetak dengan tampilan menyerupai komik-komik manga jepang, dalam segi cerita masih digarap oleh Marcelino Lefrandt dan di gambar oleh penciler handal JON. Pokoknya kalo udah ada komiknya langsung beli dech, jangan cuma buat pacaran gak jelas. Mendingan uangnya buat nyupport karya orang. *Jomblo Cinta Tanah Air.

5. Bima Satria Garuda

Nah setelah udah lebih dulu ditayangkan di TV, BIMA ini akhirnya dibuat komiknya juga. Kabarnya komik BIMA ini bakalan menyempurnakan apa yang ada di TV. Jadi ceritanya lebih detail gitu. Tokoh BIMA Satria Garuda dituangkan dalam bentuk komik oleh Ockto Baringbing yang merupakan pemenang “Silver Prize Manga Award” tahun 2012 dan Hendry Zero.

6. H2O

Komik H2O merupakan ide Pandji Pragiwaksono, seorang presenter/komika/rapper yang lumayan terkenal. FYI, Bang Jho ngefans banget lho sama dia. Pandji ingin menumbuhkan optimisme melalui komik superhero lokal. Untuk mewujudkan impiannya, Pandji mengajak Shani Budi Pandita, mendirikan perusahaan penerbit komik digital bernama Kolam Komik.

Nah H2O inilah hasilnya. Sudah ada 2 seri. H2O dan H2O : Reborn.

H20 menceritakan seorang mahasiswa IT di kota Bandung bernama Rama yang sejak kecil senang kisah Ramayana. Kisah itu diceritakan ayahnya. Sang ayah adalah desainer produk di proyek pemerintah yang mngerjakan museum wayang dengan teknologi tinggi. Salah satunya dengan mewujudkan robot-robot tokoh pewayangan termasuk robot Rahwana dan para raksasa sebagai medium pengenalan kepada anak-anak secara menarik.

Cerita menjadi menegangkan saat Rizal Alengkadiredja, pengusaha kelas kakap Indonesia pemenang tender, menarik pendanaan dan menyabotase proyek ini.

Disini kalian bakalan melihat Hanoman dalam wujud robot. Asik lah pokoknya.

***

Nah gimana? Masih mau bilang Indonesia gak bisa buat apa-apa? Lha ini buktinya masih banyak creator komik yang tetap berdedikasi menghadirkan sosok superhero lokal bagi anak-anak Indonesia.

Nah sekarang tinggal bagaimana mengelola industri ini biar Superhero-superhero lokal ini bakalan exsis. Mulai dari distribusi komiknya. Dan adaptasinya ke film, atau kalo perlu bikin serial animasinya.

Pokoknya Bang Jho masih optimis kok sama Indonesia yang bakalan terus melahirkan pekarya-pekarya muda yang keren dan mau terus berkarya.

Pokoknya ini edisi nasionalis. Azeeeek.

Kalo ada yang tau Komik Superhero lain yang versi modern, bisa nambahi di kolom komentar yah.

Tuesday, April 28, 2020

Pesan Terselubung Untuk Pekerja Freelance, Ada 5 Cara Agar Dirimu Jadi Lebih Termotivasi

Di Indonesia, makna dari ‘bekerja’ yang paling kuat adalah waktu yang pasti, 8 sampai 9 jam, tenaga ekstra untuk pergi ke kantor, berkutat dengan kursi, meja dan leptop, dan menggunakan seragam.

Cara bekerja seperti inilah yang tertanam di pemikiran kebanyakan orang. Namun, makna itu semakin bergeser kala orang melihat sosok pedagang, pebisnis yang notabene bekerja dengan waktu yang fleksibel namun tidak berseragam. Kemudian pekerja media yang berseragam namun tetap stand by 24 jam. Nyatanya, ada lagi istilah freelance atau pekerja paruh waktu dan sering kali pekerjaannya dapat dikerjakan di mana aja dan kapanpun, beberapa malah bekerja di rumah loh. Apa contohnya?
Penulis freelance (dikerjain di rumah), beberapa supir ojek online juga bisa disebut freelance, freelance marketing, seorang buruh, banyak loh. Ibaratnya itu tenaga lepas, mereka yang freelance adalah orang-orang yang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan dengan jangka panjang tertentu. Ini menurut Wikipedia, tapi menurut Mbak Indah pekerja freelance sama dengan susahnya memperoleh pengakuan oleh masyarakat.

Kenapa? Balik lagi ke paragraph satu, kamu sebagai pekerja freelance biasanya akan diberondong tuntutan pekerjaan yang pasti, yang bergaji pasti, memiliki kantor dan berseragam. Pokoknya yang pasti-pasti. Apalagi kalau freelancemu ini di rumah, iya, di rumah, kayak Mbak Indah sekarang nih kerja di rumah. Cuma modal wifi dan laptop. Padahal enak loh kerjanya, duduk sambil curhat buat kalian, dan dibayar, tanpa perlu menghabiskan tenaga buat macet-macetan ke kantor. Tapi tetep aja Mbak Indah suruh kerja jadi pegawai Bank. Yaelah…

Oke, cukup curhat panjangnya dan kamu nggak perlu khawatir, soalnya Mbak Indah udah siapin cara untuk memotivasi dirimu bagi pekerja freelance biar kebal sama nyinyiran orang dan hidupmu lebih bahagia bersama pekerjaanmu yang sekarang.

1. Pertama, jangan memikirkan kenyataan-kenyataan yang tidak realistis.
Mbak Indah di sini, ingin memposisikan sebagai penulis freelance, jadi Mbak Indah bisa kasih saran untuk jangan terlalu berharap sama hal-hal yang nggak kamu dapetin di pekerjaanmu sekarang atau pekerjaan orang lain.

Happy people focus on what they have, unhappy people focus on what is missing

Yup, fokus sama apa yang kamu punya, pencapaianmu saat ini dan tentunya selangkah demi selangkah. Kamu bisa mulai dengan menetapkan tujuan harian sederhana, seperti menulis lima ratus atau seribu kata secara teratur. Hal ini bisa bikin kamu lebih bersyukur daripada fokus sama hal-hal yang nggak ada. Realistis aja dan lakukan pekerjaan freelancemu sebaik mungkin.

2. Anggap, kalau freelance di rumah itu adalah kantormu atau wilayah kerjamu.
ruang kerja di rumah

Tepis anggapan kalau bekerja itu harus dilakukan di kantor. Kamu yang sekarang bekerja di rumah coba mikir, betapa enaknya, udah dapet duit bisa dilakukan di rumah lagi. Hemat banget hidupmu.

Selain itu kamu nggak perlu bingung untuk mengatur waktu. Sesekali bosan? Kamu bisa atur jadwal dengan balance sesuka hatimu dengan cara berikut :

Atur cara berkomunikasimu, karena kamu kerja di rumah pastikan segala akses komunikasi itu tercapai misalnya koneksi internet, untuk update informasi.
Menstimulasi waktu kerja, sebelum kamu mulai bekerja pastikan segala urusan terselesaikan. Entah itu beres-beres rumah, mandi, sarapan atau persiapan apapun. Ya, anggap saja kamu mau pergi bekerja ke kantor beneran.
Pilah ruanganmu, karena kamu nggak ada kantor, bisa kok memberikan ruang sendiri untuk kerjamu. Misalnya menata ulang kamar dengan membagi ruang kantor mini untukmu sendiri.
Buatlah pengalihan, kondisi rumah pasti gitu-gitu aja, apalagi kamu nggak punya temen buat ngobrol. Ya, kamu harus pinter-pinter mengalihkan perhatian. Entah nonton film sebagai hiburan atau sekadar jalan-jalan.

3. Jangan lupa mengapresiasi diri sendiri.
Pekerjaan yang kamu lakukan bukanlah hal yang remeh meski tergolong bukan pekerjaan pasti. Dengan mengapresiasi dirimu dalam bekerja, kamu bisa merasakan penghargaan yang kamu ciptakan sendiri. Jangan tunggu orang lain melakukannya, mulailah berdamai pada dirimu sendiri. Jangan mengeluh tentang kekurangan pekerjaan karena mengeluh nggak membuatmu menjadi manusia yang produktif.

4. Kamu punya segudang waktu untuk berkumpul dengan teman sejahwat.
Teman sejahwat dalam konteks ini adalah sesama freelancer. Nggak ada salahnya menambah relasi dengan kumpulan orang-orang yang kerjanya juga freelance.Itu bisa bikin kamu nambah wawasan dan ide-ide positif dengan mendengar cerita mereka.

Einstein pernah mengatakan, “Cobalah untuk tidak menjadi orang yang sukses, melainkan mencoba untuk menjadi orang yang bernilai.”

5. Jangan pikirkan apa kata orang.
Mungkin sekarang masih freelance, tapi kamu nggak tau kan seperti apa masa depan? Pekerjaan apa lagi yang akan kamu dapat nantinya. Ketahuilah, mungkin dari freelance dulu baru meloncat ke prestasi yang lebih jauh. Terlalu memikirkan anggapan orang bisa killing your self dan merusak kepercayaan diri.

Jangan menjadi orang yang dibentuk berdasarkan ‘omongan’ orang lain, bentuklah karaktermu sesuai apa yang kamu yakini.

Guys, ketahuilah. Masih banyak orang-orang di sana yang bener-bener nganggur!! Jadi sebagai pekerja freelance patutnya bersyukur!!

Monday, April 27, 2020

Agar kamar mungilmu menyenangkan, tips berikut wajib kamu lakukan

Selain mengerjakan tugas bareng teman di kampus atau perpus, kita biasa ngajak teman buat belajar bareng di rumah. Dan kamar adalah spot favorit. Kamu bisa menyulap suasana kamarmu agar terkesan lebih eye cathing guna belajar bareng atau kumpul-kumpul sama temen.

Nggak usah ragu kalau kamu terbelit dengan ruangan yang mungil. Masih bisa dipermak abis kok. Ukuran kamar yang kecil bukanlah penghalang bagi kreativitasmu. Mumpung timingnya pas nih, Wovgo bersama IKEA akan nunjukin tips yang wajib kamu lakukan untuk mengubah kamar mungilmu jadi lebih menyenangkan.

#1. Agar ada suasana baru, tata lagi furniture kamar kamu.

Membersihkan dan menata ulang kamar memang cukup melelahkan. Kamu harus meluangkan waktu dan tenaga untuk dorong-dorong berbagai furniture dalam kamar. Tapi itu akan sepadan dengan suasana kamarmu agar tampak lebih fresh. So, jangan malas ya buat menata ulang furniture kamarmu terutama barang-barang yang udah usang.

Kamu nggak cuma sekadar mengubah posisi lemari atau meja belajar, kamu boleh menambah setuhan sofa kecil atau karpet bulu halus untuk menyambut kedatangan teman-temanmu.

#2. Saat membeli furniture untuk kamar mungilmu, pikirkan benda yang multifungsi, match dan mudah dipindahkan.

Pastikan kamu memilih benda yang multifungsi, match dan gampang untuk dipindah atau ditata ulang, saat menata ulang dan mengganti berbagai elemen lama di kamarmu dengan berbagai ornamen baru baru. Biar apa sih? Supaya kamarmu nggak sumpek, karena furniture barumu bersifat serba guna namun tetap enak dipandang mata. Dan tentu aja nggak terlalu berat alias bisa mudah dipindahkan.

Contohnya seperti kasur lipat yang bisa jadi sofa saat siang dan jadi kasur saat kamu ingin tidur. Atau lemari yang bisa dilipat untuk jadi meja belajar juga. Bagaimana?

#3. Jangan segan untuk bermain warna dan juga menambahkan aksesoris pada kamar, guna memberi sentuhan seni.

Buat kamu yang ingin merombak kamar mungilmu tapi masih bingung cari warna seperti apa? Jangan sungkan untuk tabrak warna loh. Selain memilih warna yang kamu suka, pastikan kalau warna itu nggak membosankan dan menghasilkan kamar yang monoton. Soalnya, kamar akan dipandang setiap hari, jadi kamu harus pilih warna sesuai dengan karakter kamu.

Untuk aksesoris yang simpel tapi memberi kesan seni yang nggak ketinggalan jaman, kamu bisa cek katalog VINTER Collection dari IKEA; di situ kamu akan menemukan berbagai macam aksesoris tambahan menarik yang bertema liburan dan tahun baru, seperti lampu dekorasi dalam ruang, kap lampu elegan hingga lingkaran bunga tiruan yang bisa digantung di depan pintumu, atau tempat kartu yang terbuat dari kaca. Wah, tentu kamar mungilmu akan terkesan lebih ceria.

#4. Jangan malas-malasan belajar atau ngerjain tugas kantor, kalau mejanya udah kamu tata rapi dan beri sentuhan personal.

Meja belajar atau kerja yang berantakan tentu membuat kamu malas berpikir. So, solusinya adalah dengan mengubah suasana meja kerja jadi lebih berenergi dan bersemangat. Kamu bisa menambahkan mading, kap lampu belajar hingga beberapa pernak pernik seperti yang ada dikatalog VINTER Collection IKEA.

Selain nggak ketinggalan jaman, aksesoris meja kerja atau belajar yang diberi sentuhan personal tentu dapat meningkatkan produktivitasmu. Tapi ingat, kalau mejanya sudah rapi jangan malas untuk belajar atau bekerja ya…

#5. Agar kamar tertata dengan baik, simpan barang printilan dengan rapi.

Momen kebersamaan dengan teman, keluarga atau kerabat akan lebih sempurna jika kamarmu tertata dengan baik. Segala tetek bengek yang berserakan tentunya nggak bikin kesan menarik untuk kamarmu.

Pastikan segala printilan atau barang yang tak terlalu diperlukan, disimpan rapi dalam lemari atau organizer. Dengan begitu, suasana kamar jadi tampak luas dan furniture menarik di dalam ruang kamar pun makin menonjol.

Gimana gaes? Seru bukan menata ulang kamar mungilmu? Pastikan kamu memilih produk dari VINTER Collection IKEA untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih menyenangkan, seperti tips di atas.

Lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi IKEA.co.id untuk melihat berbagai pilihan dari VINTER Collection ataupun furniture menarik lainnya.

Sunday, April 26, 2020

7 Fakta Unik Tentang Nomor Absen

Masih mengenang nggak sih guys, saat namamu di absen berdasarkan abjad waktu jaman-jaman sekolah? Selalu saja dimulai dari huruf A sampai yang paling akhir huruf Z. Fenomena mengabsen ini selalu aja terjadi hampir tiap hari, sampe bosen nunggu.

Kegunaan nomor absen sih simple, dia berfungsi sebagai acuan dan mendata siswa-siswa untuk mendeteksi kehadiran mereka. Namun, absen juga bisa sebagai pedoman yang bikin siswa-siswa jantungan. Kok bisa?

Nah, kali ini Mbak Indah akan memaparkan hal-hal unik apa aja sih soal nomor absen di kelas.

Yok!

1. Nomer absen pertengahan identik dengan nama ‘’Muhammad’, nomor absen teratas identik sama nama ‘Ahmad’.
foto: aspiandi.blogspot.com
foto: aspiandi.blogspot.com
Dulu jaman sekolah, nama dengan awalan ‘Muhammad’ bisa dibilang membeludak, karena mayoritas orang Indonesia memeluk agama Islam. Jadi wajar kalau di setiap sekolah hampir pasti selalu ada siswa yang namanya berawalan Muhammad. Kecuali sekolah-sekolah khusus untuk agama non-Islam dan beberapa sekolah yang mayoritas siswanya cewek semua. Ya kali, cewek punya nama depan Muhammad.

So, jangan heran tiap kelas selalu ada 3 atau 6 yang bernama Muhammad. Dan nyatanya, nama itu selalu berada di posisi tengah, dimulai sekitar nomer 13-an. Hal ini berlaku, dengan nama Ahmad yang menduduki posisi teratas dengan alasan yang sama.

Ya, gitu deh. Kalau absen teratas disuruh maju bareng, isinya pasti cowok semua.

2. Kasian yang namanya diawali huruf ‘A’ dan berada di urutan teratas. Selalu menjadi korban ‘titipan’ tanda tangan seluruh penduduk kelas.

Nama yang di awali dengan huruf ‘A’, seperti Aan, Achmad, Aziz, Agung, Abin, Ana, Ani, selalu berada di atas. Aan yang berada paling atas tuh kasihan banget. Sering jadi korban guru atau wali kelas untuk ngabsen anak sekelas.

Kadang, guru juga nggak mau ribet. Akhirnya, si Aan inilah yang disuruh tandatangan. Biar cepet dan efisien. Puk… puk… ya, An.

3. Anak-anak yang nomer absennya 1 biasanya pinter dan rajin. Biasanya loh. Emang, antara ‘biasanya’ dan ‘kejebak gara-gara nama’ itu beda tipis.

Percaya atau enggak, kalau ini emang beneran terjadi?

Mungkin karena sering banget si absen 1 ini dipanggil guru, akhirnya dia mau nggak mau harus lebih pinter dan cekatan daripada anak-anak yang lain. Dia harus sering-sering melatih reflek dan responnya, kalau sewaktu-waktu guru memanggil.

Bagi si absen 1, jadi korban itu udah jadi kebiasaan banget. Makanan sehari-hari. Mungkin dia akan membatin:

“KENAPA SELALU AKU, YA TUHAN?! KENAPAAAAA?!!!”

4. Kadang-kadang, nomer absen selalu jadi hal yang mengerikan bagi siswa.

“Anak-anak sekarang tanggal berapa ya?” tanya Pak guru.

“26 Pak,” para siswa menjawab serentak.

“Oke, nomer absen 26 maju ke depan!”

JEEEEENGGG!!!

Siapa yang pernah diginiin?

Kalau ada guru killer yang nggak hafal sama murid-muridnya, buku absen bisa jadi malapetaka. Dia biasanya nggak segan-segan buat buka tuh buku, dan mulai milih secara acak siapa yang akan maju ke depan.

Mbak Indah yakin banget deh, di antara kamu yang baca artikel ini pasti pernah ngerasain spot jantung kalau udah dalam kondisi kayak gini. Rasanya pingin minta ke Tuhan agar saat momen-momen begini, nama dihapus sementara dari buku absen.

5. Nomer absen terdekat dengan kamu adalah orang yang akan kamu ingat seumur hidupmu.

Ini juga percaya nggak percaya sih. Tapi Mbak Indah udah ngerasaih hal ini. Dulu jaman SMA, Mbak Indah bernomor absen 18, dan orang bernomor absen 19 nggak pernah terlupakan sampai sekarang: namanya Habibah. Beneran deh, namanya nggak pernah bisa Mbak Indah lupakan hingga sekarang. Mungkin sama seperti kamu yang susah buat ngelupain mantan yang baik banget, tapi dulu malah kamu kecewain.

Coba deh, sekarang kamu inget-inget lagi, siapa sih teman terdekat absenmu dulu?

6. Kejadian apes sering menghampiri, saat tugas kelompok dan pembagian kelompoknya menurut absen.

Ini fakta yang sering dirasain hampir semua kalangan murid di seluruh penjuru negeri. Pembagian kelompok menurut absen bisa jadi yang paling apes bagi sebagian murid, tapi juga bisa jadi paling beruntung bagi sebagian yang lainnya.

Soalnya kenapa?

Murid-murid jadi nggak bisa milih secara bebas berdasarkan kemampuan yang diinginkan. Pembagian kelompok menurut absen ini tujuannya biar nyebar dan nggak diskriminasi antara anak yang nggak terlalu pinter sama anak yang pinternya kebangetan. Karena kalau dikasih kebebasan sendiri, pasti semua pingin milih se-kelompok sama yang pinter.

Sebagian anak malah merasa apes, karena tiap pembagian kelompok dapetya anak-anak males semua. Pas kerja kelompok malah jadi ribet. Ada yang ngerumpi, ada yang mainan sendiri, dan ada yang nggak ikut kerja kelompok sama sekali. Eh, kalau yang terakhir itu biasanya malah banyak. Hadeeh…

7. Beruntung banget kalau kamu absen terakhir.

Yup, menurut Mbak Indah sih, absen terakhir itu merupakan absen yang paling cucok. Pertama, dia bisa selow banget kalau ada apa-apa, misalnya pas dipanggil guru berdasarkan urutan absen gitu.

Kalau guru ngasih tugas maju ke depan berdasar urut absen, biasanya dia paling ketinggalan dapet jatah tugasnya, karena guru udah keburu bosen nunggu dan akhirnya tugas pun ditunda besok.

Kedua, kalau ulangan gitu duduknya paling belakang, suka-suka dia lah pokoknya. Mau ngumpulin terakhir atau mau contek-contekan nggak bakal kelihatan.

Ketiga, dia ini biasanya merupakan anak yang easy going. Sering kali jadi pusat perhatian kalau maju terakhir. Ibaratnya gitu penutup sebuah acara.

Saturday, April 25, 2020

6 Cara mendapat kost idaman dengan harga murah

Saat memutuskan untuk menjadi anak rantau, tentu banyak hal harus dipikirkan. Mulai dari mengatasi rasa kangen dengan keluarga, menyiapkan uang saku untuk kebutuhan dan yang terpenting adalah mencari tempat tinggal sementara yang aman dan nyaman seperti kost-kostan.

Semua demi apa sih?

Tentu demi mendukung terealisasinya keinginanmu, entah itu kamu merantau demi mencari pekerjaan atau menjalankan study. Nah, berikut ada beberapa hal yang patutnya kamu perhatikan saat mencari tempat kost :

#1. Jangan mencari tempat kost dadakan, cobalah untuk mencari kost jauh-jauh hari.

Niat merantau bukan berarti segalanya mendadak loh ya. Harus dipikir matang-matang, termasuk menyeleksi tempat kost. Cari tempat kost itu susah-susah gampang, nggak semua tempat kost itu nyaman dan cocok dengan apa yang kamu mau. Jadi nggak boleh terburu-buru, carilah jauh-jauh hari. Misalnya 2 sampai 3 bulan sebelum kamu pindah. Dengan waktu yang lumayan lama kamu bisa menjelajah ke berbagai tempat kostan. Pilih yang pas dihati, biar kamu nggak menyesal nantinya.

#2. Kalau terpaksa mepet gimana dong? Kamu bisa pilih kosan bulanan.

Karena aktivitas sebelum pindah padat banget plus nggak punya kenalan di luar kota, terpaksa cari kosan H-1 atau pas hari H. Wah gimana dong?.

Jika terpaksa demikian, maka langkah yang bisa kamu ambil adalah cari kostan bulanan atau per 3 bulan. Jangan nekat ambil yang tahunan. Tujuannya apa? Supaya tidak terlalu merugikanmu jika ternyata kostan yang kamu pilih nggak pas di hati, tidak sesuai dengan ekspektasimu nanti. Kamu juga bisa pindah sewaktu-waktu.


#3. Jika ingin menghemat pengeluaran, memilih kost “kosongan” bisa jadi pilihan.

Kamu yang menginginkan kost dengan harga miring, lebih baik mencari kost yang “kosongan.” Maksudnya kostan yang tidak menyediakan fasilitas tertentu di dalam kamar. Misalnya saja seperti lemari, kasur, atau tv misalnya. Jadi kamu harus bawa sendiri.

Dengan kost yang kosongan seperti itu, dijamin harganya akan lebih miring jika dibandingkan dengan kost yang menyediakan banyak “fasilitas” di dalam kamarnya.

#4. Jika membawa kendaraan bermotor, carilah lokasi kostan yang sedikit jauh.

Ceritanya, biar kamu nggak kerepotan dalam hal trasportasi, sama orang rumah disuruh bawa motor. It’s oke, gaes itu malah lebih baik. Kamu bisa cari kostan yang sedikit jauh dari tempat kamu kuliah atau kerja. Misalnya di pinggiran kota.

Mencari tempat kost yang lumayan jauh nggak bikin fasilitas berkurang kok, kamu bisa dapatkan fasilitas yang sama, nyaman dan aman bahkan harganya jauh lebih murah dibanding yang dekat dengan tempat kerja atau kuliah. Jangan lupa juga untuk mencari kostan yang ada garasinya, agar kamu nggak kerepotan cari tempat parkir.

#5. Agar lebih hemat lagi, kamu bisa ngekost berdua dengan teman.
ngekos-berdua

Jika sewa satu kamar kost dirasa lebih mahal dan terlalu luas untuk ditempati sendiri, ngekostlah berdua. Dengan tinggal berdua, uang sewa jadi terasa lebih murah. Selain itu kamu jadi punya teman ngobrol dikala sendiri. Biaya hidup juga bisa ditanggung berdua, misalnya kamu bisa patungan untuk beli galon air atau masak nasi bersama.

#6. Agar semakin mudah kamu mencari kosan idaman dan harganya bersahabat dengan kantong, wajib banget jika kamu menggunakan aplikasi Mamikos.

Mencari kost yang sesuai harapan memang gampang-gampang susah. Terkadang ada kost yang terlihat pas dan nyaman, tapi harganya mahal. Atau harganya murah, tapi tampak nggak sesuai yang diharapkan.

Nah, agar kamu semakin mudah dalam mencari kost yang kamu harapkan, lebih baik gunakan saja layanan dari aplikasi pencari kos Mamikos, layanan penyedia informasi kost di website dan aplikasi. Dengan menggunakan Mamikos, kamu tidak akan lagi kesulitan untuk mencari kost yang sesuai kamu inginkan. Terlebih lagi layanan Mamikos menyediakan lebih dari 50.000 data kostan di Indonesia yang tersedia di beberapa kota besar, antara lain Jakarta, Depok, Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya.

Jadi, buat kamu yang hendak mencari kost dengan mudah dan nggak ribet, gunakan layanan website atau aplikasi Mamikos yang bisa kamu download melalui Google Playstore.

Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang hendak mencari kost murah dengan mudah. Semoga bermanfaat 🙂

Friday, April 24, 2020

7 destinasi wisata di Makau untuk liburan bulan madu bersama pasangan

Bulan madu adalah momen wajib bagi siapa aja yang telah merayakan pernikahan. Biasanya, tempat yang dipilih untuk berbulan madu identik dengan hal-hal yang menarik, romantis dan erat kaitannya dengan tempat wisata.

Heiii! Bicara soal tempat wisata, kali ini Wovgo nggak akan kasih kamu referensi beragam pantai untuk bulan madu. Wovgo bersama Wego sudah mengumpulkan beragam referensi tempat wisata menarik untuk berbulan madu! Ke mana? Ke Makau!

Di Makau, kamu bersama kekasih halalmu bisa mengunjungi tempat-tempat menarik seperti bangunan romantis, pertunjukan air mancur, hingga pusat perbelanjaan untuk wisata bulan madumu.

Ini dia, 7 destinasi wisata di Makau ini bisa kalian kunjungi!

#1. The Ruins of St Paul

The Ruins of St. Paul merupakan Gereja Mater Dei yang sangat terkenal, bangunan ini dijadikan landmark dan simbol Kota Makau. Ketika berkunjung ke The Ruins of St. Paul, wisatawan akan disuguhi dengan beragam cerita sejarah tentang gereja tua ini. Pada arsitektur bangunannya, ukiran dan ornamen yang bercerita soal kisah gereja Katolik di Asia begitu detail dan megah. Bangunan ini semakin memesona dengan 66 anak tangga menuju pintu utama.

Saat pergi ke Makau untuk berbulan madu, rasanya tidak mungkin melewatkan obyek wisata yang satu ini untuk difoto dan dinikmati kemegahan bangunannya. Guna memperoleh hasil potret yang memuaskan, disarankan untuk datang ke The Ruins of St. Paul pada pagi hari supaya nggak perlu antre bersama pengunjung yang lain.

Lokasi : Rua de Sao Paulo, Makau, Tiongkok.

#2. Macao Tower

Spot yang satu ini tentu nggak bisa kamu tolak kehadirannya, apalagi dibarengi dengan momen wisata bulan madumu. Wah, nyesel abis deh kalau nggak mampir ke sini, soalnya Macao Tower terkenal banget dan dijadikan destinasi utama yang dikunjungi para wisatawan yang liburan di Makau.

Ketika kamu naik ke Macao Tower, kamu akan diperlihatkan segala keindahan kota Makau dari ketinggian 338 meter, dan dari sini, kamu bisa memacu adrenalin dengan berjalan di atas luar gedung Macao Tower di mana lantainya terbuat dari kaca transparan. Kalau masih kurang menantang, kamu dan pasangan diperbolehkan untuk bungee jumping.

Macao Tower mulai buka dari jam 10 pagi– 9 malam untuk hari biasa, sementara weekend dan hari besar akan melayani pengunjung dari jam 9 pagi – 9 malam.

Lokasi : Largo da Torre de Macao Level 58 Observation Lounge, Makau.

#3. Senado Square

Keseruan masih berlanjut, injakkan kakimu di Senado Square. Senado Square juga merupakan landmark Makau. Kamu akan melihat secara langsung gedung-gedung klasik bergaya Spanyol yang mengelilingi alun-alun dengan desain bergaya Portugis. Perbanyak foto wisata bulan madumu di sini ya, soalnya banyak obyek menarik untuk didokumentasikan seperti lampu nan temaram serta gedung-gedung kunonya.

Di bagian tengah Senado Square terdapat air mancur yang mendukung suasana keromantisan. Di sana kamu juga akan menemukan Gereja St. Dominic yang bangunannya nggak kalah EPIC. Tempat ini memang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO, dengan luas 3.700 meter persegi dan dianggap sebagai bagian dari pusat sejarah Makau yang nggak bisa diremehkan begitu saja.

Lokasi : Central District of Macao Peninsula, Makau, Tiongkok.

#4. Flora Garden

Flora Garden, tempat ini memiliki desain bangunan bergaya Eropa dan letaknya ada di dasar Bukit Guia. Sesampainya di tempat ini kamu bisa melihat gerbang batu di mana dulunya merupakan sebuah pos jaga istana. Kamu dan pasangan bisa menikmati suasana romantis di sini, pemandangan teduh barisan pohon-pohon palem dan hamparan taman bunga yang cantik akan menuntun menuju sebuah kebun binatang kecil. Siapkan kamera dan perbanyak foto bulan madumu karena ada banyak obyek menarik di Flora Garden ini, kamu akan melewati air terjun kecil, sejumlah kebun bunga, dan menara di puncak Bukit Guia.

Rute termudah untuk mencapai puncak Bukit Guia adalah via cable car yang stasiunnya bisa ditemui di gerbang masuk taman. Pemandangan cantik ini bisa terlihat dari atas cable car yang berjalan menuju puncak bukit. Harga tiket cable car untuk orang dewasa sebesar MOP $3 atau sekitar Rp5.000,- untuk satu arah, sementara untuk yang pulang-pergi dikenakan MOP $5 atau sekitar Rp8.000,-. Tapi jika kamu tidak berniat naik cable car, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke taman.

Tempat ini beroperasi dari jam 8 pagi – 6 sore dari hari Selasa sampai Minggu, yang artinya setiap Senin tempat ini tutup. Namun, pada hari besar, Flora Garden akan tetap buka.

Lokasi : Avenida do Sidonio Pais, Makau, Tiongkok.

#5. Benteng Guia

Jalan-jalan GRATIS yuk ke Benteng Guia, kamu bisa eksplor tempat ini sepuas mungkin dari jam 9 pagi – 6 sore. Di dalam benteng ini, pengunjung dapat melihat sebuah chapel yang memiliki lukisan dinding dengan ornamen yang terinspirasi mitologi dari kekayaan multikultural Makau.

Ada lagi yang namanya Guia Lighthouse yang ada sejak tahun 1865 dan menjadi mercusuar modern pertama di pantai Tiongkok. Sayangnya untuk bagian mercusuar, pengunjung tidak diperbolehkan untuk masuk, bahkan untuk di chapel-nya, para pengunjung juga dilarang memotret maupun merekam.

Lokasi : Guia Hill, Macao Peninsula, Makau, Tiongkok.

#6. Danau Wynn

Setelah puas dengan bangunan-bangunan yang bersejarah, nggak ada salahnya untuk mampir ke The Performance Lake (Danau Pertunjukan) yang berada di area terbuka tepat di depan Wynn Macao.

The Performance Lake mempertontonkan atraksi-atraksi menarik seperti, air mancur yang tinggi dan kilau api yang menari di udara diiringi musik klasik dan populer, serasa pertunjukan Broadway di Asia. Buat bulan madumu lebih berkelas dengan menikmati pertunjukan di sini ya.

Jadwal pertunjukan mulai hari Minggu hingga Jumat, jam 11 siang hingga 9 malam. Untuk hari Sabtu dan malam menjelang hari libur, jam 11 siang hingga jam 11.45 malam.

Lokasi : Wynn, Rua Cidade de Sintra, NAPE, Makau.

#7. Grand Prix Museum

Untuk menutup perjalanan liburan bulan madu bersama kekasih halalmu, yuk kunjungi Grand Prix Museum. Museum ini beda dari yang lain, karena memamerkan beragam motor dan mobil balap. Museum Grand Prix ini, buka dari hari Rabu hingga Senin dari jam 10 pagi hingga 8 malam. Khusus hari Selasa, museum ini tutup. Tempat ini cocok buat foto-foto dan untuk masuk ke Grand Prix Museum, nggak usah khawatir soal tiket, karena gratis.

Lokasi : No.431 Rua Luis Gonzaga Gomes, Makau, Tiongkok.

Thursday, April 23, 2020

5 cara jitu #BeraniPDKT ke si dia yang sedang kamu suka

Kamu lagi naksir cewek ? Kok diem aja?

Tunggu apa lagi, ini saat yang tepat untuk kamu beraksi. Iya, #BeraniPDKT !

Tapi jangan asal PDKT ya, dalam hal pendekatan ada teknik-teknik yang harus kamu pelajari. Kalau kurang ilmu bisa-bisa bikin misi #pdkt-mu gagal total. Ujung-ujungnya cewek yang kamu taksir jadi ilfil duluan.

Nah, sebelum kamu melancarkan misi pendekatan, ada baiknya kamu pahami dulu gimana cara #BeraniPDKT yang baik nan elegan buat PDKT ke cewek. Ingin tau caranya gimana? Berikut secuil tips dari Cornetto Love Ribbon. Simak, yuk !

#1. Sering bantu ngerjain tugas/PR

Cieee…yang lagi naksir sama teman sekelas. Masih takut-takut ya buat PDKT. Kalau takut terus dia nggak bakalan tau perasaanmu, gaes. Jadi, cara pertama buat PDKT yang bisa kamu lakukan tapi tetap elegan adalah sering bantu ngerjain tugas / PR-nya.

Cewek mana sih yang nggak senang kalau tugasnya cepat kelar? Apalagi kalau tugas yang nggak ia suka, misalnya matematika atau fisika. Nah, ini kesempatanmu buat PDKT. Tawarkan diri untuk membantunya mengerjakan tugas bersama. Dengan begitu kalian punya kesempatan berdua untuk saling mengenal. Asik kan?

#2. Antar dan jemput dia ke sekolah dengan memberikan alasan “Kita searah kok, bareng yuk!”

PDKT itu juga perlu usaha biar bisa dapetin si dia. Selain sering ngerjain tugas bersama, usahain kamu sering nongol di aktivitas yang lain, misalnya berangkat dan pulang bareng sekolah. Biar nggak terkesan ngebet banget minta bareng, kamu bisa kasih alasan yang logis, “Rumah kita searah kok, bareng yuk” atau kamu pakai alasan mau ke mana gitu yang searah dengan dia (jika rumah kamu nggak searah – tapi jangan sering-sering, ntar kelihatan ga’ jelas).

Nah, dengan trik itu kamu nggak terkesan ngebet dan si dia juga nggak bakalan canggung. Kan emang arah pulang perginya searah. Kamu pun bisa quality time bareng dia selama perjalanan pulang pergi. Dijamin dia juga bakalan kebiasa sama kehadiranmu.

#3. Aktiflah di kegiatan sekolah atau organisasi. Terutama yang ada si dianya.

Misi PDKT-mu kurang mengena loh kalau cuma modal antar jemput dan ngerjain PR aja. Coba deh tantang diri kamu untuk ikutan juga aktif di kegiatan sekolah. Entah OSIS, ekstrakulikuler olahraga atau karya ilmiah. Terutama yang ada si dianya.
Jadi nanti kalau pas kumpul-kumpul, kamu bisa pura-pura tanya ke dia “Eh, kamu ikutan ekskul ini juga, wah kayaknya kita jodoh deh.” Dengan kamu satu ekskul, akan banyak waktu untuk bisa ketemu si dia. Gunakan rayuan-rayuan bercanda yang bikin dia tersipu malu tanpa mikir kamu emang sengaja ikutan karena dia.

#4. Sering-sering main ke rumahnya, dengan alasan “Ingin pinjam buku pelajaran.”

Pendekatanmu makin komplit kalau fase ‘main ke rumah-nya’ sudah terlaksana. Awalnya kenalan, terus sering ketemu di sekolah maupun bareng pas pulang sekolah. Lanjutkan sampai beneran main ke rumahnya.
Selow but sure, cari alasan seperti “Ingin pinjam buku pelajaran.” Hubungan kamu tentu makin intim dan di tahap ini si dia juga pada akhirnya merasa kalau lagi dideketin. Eits, tenang aja…wajar kok. Kalau si dia masih terbuka buat minjemin kamu buku, peluangmu buat dapetin dia kan makin terbuka lebar. Kamu jadi sering bolak balik main ke rumahnya hehehe.

#5. Sering-seringlah memberi kejutan. Tak perlu mahal asal bisa bikin dia senang.

Meskipun belum sampai jadian, ngasih kejutan waktu PDKT nggak jadi masalah kok. Jangan pikirin soal harga, yang penting bisa bikin dia senang dan bisa jadi pencair suasana antara kamu dan dia. Beri dia Cornetto Love Ribbon dalam momen-momen tertentu, waktu Valentine tanggal 14 Februari nanti misalnya. Cewek bakalan seneng sama Cornetto Love Ribbon, varian Disc Choc yang dikemas dengan pita khusus untuk orang tersayang.

Momen #BeraniPDKT-mu makin terasa so sweet dengan kehadiran Cornetto Love Ribbon yang bisa diorder via Gojek pada fitur GoMart, hanya di hari Valentine, jadi kamu nggak usah capek-capek keluar buat beli.